×

Jenis Jenis Kategori Beton Dan Kegunaannya

Jenis Jenis Kategori Beton Dan Kegunaannya – Beton merupakan salah satu material bangunan yang dibuat dari campuran agregat dengan bahan pengikat. Material ini banyak digunakan karena memiliki kekuatan yang sangat kokoh, bagian permukaannya rata dan teksturnya halus.

Kekuatan beton bahkan sebanding dengan konstruksi besi dan saja, namun biaya pembuatannya lebih murah beton. Gedung-gedung, jembatan ataupun jalan banyak yang menggunakan bahan beton agar menghasilkan konstruksi yang berkualitas.



Baca juga: Mengenal Rabat Beton Dan Kegunaannya

Jenis-Jenis Beton dan Kegunaannya

Material beton terbagi dalam beberapa jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis beton beserta fungsinya:

  1. Beton Mortar

Bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan beton mortar adalah mortar, pasir, dan air. Beberapa jenis mortar yang biasa digunakan adalah semen, kapur, dan lumpur.  Beton mortar yang dipasangi dengan ayaman tulangan baja atau yang biasa disebut sebagai ferro cemmen mempunyai kekuatan tarik dan dakfilitas yang baik.

Baca juga: Analisa Dan Fungsi Beton Tumbuk

  1. Beton Ringan

Sesuai dengan namanya, beton ringan merupakan beton dari bahan agregat yang memiliki bobot ringan. Beberapa orang tertentu seringkali menambhkan zat aditif yang dapat membentuk gelembung-gelembung udara pada beton. Jika jumlah gelembung udara pada beton semakin banyak maka pori-porinya akan semakin bertambah sehingga ukurannya juga membesar.



Leave a Comment