Harga Kayu MDF Lembaran, Jenis Dan Kegunaannya


Harga Kayu MDF Lembaran, Jenis Dan Kegunaannya – Jika membahas tentang kayu pastinya ada banyak sekali jenis kayu yang ada di Indonesia. Penggunaanya pun bisa dibilang sangat beragam.  Sejak dulu sampai sekarang ini kayu sudah banyak dijadikan sebagai bahan dasar yang ideal dalam pembuatan furniture rumah, salah satunya adalah bahan MDF.



Bahan MDF biasanya dimanfaatkan untuk pembuatan mebel rumah atau perkantoran. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membeli bahan MDF, berikut ini kami akan memberikan pembahasan mengenai MDF lengkap beserta daftar harganya.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Plywood, MDF, HPL Dan Triplek

Pengertian Bahan MDF

Medium Density Fiberboard atau yang biasa disebut dengan MDF merupakan salah satu jenis kayu olahan yang dibuat dari serpihan kayu yang di-press dan kemudian dipadatkan. Kayu ini memiliki bobot yang terbilang sangat ringan sehingga bisa dipindah-pindahkan dengan mudah. Biasanya dipasaran dijual dalam bentuk lembaran dengan harga yang cukup bervariasi.

Sedangkan untuk ukuran standar Internasional kayu MDF yaitu 1220 mm x 2440 mm. Namun meski demikian, ukuran bahannya juga sangat beragam sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Ukuran tebal MDF juga bervariasi mulai dari 3 sampai dengan 12 mm. Bahkan ukuran tebalnya ada yang mencapai 20 mm.

Baca juga: Harga Dan Ukuran HDF Board Per Lembar

Jenis-jenis MDF

Dipasaran ada banyak sekali jenis-jenis MDF yang dibedakan berdasarkan bentuk dan kategorinya. Berikut ini adalah sedikit pembahasan mengenai jenis-jenis MDF :

Jenis-Jenis MDF Berdasarkan Bentuknya



  1. Plain MDF: MDF berbentuk lembaran polos.
  2. Laminated MDF: MDF yang diberi HPL maupun veneer an biasa digunakan untuk panel daun pintu dan meja.
  3. Melamine MDF: MDF polos yang salah satu sisinya telah di-finishing.
  4. Moulding MDF: MDF yang berbentuk profil dan memiliki lekuk seperti kayu
  5. Texture MDF: MDF bertekstur.
  6. Router MDF: MDF yang memiliki lubang-lubang.
  7. MDF Accoustic Board Panel: MDF yang didesain dengan kombinasi material pendukung lainnya untuk meningkatkan ungsi akustik.
  8. Printing MDF: MDF yang memiliki cetakan pada salah satu sisinya.
  9. Carved MDF: MDF berukir

Baca juga: Ukuran Triplek Dan Harga Triplek Terbaru

Baca juga: Harga Kitchen Set Per Meter Lari Dan Persegi

Jenis-Jenis MDF Berdasarkan Karakternya

  1. Exterior Grade

Bagi Anda yang sedang mencari Plywood yang bisa digunakan untuk eksterior rumah, maka MDF jenis ini bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat. Produk ini sudah diberikan lapisan khusus yang membuatnya memiliki tampilan elegan dan memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap cuaca, sehingga sangat cocok jika diaplikasikan di luar ruangan.

  1. Fire Retardant

Jenis kayu MDF ini memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap api sehingga bisa ditempatkan pada ruangan pada tempat yang bersinggungan secara langsung dengan api seperti dapur, ruangan genset, dan ruangan lain yang sejenis.

  1. Flexible MDF

Flexible MDF merupakan jenis MDF yang paling lentur jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya. MDF ini juga sangat fleksibel sehingga cocok digunakan untuk Anda yang ingin memiliki tampilan hunian yang unik dan tidak kaku.



  1. High Density Fiberboard

Jenis MDF yang satu ini juga biasa disebut dengan HDF. Produk ini memiliki ukuran ketebalan yang sangat tebal dan kuat. Bahkan untuk masalah kualitas juga paling bagus jika dibandingkan dengan jenis MDF yang lainnya.

  1. Moisture Resistant

Jenis MDF ini akan lebih cocok jika digunakan pada area yang lembab seperti toilet, kamar mandi, dan ruangan lainnya yang dekat dengan sumber air. Meskipun produk MDF ini tahan lembab, bukan berarti memiliki ketahanan yang baik terhadap air. Maka dari itu, sebaiknya ditempatkan pada ruangan yang lembab dan tidak tersentuh air.

  1. Standard MDF

Jenis MDF ini merupakan jenis yang paling banyak ditemui. Harganya di pasaran juga lebih murah jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Namun karena harganya paling murah maka tak heran jika produk ini tak memiliki keistimewaan sebagaimana produk yang lainnya.

  1. Ultra Light

MDF jenis ini memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Bahka 30% lebih ringan dibandingkan bobot MDF pada umumnya. Selain itu, produk ini juga ramah lingkungan karena tingkat resin yang digunakan jauh lebih sedikit.

Baca juga: Harga Triplek Melamin Pelapis Kayu

Kegunaan Kayu MDF



Leave a Reply

Your email address will not be published.