Mengenal Jenis Sealant, Harga Dan Fungsinya


Harga Sealant, Jenis Dan Fungsinya – Jika membahas tentang Sealant tentunya tak terlepas dari konstruksi bangunan. Ketika ingin melakukan renovasi atau konstruksi bangunan, maka penting sekali untuk memperhatikan berbagai elemen atau material yang ada didalamnya sekecil apapun itu. Hal-hal kecil seperti celah diantara keramik, dinding, jendela, ataupun material yang lainnya seringkali terbaikan.



Padahal, celah-celah berukuran kecil tersebut sangat berdampak untuk ketahanan dan bahkan tampilan bangunan itu sendiri. Jika dibiarkan begitu saja maka bisa jadi akan menyebabkan munculnya berbagai masalah nantinya. Namun sebenarnya masalah tersebut bisa diatasi dengan penggunaan sealant. Lalu apa yang dimaksud dengan sealant? Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut.

Baca juga: Harga Twinlite Per Lembar

Pengertian Sealant

Sealant merupakan sebuah zat yang memiliki kegunaan sebagai perekat dua material sekaligus dapat mencegah masuknya cairan yang melalui permukaan. Lem multifungsi ini seringkali digunakan sebagai lem untuk konstruksi, sebagai perekat, dan juga pengisi celah (Gap-filling) pada sebuah material.

Penggunaan sealant banyak dilakukan di beberapa tempat, diantaranya:

  • Kaca
  • Panel Precast
  • Panel alumunium atau yang biasa disebut dengan ACP (Alumunium Composite Panel)
  • Expansion, contraction dan construction joint di struktur slab, plat, dan juga beton jalan (rigid pavement).

Fungsi Dasar Sealant

Berikut ini adalah beberapa fungsi dasar sealant yang perlu Anda ketahui:

  • Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa sealant biasa digunakan sebagai perekat dua permukaan atau bidang, umumnya untuk mengikat kaca atau pabel logam.
  • Untuk mengisi celah yang ada di dua atau lebih suatu bidang, yang umumnya digunakan pada expansion dan contraction joint jalan, jembatan, lantai bidang yang cukup luas seperti gudang, pabdik, landasan pesawat, deletasi, dan lain sebagainya.
  • Untuk membentuk lapisan pelindung supaya terhindar dari penetrasi air.
  • Dapat mempertahankan usia dan kondisi kualitas suatu struktur.

Baca juga: Harga Jasa Pemasangan ACP Seven

Jenis Sealant Berdasarkan Aplikasinya

Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis sealant yang dijual di pasaran. Berikut ini adalah jenis-jenis sealant berdasarkan aplikasinya:

  1. General Purpose Sealant



Leave a Reply

Your email address will not be published.