Konstruksi Baja Rumah 2 Lantai


Konstruksi Baja Untuk Rumah 2 Lantai – Konstruksi baja adalah sebuah konstruksi bangunan yang terdiri dari beberapa rangka baja yang disambung sehingga dapat membentuk suatu kesatuan. Rangka baja tersebut umumnya dibuat dengan bentuk segitiga agar bisa menopang bangunan.



Kemudian untuk rangkaian antar konstruksi baja nantinya akan disambung dengan menggunakan simpul yang berupa baut ataupun las lumer.

Konstruksi baja biasanya digunakan dalam pembuatan rumah 2 lantai. Selama ini konstruksi baja memang banyak dipilih dibandingkan struktur beton bertulang ataupun lainnya. Hal ini karena konstruksi baja memiliki banyak keunggulan.

Baca juga: Biaya Pembuatan Gudang Dengan Konstruksi Baja

Kelebihan Konstruksi Baja untuk Bangun Rumah 2 Lantai

  1. Harga yang Murah dan Lebih Cepat

Konstruksi baja memang banyak dipilih dibandingkan struktur beton bertulang karena harganya yang lebih murah. Selain itu, pembangunan konstruksi baja juga mudah untuk dikerjakan sehingga tidak memakan banyak waktu.

Bahkan jika konstruksi baja digunakan dalam pembangunan rumah 2 lantai atau lebih hanya membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 2 minggu saja konstruksi bangunan sudah bisa berdiri. Terlebih jika pembagian ruangannya adalah berupa grid.



  1. Kuat

Selama ini banyak yang berpikir bahwa konstruksi baja jauh lebih kuat jika dibandingkan beton. Padahal sebenarnya tidak berbeda jauh dan sudah diperhitungkan masing-masing. Konstruksi baja mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri, begitu halnya dengan beton. Namun kebanyakan orang lebih memilih konstruksi baja untuk pembangunan rumah 2 lantai meskipun keduanya mempunyai kekuatan yang sama.

  1. Ringan

Baja sendiri lebih ringan daripada konstruksi yang lainnya, tetapi untuk masalah daya topangnya juga jauh lebih kuat. Sehingga untuk bangunan yang cukup luas dan tinggi sangat disarankan untuk memilih baja sebagai bahan konstruksi. Selain itu, juga sangat cocok sekali untuk bangunan dua lantai.

  1. Harga Jual yang Tinggi

Jika suatu bangunan didirikan pada lahan yang masih sewa. Seperti misalnya bangunan gudang, rumah makan ataupun bangunan lainnya yang nantinya akan dibongkar, maka penggunaan baja sebagai bahan konstruksi sebagai pilihan yang tepat.

Hal tersebut karena baja mempunyai nilai jual yang lebih baik jika dibandingkan dengan bahan konstruksi yang lainnya seperti beton yang sudah pasti akan meninggalkan sisa-sisa puing dan tulangan.



  1. Tahan Terhadap Rayap

Kelebihan baja yang selanjutnya adalah sangat kuat dan memiliki ketahanan terhadap rayap. Dengan begitu maka sudah pasti akan sangat aman jika digunakan sebagai konstruksi bangunan rumah 2 lantai.



Leave a Reply

Your email address will not be published.