Cara Menghitung Berat Besi Beton Yang Tepat


Besi Beton – Dalam setiap pembangunan dengan membutuhkan pengecoran anda harus bisa menghitung berapa berat besi beton yang dibutuhkan, namun cara menghitungnya juga tidaklah mudah apalagi kalau anda lupa tidak membawa tabel menghitung.

Besi beton sendiri berfungsi untuk menahan momen atau struktur gedung yang sekarang sudah banyak digunakan dalam pembangunan seperti ini seperti plat, balok, kolom dan pondasi.

Kelebihan Besi Beton

Besi beton mempunyai sederet kelebihan dibandingkan dengan material sejenis lainnya. Berikut adalah kelebihan memakai besi beton yang bisa Anda simak:

  1. Besi beton menjadi salah satu material yang tahan terhadap api dan air. Besi beton tidak akan berkarat jika terkena air dalam jangka waktu lama. Meski terbakar pun kerusakan hanya terjadi pada permukaan beton saja.
  2. Struktur besi beton akan lebih kokoh dengan daya tekan yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan material konstruksi lainnya.
  3. Karena besi beton bersifat elastis, maka material yang satu ini bisa dibentuk menjadi kolom, atap kubah, pelat, dan balok sesuai dengan kebutuhan.
  4. Dalam jangka waktu yang panjang besi beton tidak mengalami kehilangan daya untuk menahan beban. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya proses pemadatan semen yang akan semakin mengeras seiring dengan berjalannya waktu.
  5. Pembuatan besi beton sangat terjangkau lantaran bahan-bahan yang digunakan seperti kerikil, air, tulangan baja, pasir dan semen bisa Anda peroleh dengan mudah di mana saja. Selain itu, besi beton juga tidak memerlukan perawatan secara khusus.

Baca juga: Harga Besi Beton Terbaru

Di pasaran ada banyak jenis dan merk besi beton yang beredar seperti misalnya Hanil, Perwira, KS dan masih banyak lagi. Nah pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas tentang cara menghitung berat besi beton tanpa tabel.

Di sini saya akan memberikan rumus tentang bagaimana cara menghitung berat besi beton, dengan adanya rumus ini anda tidak perlu khawatir salah dalam melakukan penghitungan berikut rumus yang bisa anda gunakan :

Dengan rumus  > Berat = 0,006165 x D x D x P = 0,006165 x 22 x 22 x 12 = 35,81 kg
Dengan tabel > Berat     = BJ x P = 2,985 x 12 = 35,82 kg
Di bawah ini adalah aplikasi kalkulator yang berfungsi untuk menghitung berat dari berbagai jenis besi. Dengan aplikasi ini, anda dapat dengan mudah menghitung berat total besi berbentuk ulir, plat besi, pipa besi, dan bentuk besi lainnya yang dapat anda pilih pada kolom dibawah ini :

 

Pada dasarnya menghitung berat besi beton tersebut hanya bisa anda lakukan apabila dalam kondisi mendadak, untuk itu sebaiknya memang selalu sediakan tabel supaya hasilnya lebih akurat.

Namun meskipun demikian ada kekurangan dalam penggunaan tabel menghitung berat besi beton yaitu tidak bisa menghitung dalam jumlah yang banyak, jadi itu artinya tabel di atas hanya bisa anda gunakan untuk dalam skala kecil saja.

Leave a Comment