Perencanaan Dan Perhitungan Pondasi Bore Pile Excel


Perencanaan Dan Perhitungan Pondasi Bore Pile Excel – Pondasi bore pile merupakan salah satu pondasi dalam berbentuk tabung yang memiliki fungsi untuk meneruskan beban bangunan menuju lapisan tanah keras. Pondasi bore pile di lapangan juga biasa disebut dengan bored pile.



Pondasi bore bile digunakan jika level tanah yang ada di permukaan atas tidak mampu untuk menahan beban bangunan secara menyeluruh, sehingga sangat dibutuhkan  adanya daya dukung tambahan.

Fungsinya tidak berbeda jauh dengan pondasi dalam yang lainnya atau mirip dengan pondasi tiang pancang. Perbedaannya hanya ada pada proses pengerjaannya saja. Proses pengerjaan pondasi bore pile dimulai dengan cara melubangi tanah terlebih dahulu hingga mencapai tingkat kedalaman yang ditentukan, lalu dilanjutkan dengan pemasangan tulangan besi ke dalam lubang dan pengecoran bor pile dengan tremi.

Baca juga: Perbedaan Pondasi Bore Pile Dan Straus Pile

JENIS PONDASI BORE PILE

Beberapa model dari pondasi bore pile antara lain:

  • Bore pile lurus untuk tanah keras;
  • Bore pile yang ujungnya diperbesar berwujud bel;
  • Bore pile yang ujungnya diperbesar berwujud trapesium;
  • Bore pile lurus untuk tanah berbatu-batuan.

METODE PELAKSANAAN PONDASI BORE PILE

Berikut ini adalah metode pelaksanaan dalam pekerjaan pondasi bore pile:

1. Proses pengeboran

Proses pengeboaran pada metode pelaksanan bore pile dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:



a. Pengeboran dengan sistem bor kering (dry drilling).

Dalam sistem pengeboran ini, tanah di bor dengan menggunakan mata bor spiral atau auger. Caranya adalah dengan memutar mata bor yang kemudian diangkat setiap interval 0,5 meter. Hal ini dilakukan secara berulang hingga mencapai tingkat kedalaman yang diinginkan.

b. Pengeboran dengan sistem bor basah (wash borring).



Tanah di bor menggunakan mata bor cross bit ex design dengan menyesuaikan kebutuhan, dimana untuk kecepatan putarnya adalah 375 rpm dan tekanan sekitar 200 kg. Apabila kondisi tanah mudah runtuh maka harus diberi chasing terlebih dahulu supaya terhindar dari kelongsoran dinding lubang yang merupakan hasil pengeboran.

Pengikisan tanah dibantu dengan tembakan air melalui lubang stang bor yang berasal dari pompa NS-80. Ini akan membuat tanah yang terkikis menjadi lumpur kemudian terdorong keluar secara langsung dari lubang. Jika sudah mencapai kedalaman yang diinginkan maka pengeboran bisa dihentikan. Sementara itu, mata bor dibiarkan berputar namun beban penekanan dihentikan dan air sirkulasi tetap mengalir hingga sisa tanah terdorong keluar dari lubang secara menyeluruh.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *