Mengenal Perbedaan Plywood, MDF, HPL Dan Triplek


Mengenal Perbedaan Plywood, MDF, HPL Dan Triplek – Furniture atau mebel sekarang ini sudah menjadi kebutuhan yang umum bagi hunian. Tak heran jika harga kayu di pasaran menjadi sangat mahal. Namun hal ini sudah disiasati dengan adanya berbagai kayu olahan yang memiliki harga lebih murah. Kualitasnya pun juga tidak berbeda jauh dengan kayu asli.



Beberapa jenis kayu olah yang paling banyak diminati adalah Plywood, MDF, dan HPL. Setiap jenis kayu tersebut sudah pasti memiliki perbedaan masing-masing. Lebih jelasnya silahkan simak pembahasan berikut ini.

Baca juga: Harga Kayu MDF Lembaran, Jenis Dan Kegunaannya

Baca juga: Harga Triplek Melamin Pelapis Kayu

Perbedaan Kayu Plywood, MDF, dan HPL

  1. Kayu Plywood atau Multipleks

Multipleks atau plywood merupakan papan kayu yang disusun dari beberapa lapisan kayu yang ditumpuk, dilem dan dipress hingga menjadi sebuah lembaran yang tebal. Papan kayu ini pada umumnya terdiri dari 3 lembaran, sehingga juga biasa disebut dengan nama tripleks. Sifat dasar multipleks tidak mudah untuk ditekuk, memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap cuaca, dan mudah dibentuk sehingga cocok untuk pembuatan berbagai macam furniture hunian.

Ada banyak sekali jenis plywood yang bisa ditemukan dengan mudah di pasaran, yaitu plywood dari kayu sengon, kayu sungkai, kayu pinus, dan lain sebagainya. Harga yang ditawarkan juga bervariasi tergantung ukuran ketebalannya yaitu 6 mm, 9 mm, 12 mm, 15 mm, 18 mm dan 24 mm.

Kelebihan Plywood:



  • Kuat terhadap cuaca dan daya tekuk
  • Lebih kokoh sebagai rangka utama furniture/mebel
  • Lebih tahan terhadap air

Kekurangan Plywood:

  • Plywood tidak selalu memilki bagian permukaan yang mulus dan halus, terkadang ada yang memiliki permukaan bergelombang.
  • Sifatnya memang sangat keras, sehingga untuk menggabungkan beberapa plywood dibutuhkan paku tembak atau paku besi biasa.
  • Memiliki presisi ketebalan yang kurang sempurna.
  • Proses finishing akan susah jika dilakukan secara langsung seperti misalnya dicat.

Baca juga: Ukuran Triplek Dan Harga Triplek Terbaru

Baca juga: Ukuran Standar Kitchen Set Yang Ideal

  1. MDF (Medium-Density Fiberboard)

Medium-Density Fiberboard atau MDF merupakan sebuah papan kayu yang dibuat dari kombinasi serat kayu dan serbuk kayu yang dipadatkan dalam tekanan dan temperatur suhu yang tinggi dengan adanya bantuan resin selama prosesnya.

Sama halnya dengan plywood, MDF juga banyak dimanfaatkan dalam pembuatan furniture seperti pintu, almari, meja dan lainnya. Namun bagian permukaan MDF jauh lebih rata dan halus jika dibandingkan dengan bagian permukaan plywood. MDF di pasaran juga dijual dalam berbagai macam ukuran, yaitu 3 mm, 4 mm, 6 mm, 12 mm, 18 mm, dan 20 mm.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *