Konsep Desain Industrial Minimalis


Konsep Desain Industrial Minimalis – Konsep desain industrial adalah karakter bangunan yang sangat indentik dengan bahan dasar metal dan dinding bata dengan lantai dasar yang dibuat dari kayu, beton, ataupun semen. Ruangan ini mampu memberikan kesan unfinished sehingga biasa digunakan untuk cafe-cafe. Namun sekarang ini  banyak juga yang menerapkannya untuk dekorasi rumah (residensial).



Konsep desain ini diciptakan secara khusus untuk merubah fungsi suatu bangunan seperti pabrik atau lumbung tua menjadi tempat tinggal yang nyaman untuk dihuni. Untuk mendesain bangunan lama seperti ini tentu dibutuhkan keahlian teknik dan mekanik yang memadai. Dekorasi ini juga mengusung konsep ruang terbuka. Peralatan dan akeseorisnya dapat disesuaikan dengan ruang, tujuan, dan fungsinya.

Baca juga: Contoh Ide Desain Interior Coworking Space

Kelebihan dan Kekurangan Desain Industrial 

Ada sejumlah kelebihan industrial yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Terjangkau, karena pemilihan material dan furnitur tidak perlu mewah. Bahkan, Anda bisa meminimalisir budget dengan penggunaan furnitur bekas atau daur ulang.
  • Bebas bereksplorasi dan bisa menyesuaikan tampilan menggunakan furnitur dan dekorasi yang benar-benar unik.
  • Kontras antara modern dan klasik bisa bersanding secara harmonis.
  • Ramah lingkungan, karena pendekatan yang menggunakan bahan daur ulang, minim cat, dan tidak selalu membutuhkan sistem perapian yang boros bahan dan tenaga.
  • Leluasa dan nyaman.

Sementara itu, kekurangan bangunan dengan desain industrial adalah pemilihan material, furnitur, dan lainnya yang memerlukan perjuangan ekstra. Sebab, gaya industrial tidak hanya menampilkan keunikan, tetapi harus memiliki konsistensi agar tidak menjadikannya terlihat murahan. Pencarian bahan dan dekorasi juga mungkin lebih sulit, tetapi tentunya hasilnya juga akan sangat memuaskan saat ditekuni hingga tuntas.

Baca juga: Membuat Sendiri Rak Buku Dari Bahan Besi

Ciri-Ciri Desain Interior Industrial Beserta Konsepnya

Selanjutnya kami akan jelaskan mengenai ciri-ciri desain interior bergaya industrial lengkap beserta konsepnya.

  1. Dominasi Warna Gelap yang Dikombinasikan dengan Warna Netral Lainnya



Konsep desain industrial umumnya menggunakan warna gelap, warna abu dan warna netral yang lainnya. Namun warna yang sering digunakan adalah cokelat kayu, merah bata, dan hitam. Hal ini sebenarnya tidaklah mutlak karena Anda bisa menggunakan warna terang seperti mustard, navy, ataupun rose gold yang bisa menjadi ciri khas tersendiri.

  1. Menggunakan Dinding Bata

Dinding bata merupakan karakteristik khusus yang dimiliki oleh rumah bergaya industrial. Tampilan batu bata biasanya akan dibiarkan terlihat supaya terekspos jelas, meskipun ada juga batu batu yang di cat dengan warna abu-abu atau putih yang dimana bentuk bata masih nampak jelas.



Leave a Reply

Your email address will not be published.