×

Perbedaan Galvalum Dan Galvanis

Untuk masalah harganya sendiri sangat beragam dan tersedia dalam beberapa tipe ketebalan. Galvalum 4×4  yang memiliki ukuran ketebalan 0,45 mm biasanya dijual dengan harga 40.000. Sedangkan jika ukuran ketebalannya 0,7 mm harganya sekitar 55.000.

Rangka Galvanis



Istilah galvanisasi yang didapat dari berbagai sumber menyebutkan bahwa Galvanisasi merupakan sebuah proses pelapisan seng pada lembaran atau lempengan baja yang memiliki tujuan agar lempengan baja tersebut tidak mudah mengalami karat. Komposisi yang digunakan dalam pembuatan rangka galvani sudah pasti berbeda dengan komposisi pada rangka galvalum.

Cairan coating yang ada pada rangka galvanis terdiri dari 97% zin, ±1% alumunium, dan untuk sisanya adalah komponen lain seperti fosfor, silicon, dan mangan. Namun pada dasarnya, pelapisan rangka galvanis memiliki tujuan yang sama dengan pelapisan pada rangka galvalum, yaitu sebagai pelindung baja dari berbagai polutan yang bisa menyebabkan terjadinya karat.

Penting untuk diketahui bahwa proses pelapisan galvanis bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu dengan sistem penghantaran arus listrik yang biasa disebut sebagai elektro galvanise dan bisa juga dengan pencelupan biasa yang sering disebut dengan Hot-dipped Galvanise. Selain itu, proses pencelupan galvanis sendiri juga terbagi dalam 2 cara, yakni sebagai berikut:

1. Proses Pencelupan Konvensional

Dalam proses pencelupan konvensional ini umumnya akan menggunakan baja dalam bentuk produk jadi, setelah itu langsung di celupkan ke dalam cairan timah.

2. Proses Pencelupan Continous Hot-Dipped Galvanising



Leave a Comment