Harga Thinner A B Spesial Kaleng Kecil Dan Botol


Harga Thinner A B Spesial – Thinner adalah sebuah zat cair yang biasa digunakan untuk mengencerkan cat kayu dan besi, politur serta berbagai bahan finishing yang lainnya. Bahan-bahan finishing yang kami maksud disini adalah bahan padat yang memiliki sifat kental sehingga sangat sulit sekali untuk diaduk ataupun diratakan tanpa diencerkan terlebih dahulu.

Secara umum, thinner memiliki ciri-ciri berwarna putih seperti air, baunya sedikit menyengat dan bisa memberikan dampak yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin menggunakan thinner kami sarankan untuk selalu memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan kerja.

thinner

Jika misalnya para pekerja sudah biasa menghirup (pasif ataupun aktif) bahan kimia seperti thinner bisa menyebabkan kerusakan pada sistem pernafasan. Jadi usahakan jika pekerjaan Anda berhubungan dengan pemakaian thinner maka Anda harus selalu menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) dalam bentuk masker. Hal ini bertujuan untuk dapat menimalisir uap dari cairan thinner yang terhirup langsung oleh tubuh.

Perbedaan Thinner A dan Thinner B

Perbedaan Thinner A dan Thinner B

Sebelum menjelaskan fungsi, kami akan membahas terlebih dahulu mengenai perbedaan antara thinner A dan thinner B. Meskipun kedua cairan tersebut tergolong sebagai thinner, tetapi keduanya memiliki perbedaan dalam fungsi dan kegunaannya. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa tujuan dari cairan yang satu ini adalah menurunkan tingkat kekentalan sehingga mudah sekali untuk diaplikasikan.

Ada dua macam thinner yang mempunyai perbedaan mendasar pada kecepatan keringnya. Jenis cairan thinner yang pertama adalah thinner A, thinner ini jauh lebih cepat kering jika dibandingkan dengan jenis thinner B. Nah, jika Anda ingin mencari thinner yang tepat sebagai bahan campuran untuk cat besi dan cat kayu yang memiliki kandungan alkyd, kami sarankan untuk memilih thinner B.

Apabila Anda menggunakan thinner A, maka dapat menurunkan tingkat kilapnya dan bisa mengakibatkan penggumpalan. Maka dari itu, thinner B merupakan pilihan yang paling cocok untuk cat besi dan cat kayu Anda. Namun jika sekarang ini mencari cat kayu dan cat besi beserta thinner-nya, EMCO LUX cat besi dan cat kayu serta EMCO Thinner B adalah solusi yang paling pas untuk Anda.

Anda bisa mencampurkan EMCO thinner B ke sebuah wadah cat yang sudah disiapkan dengan perbandingan 1/3 dari jumlah total cat.  Aduk hingga merata dan jangan sampai masih terasa menggumpal. Namun jika dirasa masih kurang encer maka Anda bisa menambahkan thinner sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Harga Kusen Dan Pintu Kayu

Lalu Apa Fungsi Cairan Thinner?

Fungsi thinner

Fungsi utama thinner adalah untuk dapat menurunkan viskositas atau kekentalan dari bahan-bahan yang ingin digunakan dengan menggunakan alat penyemprot ataupun kuas. Alat penyemprot cat ataupun kuas cat merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengaplikasikan bahan finishing dan hanya bisa bekerja dalam batas viskositas tertentu.

Maka dari itu, sebuah bahan finishing harus diencerkan terlebih dahulu dengan menggunakan thinner supaya viskositasnya menurun, sehingga nantinya berbagai bahan tersebut dapat diaplikasikan dengan sangat mudah.

Selain dapat menurunkan viskositas, cairan thinner juga memiliki fungsi untuk mengatur sifat-sifat dari bahan finishing sehingga bahan tersebut dapat digunakan sesuai kebutuhan. Jika Anda menggunakan thinner maka suatu bahan finishing bisa diatur kecepatan waktu pengeringannya dan ketebalan lapisan finishing dapat ditentukan dengan ukuran yang tertentu sesuai kebutuhan.

Thinner pada umumnya dimanfaatkan sebagai campuran cat, sebagai cairan untuk membersihkan besi berkarat, sebagai bahan pelarut, sebagai bahan pengkilap dan juga sebagai penguap cat supaya menjadi lebih cepat kering.

Rekomendasi Merk Thinner Berkualitas

  1. Thinner Cobra

Thinner Cobra

Jenis thinner Cobra ini bisa Anda gunakan untuk mengencerkan berbagai jenis cat.  Thinner ini mempunyai kualitas uper. Memliki kapasitas 5 liter sehingga cocok sekali untuk digunakan sebagai pengencer cat tembok yang pada umumnya membutuhkan banyak cat. Formulanya sangat efektif sehingga mudah sekali tercampur secara merata dengan bahan cat dan tidak akan membuatnya  menggumpal. Dengan menggunakan thinner ini maka warna cat tembok Anda akan semakin indah.

