Jenis Jenis Kategori Beton Dan Kegunaannya


Jenis Jenis Kategori Beton Dan Kegunaannya – Beton merupakan salah satu material bangunan yang dibuat dari campuran agregat dengan bahan pengikat. Material ini banyak digunakan karena memiliki kekuatan yang sangat kokoh, bagian permukaannya rata dan teksturnya halus.



Kekuatan beton bahkan sebanding dengan konstruksi besi dan saja, namun biaya pembuatannya lebih murah beton. Gedung-gedung, jembatan ataupun jalan banyak yang menggunakan bahan beton agar menghasilkan konstruksi yang berkualitas.

Baca juga: Mengenal Rabat Beton Dan Kegunaannya

Jenis-Jenis Beton dan Kegunaannya

Material beton terbagi dalam beberapa jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis beton beserta fungsinya:

  1. Beton Mortar

Bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan beton mortar adalah mortar, pasir, dan air. Beberapa jenis mortar yang biasa digunakan adalah semen, kapur, dan lumpur.  Beton mortar yang dipasangi dengan ayaman tulangan baja atau yang biasa disebut sebagai ferro cemmen mempunyai kekuatan tarik dan dakfilitas yang baik.

Baca juga: Analisa Dan Fungsi Beton Tumbuk

  1. Beton Ringan

Sesuai dengan namanya, beton ringan merupakan beton dari bahan agregat yang memiliki bobot ringan. Beberapa orang tertentu seringkali menambhkan zat aditif yang dapat membentuk gelembung-gelembung udara pada beton. Jika jumlah gelembung udara pada beton semakin banyak maka pori-porinya akan semakin bertambah sehingga ukurannya juga membesar.

Hasilnya, beton tersebut memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan beton lain dengan ukuran yang sama persis. Beton ringan seringkali diaplikasikan pada tembok non-struktur.



  1. Beton Non-Pasir

Bahan yang digunakan dalam pembuatan beton non-pasir adalah semen, kerikil, dan air.  Inilah yang membuat terbentuknya rongga udara yang ada pada celah-celah kerikil sehingga memiliki total berat jenis yang lebih rendah.

Beton non-pasir banyak diaplikasikan pada struktur ringan, kolom dan tembok serhana, bata beton dan juga buis beton.

Baca juga: Cara Menghitung Cor Dak Beton

  1. Beton Hampa

Disebut dengan hampa karena dalam proses pembuatannya dilakukan dengan penyedotan air pengencer adukan beton dengan menggunakan sebuah alat vacuum khusus. Inilah yang membuat beton hanya memiliki kandungan air dan bereaksi dengan semen sehingga kekuatannya sangat tinggi. Maka tak heran jika jenis beton ini banyak digunakan pada bangunan-bangunan pencakar langit.

  1. Beton Bertulang



Beton bertulang dibuat dari kombinasi adukan beton dengan tulangan baja. Perlu diketahui bahwa beton memiliki sifat yang sangat kuat terhadap gaya tekan, namun lemah dengan gaya tarik. Maka dari itu, biasanya ditanamkan tulangan baja di dalamnya supaya kekuatan beton terhadap gaya tarik semakin meningkat.



Leave a Reply

Your email address will not be published.