Perhitungan Pondasi Tiang Pancang Excel


Perhitungan Pondasi Tiang Pancang Excel – Tiang pancang merupakan salah satu bagian struktur yang berperan sebagai pondasi dalam suatu konstruksi. Fungsi utama dari tiang pancang adalah untuk menerima beban yang berasal dari struktur atas dan struktur bawah jembatan.



Dalam penerapannya di lapangan, tiang pancang terdiri dari 3 macam bentuk yaitu silinder, kotak dan segitiga. Masing-masing betuk tersebut memiliki cara pemasangan yang berbeda-beda, seperti dibor, di dongkrak atau dipukul ke dalam tanah.

Dalam proses pemancangan biasanya akan dipancangkan dengan arah tegak lurus dalam tanah. Namun ada juga yang dipancangkan miring (battle pile) sehingga mampu menopang berbagai gaya horizontal yang sedang bekerja.

Kondisi seperti demikian seringkali terjadi di dermaga karena adanya tekanan kesamping dari kapal dan perahu. Sudut kemiringan yang bisa dicapai oleh tiang ditentukan oleh alat yang digunakan dan disesuaikan dengan perencanaanya.

Baca juga: Perencanaan Dan Perhitungan Pondasi Bore Pile Excel

Jenis-Jenis Tiang Pancang

Berdasarkan bahan materialnya, tiang pancang terbagi dalam 3 jenis, yaitu:

  1. Tiang Pancang Kayu (Timer Pile)



Tiang pancang kayu merupakan jenis tiang pancang yang sering digunakan sebagai penyangga rumah-rumah panggung seperti di Sumater dan Kalimantan. Selain itu, jenis tiang pancang ini juga banyak digunakan untuk rumah-rumah nelayan yang terletak di pesisir laut atau sungai.

Jenis kayu yang digunakan bersifat keras dan memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap tanah, sehingga tidak akan rusak ketika pemancangan dan bisa menjalankan fungsinya dengan baik sebagai pondasi atau tiang pancang dalam jangka waktu yang cukup lama.

  1. Tiang Pancang Baja (Steel Pile)

Tiang panjang jenis yang paling umum digunakan adalah tiang pancang pipa. Tetapi ada juga tiang pancang baja yang memiliki bentuk persegi panjang untuk kebutuhan konstruksi yang tertentu.



  1. Tiang Pancang Beton (Concrete Pile)

Tiang pancang ini dibuat dari bahan beton yang dimana tempat pembuatnya terbagi menjadi dua macam, yaitu di cor langsung di tempat (cast in place) dan dibuat di tempat lain atau diproduksi oleh sebuah pabrik (precast pile). Tiang pancang yang satu ini mempunyai beberapa bentuk sepertu bulat (silinder) dan kotak (persegi panjang).

Baca juga: Perencanaan Dan Perhitungan Pondasi Strauss Pile Excel

Kapasitas Dukung Ulitimit Tiang Pancang

Kapasitas dukung tiang merupakan kemampuan atau kapasitas tiang untuk menopang beban (Hardiyatmo, 2011). Jika dalam kapasitas dukung pondasi dangkal menggunakan satuan tekanan (kPa) maka berarti untuk kapasitas dukung tiang pancang menggunakan satuan gaya (kN).



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *