Jenis Dan Fungsi Mata Gerinda Potong


Jenis Dan Fungsi Mata Gerinda Potong – Mesin gerinda merupakan sebuah mesin perkakas yang memiliki fungsi sebagai pengasah atau pemotong benda kerja dengan tujuan tertentu. Adapun untuk cara kerja mesin gerinda adalah batu gerinda berputar dan bersentuhan dengan benda kerja sehingga menyebabkan terjadinya pengikisan, pengasahan, penajaman, atau pemotongan.



Dalam pengoperasiannya, mesin gerinda biasa menggunakan batu gerinda atau yang juga biasa disebut dengan mata gerinda. Mata gerinda sendiri memiliki mata potong dengan jumlah yang cukup biasa dan biasa digunakan untuk mengasah ataupun sebagai alat potong benda kerja. Berikut ini kami akan menjelasakan mengenai jenis-jenis dan fungsi beserta daftar harganya secara lengkap.

Baca juga: Harga Dan Fungsi Baju Wearpack

Jenis-Jenis Mata Gerinda Beserta Fungsinya

Jenis-jenis mata gerinda memang menjadi hal yang cukup penting untuk diketahui. Dengan mengetahui jenis-jenisnya, maka Anda akan terhindar dari kesalahan dalam memilih jenis mata gerinda yang tepat untuk pekerjaan Anda.

Perlu diketahui bahwa ada empat jenis pengerjaan yang umum dilakukan dengan memanfaat mesin gerinda tangan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasan berikut ini.

Pengerjaan Logam (Metal Working)

  • Batu Gerinda Asah (Grinding Wheel)

Batu asah gerinda merupakan salah satu jenis produk yang paling dibutuhkan dalam proses pengerjaan logam. Batu gerinda atau biasa disebut sebagai “Grinding Wheel” ini memiliki fungsi sebagai pengikis permukaan logam, baik itu pada besi, baja ataupun stainless steel. Untuk spesifikasi jenis batu gerinda ini umumnya sudah tercantum pada label di bagian atas produk.



Kode material penggunaan pada batu gerinda asah

Aplikasi batu gerinda asah



  • Batu Gerinda Fleksibel (Flexible Disc)

Jika dilihat dari segi fisik, batu gerinda fleksibel (Flexible Disc) memiliki bentuk yang hampir sama dengan batu gerinda asah, tetapi bagian permukaannya lebih tipis dan memiliki pola atau pattern.  Jenis batu gerinda yang satu ini seringkali digunakan untuk pengikis permukaan logam khusus di beberapa area yang terbatas atau sempit.

Selain itu, batu gerinda fleksibel juga memiliki fungsi sebagai pemotong logam. Namun jenis batu gerinda ini memiliki kelemahan, yaitu area yang terpotong akan lebih banyak atau lebar jika dibandingkan dengan batu gerinda potong.

Aplikasi penggunaan Fleksible disc

Baca juga: Menghitung Kebutuhan Besi Dalam Membangun Rumah

  • Batu Gerinda Potong (Cutting Wheel)



Bentuk yang dimiliki oleh batu gerinda potong (Cutting Whell) ini paling berbeda jika dibandingkan dengan jenis batu gerinda yang lainnya. Batu gerinda potong memiliki yang datar, dengan ukuran ketabalan yang beragam mulai dari 3 mm sampai dengan 8 mm.



Leave a Reply

Your email address will not be published.