Pengertian, Jenis Dan Harga Parapet


Jenis Jenis Dan Harga Parapet – Bagi Anda yang sudah lama bekerja atau berkecimpung dalam dunia konstruksi pembangunan pastinya sudah sering mendengar yang namanya parapet. Tapi jika Anda merupakan orang awam tentu istilah ini terdengar sangat asing.



 

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pembahasan secara lengkap tentang parapet mulai dari pengertian jenis, fungsi, harga dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Jenis Jenis Beton Dan Kegunaannya

Pengertian dan Fungsi Parapet

Parapet adalah salah satu jenis struktur bangunan yang sudah digunakan sejak lama. Parapet bisa dibilang merupakan sebuah pembatas atau penghalang (barrier) dalam bentuk dinding yang biasa diaplikasikan pada bangunan gedung, jalan raya, dan struktu yang lainnya. Struktur ini menjadi bagian dari dinding eksterior yang menerus ke bagian atas permukaan atap atau terusan dari bagian bangunan yang ada dibawahnya.

Selain digunakan sebagai dinding pembatas, parapet juga memiliki fungsi sebagai dinding penahan api dan pemanis pada suatu bentuk bangunan. Adapun material yang biasa digunakan dalam pembuatan parapet adalah beton bertulang.



Penggunaan beton bertulang banyak dipilih karena dapat meningkatkan kemampuan parapet untuk menahan dan menerima beban yang terjadi pada sebuah bangunan. Pembuatan parapet juga bisa dilakukan dengan menggunakan metode pracetak yang dikerjakan pada area khusus produksi dinding parapet.

Jika prosesnya menggunakan metode pracetak maka dijamin dinding parapet akan memiliki bentuk yang lebih sempurna dan rapi, hal ini tentunya akan memudahkan dalam pemasangan dinding parapet daripada proses pembuatan secara konvesional. Namun meski demikian, biaya yang dibutuhkan dengan menggunakan metode pracetak akan lebih mahal jika dibandingkan cara konvesional.

Baca juga: Mengenal Rabat Beton Dan Kegunaannya

Baca juga: Fungsi Dan Contoh Gambar Bestek

Kelebihan Parapet Beton

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa parapet kebanyakan dibuat dari beton. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh parapet beton:



  1. Awet

Parapet memiliki usia pakai yang sangat lama terutama parapet yang dibuat dari beton. Material ini bahkan mampu bertahan sampai 25 tahun lamanya, yang mana 2 kali lebih lama dibandingkan parapet baja.

  1. Kuat

Parapet yang dibuat dari beton tidak mudah mengalami kerusakan atau geserta  jika ada kecelakaan.

  1. Tingkat Keamanan Tinggi

Parapet memiliki kemampuan untuk menahan beban kendaraan sampai dengan 13 ton. Sehingga bisa dijadikan sebagai pilihan yang paling tepat untuk menjaga keamanan secara lebih efektif dan efisien.

  1. Mudah Diperbaiki

Kecelakaan lalu lintas yang terjadi terkadang juga bisa membuat parapet menjadi rusak. Namun meski demikian maka perbaikannya bisa dilakukan dengan sangat mudah. Hal ini karena Anda hanya perlu mengganti bagian yang rusak saja.

Baca juga: Baju Wearpack Dan Berbagai Fungsinya

Jenis-Jenis Parapet

Parapet terbagi dalam berbagai macam jenis, yaitu:

  • Tembok Pembatas Datar, yang memiliki bagian permukaan halus dan ujung yang nampak ke samping.
  • Konstruksi tembok berbentuk data dengan tetesan persegi panjang. Jenis bentuk mempunyai lengkungan persegi panjang pada bagian bawah. Tujuannya untuk memastikan kesesuaian dengan kualitas tinggi dan anda antara struktur dengan bagian permukaan pemasangan.
  • Konstruksi parapet dengan dua lereng. Biasanya memilki fungsi utama sebagai pelindung dinding pagar dari berbagai macam kerusakan.
  • Dinding pembatas dengan dua lereng dan tetesan persegi panjang. Berbeda halnya dengan keandalan tinggi.
  • Parapet penggung bukit terbagi menjadi pengikat bawah, yang ditutupi dengan pelindung dari bagian atas.
  • Dinding pembatas yang kompleks, meliputi limpasan air yang bisa mengalir ke dua arah. Jenis parapet yang satu ini paling andal dan awet, ini karena adanya fitur rakitan parapet.

Harga Parapet

Parapet tersedia dalam berbagai macam ukuran sehingga harganya tergantung dari ukuran yang dipilih. Semakin besar ukurannya maka akan semakin tinggi juga harganya. Disamping itu, perusahaan yang menyediakan parapet juga menawarkan harga bervariasi tergantung jarak pengirimannya.Jika pembelian dalam jumlah banyak maka harganya tidak akan terlalu mahal.



Baca juga: Harga Paving Block / Conblock Cor Beton

Metode Kerja Parapet

Pelaksanaan Pekerjaan Parapet:

a Pekerjaan bekisting

No Pekerjaan Jenis
1 Bekisting Barier Penolix 18 mm , kaso 5/7
2 Perkatan Bekisting Tie rod dia. 15/17” – 80 Pipa Gip dia 1.5” , support frame , Stek besi dia. 13 – 120

b Persiapan pekerjaan

1. Pemasangan kantilever telah dilakukan secara manual pada outer barier dan inner barier .
2. Pembesian barier dipasang dengan stek yang tersedia pada cantilever slab
3. Settingukuran , elevasi dan peralatan bekisting.
4. Pemasangan angkur pada stationing tertentu
5. Pengeboran lantai untuk stek dia 13 – 120 sebagai dudukan jack base support
bekeisting
6. Pembersihan dengan compresor
7. Pemasangan dan stel bekisting sesuai dengan kelurusan atau kelengkungan sisi
lantai jembatan.
8. Final setting penyesuaian dengan gambar desain

Baca juga: Analisa Pekerjaan Beton Mutu K175

c Pekerjaan Pengecoran Concrete barier

1. Setelah bekisting terbentuk dan di pastikan kuat dan tidak bocor , maka pengecoran dapat mulai dilaksanakan dengan menggunakan concrte pump layer demi layer.
2. Pemadatan beton dan perataan dengan menggunakan internal vibartor
3. Setelah umur beton 12 jam bekisting di buka , jika terjadi honey comb maka
langsung di lakukan finishing dengan campuran semen hitam dan putih
komposisi 1 : 3 atau sesuai dengan uji coba.
4. Pemeliharaan beton / curing dilakukan dengan antisal –S .
5. Pengecoran satu segmen selesai.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *