Macam Macam Lighting Dalam Desain Rumah


Jenis Lighting Dalam Desain Rumah – Rumah dengan sistem pencahayaan yang bagus sudah pasti memiliki nilai lebih bagi siapapun yang melihatnya. Semakin bagus tata cahaya (lighting) rumah maka akan semakin baik pula desain huniannya. Dengan kata lain, sebuah rumah minimalis yang memiliki desain bagus otomatis tata cahaya atau lightingnya juga bagus.



Untuk bisa menciptakan nuansa dengan pencahayaan yang sesuai dengan keinginan, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis lighting dalam desain rumah beserta karakteristiknya yang akan kami bahas pada artikel kali. Silahkan simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Ciri Ciri Konsep Desain Ecletic

Macam-Macam Lighting

Jika dilihat berdasarkan fungsinya, ada beberapa jenis sistem pencahayaan yang bisa digunakan untuk mempercantik desain rumah minimalis. Beberapa jenis sistem pencahayaan tersebut adalah sebagai berikut ini:

  1. General Lighting atau Ambient Lighting

General lighting atau yang biasa disebut dengan ambient lighting merupakan penataan lampu dengan cara memasang lampu di titik tengah ruangan atau di beberapa titik tertentu dengan pola simetris. Penggunaan general lighting memiliki tujuan untuk menghasilkan sumber cahaya yang terang pada ruangan. General lighting biasanya digunakan pada ruang tamu, ruang keluarga, dapur, kamar mandi, kamar tidur, teras rumah, dan ruang yang lainnya.

Untuk penempatan lampu sebaiknya diletakan pada ruangan yang menjadi tempat Anda menghabiskan banyak waktu saat di rumah. Pastikan bahwa sistem pencahayaan ruangan juga memiliki banyak model yang dapat digunakan sesuai dengan situasi dan kebutuhan untuk memaksimalkan konsep lighting.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa menambahkan hidden light atau spot light yang sedikit redup untuk beristirahat. Dengan demikian maka sistem pencahayaan ruangan akan menjadi fleksible dan cocok sebagai penerang ketika beraktifitas.



Baca juga: Konsep Desain Industrial Minimalis

  1. Task Lighting

Task lighting adalah sistem pencahayaan ruangan secara terarah dan terpusat, memiliki intensitas cahaya yang lebih banyak jika dibandingkan dengan cahaya sekitarnya. Fungsi task lighting yaitu untuk memberikan penerangan di area tertentu. Contohnya adalah lampu pada meja rias, dimana pada bagian cerminnya ditambahkan dengan lampu led yang memiliki fungsi untuk menerangi wajah sehingga bisa melakukan aktifitas make up secara maksimal.

Sistem pencahayaan yang satu ini juga bisa difungsikan untuk dapur. Dapur sendiri memang membutuhkan cahaya secara maksimal untuk kegiatan memasak. Anda bisa meletakan task lighting berupa lampu soret atau holegen tepat di bagian kabinet dapur yang mengarah ke tempat kerja atau counter top. Selain itu, untuk keamanan ketika sedang memasak, Anda juga bisa menambahkan task lighting pada kompor dan oven.



Leave a Reply

Your email address will not be published.