  1. Nippe Super Thinner

Nippe Super Thinner

Produk thinner yang satu ini diproduksi oleh Nippon Paint. Nippe Super Thinner bisa memberikan hasil yang jauh lebih cepat dalam proses pengeringan dengan daya kilap sempurna. Diformulasikan secara khusus sebagai pengencer cat dasar, cat primer, cat surface dan undercoat yang memiliki kualitas terbaik.

  1. Dulux Thinner

Dulux Thinner

Dulux thinner sangat cocok sekali untuk mengencerkan beberapa produk cat Dulux seperti Weathershield Gloss, Dulux V Gloss yang pada umumnya untuk produk yang ditempatkan khusus di eksterior atau luar ruangan. Memberikan hasil pengecatan yang lebih cepat kering dan merata serta memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap segala macam cuaca.

  1. Impala Thinner

Impala Thinner

Impala thinner merupakan jenis Thinner NC (Nitro cellulose) atau Duco yang pada umumnya digunakan khusus untuk material dengan jenis NC seperti cat duco untuk lapisan kendaraan. Mempunyai ukuran 5 liter yang dapat digunakan untuk 2 hingga 3 kali pengecetan. Dengan kulitas premiumnya maka produk yang satu ini akan membuat hasil pengecetan menjadi lebih cepat kering dengan struktur yang rata dan indah.

  1. Thinner A Bintang

Thinner A Bintang

Thinner A Bintang adalah sebuah merk yang biasa digunakan sebagai pengencer cat syntetic dan cat premier untuk material kayu dan besi. Mempunyai formula khusus yang membuat cat menjadi lebih cepat kering dan mempunyai kilap yang sangat bagus. Kami sarankan untuk menggunakan thinner ini untuk pengaplikasian cat yang memakai semprotan. Jauhkan dari sumber api dan jangan sampai lupa gunakan sirkulator udara untuk selalu menjaga kesehatan Anda. Semua produk di atas bisa didapatkan di depo bangunan terdekat di kota Anda.

Cara Memilih Thinner Cat yang Bagus

  • Perhatikan Jenis Thinner

Diatas sudah kami singgung bahwa ada banyak jenis thinner yang beredar di pasaran. Jika Anda ingin mendapatkan hasil pengeringan yang lebih cepat maka kami sarankan untuk memilih thinner A. Jenis thinner A memang lebih cepat proses pengeringannya jika dibandingkan dengan thinner B.

  • Perbandingan Thinner dan Cat

Untuk mendapatkan hasil yang sesuai keinginan seperti lebih glossy ataupun cepat kering maka Anda harus mengetahui perbandingan yang tepat. Anda harus sesuaikan tingkat kekentalan cat dengan jumlah cairan thinner yang ingin dituangkan.  Untuk cat interior, rasio yang digunakan umumnya satu banding satu. Sementara untuk eksterior ruangan, supaya tahan terhadap cuaca umumnya thinner lebih sedikit agar cat nantinya bisa kental.

  • Perhatikan Kemasan dan Ukuran

Kemasang dan ukuran thinner yang ada di pasaran sangat bervariasi. Ada yang memiliki bentuk kaleng, botol kaca, sampai dengan botol plastik. Thinner dalam kemasan kaleng yang memiliki ukuran besar dapat digunakan sampai beberapa kali dan mudah disimpan. Jika Anda ingin menggunakan cairan thinner hanya untuk satu kali pemakaian, maka usahakan untuk memilih thinner yang memiliki ukuran kecil dalam kemasang botol plastik atau kaca.

Baca Juga: Harga Cat Kayu Dan Cat Besi

Harga Thinner Cat Terlengkap

Impala 1 liter Rp. 49.000
Impala 0.8l super high gloss Rp. 29.000
Impala Galon 5 liter super gloss quality Rp. 107.000
Mr Color T104 400ml Rp. 238.000
Tamiya 81030 X-20A Acrylic Thinner 46ml Rp. 131.000
Cobra 1 Liter Rp. 49.000
Cobra 5 Liter Rp. 120.000
Terano 1 Liter Rp. 25.000
Nippon 9000 0.5 Liter Rp. 103.000
Mr Color T106 Levelling Thinner 110 ml Rp. 90.000
Mr Color T102 110ml Rp. 72.000
Mr Color T101 50 ml Rp. 66.000
Mr Color T103 240 ml Rp. 163.000
Mr Color T104 400 ml Rp. 134.000
Mr Color T117 400ml Rp. 149.500
ND ukuran botol Rp. 38.000
ND ukuran botol kecil Rp. 5.000
Jotun Gardex 0.9lt Rp. 325.000
Jotun no.17 5 Liter Rp. 97.000
Acrysion 250ml Rp. 135.000
Nippe super gallon 7 liter Rp. 142.000
Kapinis netto 0,6 liter Rp. 23.000
Propan thinner pu polyurethane 3.8 liter galon Rp. 157.000
Daler rowney low odour thinner 75 ml Rp. 76.000

Leave a Comment