Kelebihan Dan Kekurangan Plafon PVC


Kelebihan Dan Kekurangan Plafon PVC – Bagi Anda yang memiliki rencana untuk membangun rumah, pastinya ada banyak hal yang harus untuk diperhatikan. Mulai dari material yang ingin digunakan, desain atau model rumah, warna cat, sampai dengan pemilihan material untuk lantai dan plafon.



Pemilihan plafon secara tepat bisa membuat tampilan rumah minimalis menjadi terlihat mewah. Ada banyak sekali jenis plafon yang dapat dipilih untuk hunian rumah. Namun salah satu jenis palfon yang paling populer untuk digunakan sekarang ini adalah plafon yang dibuat dari PVC atau Polivynil Chloride.

Nah, jika Anda tertarik untuk memasang plafon dari bahan PVC, maka penting sekali untuk mengetahui produk ini secara lebih detail. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan plafon dari bahan PVC. Namun sebelum itu mari simak terlebih dahulu pembahasan mengenai pengertian dan jenis-jenis plafon PVC di bawah ini.

Baca juga: Harga Plafon Gypsum Dan GRC Board

Mengenal Plafon PVC

Polyvinyl Chloride atau yang biasa disingkat dengan PVC merupakan sejenis polimer yang sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat pipa air. Bahan PVC ini sendiri adalah bahan yang memiliki sifat sangat lentur dan ringan. Selain itu, bahan PVC juga bisa awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Karena memiliki sifat yang seperti demikian maka tak heran jika bahan PVC akhirnya juga dimanfaatkan sebagai bahan dalam pembuatan plafon rumah. Pastinya dalam proses pembuatannya berbeda dengan pembuatan pipa PVC. Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali toko bangunan yang menyediakan plafon PVC dengan harga yang bervariasi.



Disamping itu, plafon PVC terkenal karena memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan plafon dari bahan dasar gypsum ataupun triplek. Bahkan penggunaannya tidak hanya untuk di hunian saja, namun juga banyak digunakan di hotel, restoran, apartemen, dan juga gedung-gedung mewah.

Jenis-Jenis Plafon PVC

Plafon PVC memiliki banyak sekali jenis motif yang bisa diaplikasikan di atap rumah. Adapunjenis-jenis plafon PVC adalah sebagai berikut:

  1. Plafon PVC Motif Kayu

Plafon PVC motif kayu ini terbagi dalam beberapa model, yaitu flat doff rose wood, flat dove walnut rose, dan flat gloss brown wood grain. Beberapa model plafon PVC tersebut sangat indah sehingga bisa semakin menambah nilai estetika rumah atau bangunan Anda.



  1. Plafon PVC Motif Garis

Untuk motif ini, ada beberapa model yang bisa dijadikan sebagai inspirasi yaitu hologram woof, hologram line, red peach hybrid, dan silver hybrid.  Untuk dapat menghasilkan motif yang memiliki tampilan menarik, Anda bisa mengkombinasikan beberapa warna tersebut. Dalam desain motif, Anda diharuskan untuk memotong plafon ini karena memang dibuat dari bahan yang lentur.

Sementara panel PVC untuk plafon, mempunyai beberapa kategori yang bisa dibagi secara konvensional dalam pembuatannya, yakni:

  • Sambungan sesudah perakitan, selokan kecil harus berada di antara jalur individu.
  • Polos di bagian permukan, sehingga tidak ada tempat sama sekali yang terlihat dari sambungan strip.

Plafon PVC sendiri umumnya sangat identik dengan tekstur glossy. Tetapi bagi Anda yang kurang menyukai tekstur glossy yang dimiliki oleh plafon PVC, maka Anda masih bisa memilih tekstur plafon PVC yang lainnya seperti tekstur matte.

Kelebihan Plafon PVC

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya bahwa plafon PVC menawarkan banyak kelebihan jika dibandingkan dengan bahan yang lainnya seperti gypsum, triplek atau fiber semen. Berikut ini adalah beberapa kelebihan plafon PVC secara lebih lengkap yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan:



  1. Anti Bocor dan Anti Rayap

Penggunaan plafon PVC bisa dibilang memang sangat menguntungkan karena rumah Anda akan jauh dari kebocoran ketika musim hujan tiba. Hal ini karena bahan PVC pada umumnya memang dirancang secara khusus supaya dapat menahan air.  Selain itu, plafon PVC juga memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap serangan rayap. Sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Bahkan plafon PVC juga digunakan hingga bertahun-tahun lamanya. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang kembali dalam jangka waktu yang dekat untuk membeli plafon yang masih baru.

  1. Tidak Mudah Pecah dan Mudah Dipasang

Plafon PVC mempunyai bobot yang terbilang sangat ringan sehingga bisa membantu ketika melakukan proses pemasangan.  Bahan ini juga tidak mudah mengalami retak ataupun pecah. Bahkan juga bisa dibentuk dengan mudah sesuai dengan selera.

  1. Desain yang Menarik dan Memiliki Banyak Varian Warna

Jika Anda sudah bosan dengan plafon triplek ataupun plafon gypsum yang memiliki tampilan biasa saja, maka Anda bisa memilih plafon PVC. Plafon ini memang memiliki tampilan yang terlihat mewah dan elegan sehingga bisa memberikan nilai estetika lebih di ruang tamu Anda.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *