Perbedaan Pipa Seamless Dan Pipa Welded


Harga Pipa Seamless Dan Pipa Welded – Pipa menjadi salah satu material yang memiliki peran sangat penting bagi sebuah proyek, terutama dalam bidang pembangunan. Pipa kini telah hadir dengan berbagai macam jenis, bahan baku, dan ukuran.



Saking banyaknya berbagai produk pipa yang ada dipasaran, terkadang hal ini membuat sebagian orang bingung terutama yang masih awam dengan industri baja.

Padahal, banyaknya jenis pipa tersebut dibuat karena mengikuti permintaan pasar atas kebutuhan kita sudah semakin beragam dan kompleks. Pastinya juga akan mempermudah berbagai pekerjaan proyek yang terlangsung, terlebih dengan teknologi yang juga sudah semakin diperbarui.

Salah satu contoh produk pipa yang membingungkan adalah pipa seamless dan pipa welded karena bisa dibilang indentik. Namun meski demikian, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Lalu apa perbedaan diantara kedua pipa tersebut? Jawaban yang paling mendasar adalah pada proses pembuatannya.

Baca juga: Biaya Pembuatan Gudang Pabrik

Mengenali Perbedaan Antara Pipa Seamless dengan Welded

Seperti yang kita tahu, bahwa proses dalam pembuatan pipa besi bisa dilakukan dengan berbagai metode dan cara, termasuk metode seamless dan metode welded. Proses dalam pembuatan pipa besi yang menggunakan metode seamless dan welded ini sangat populer dan banyak digunakan selama beberapa dekade. Lebih singkatnya, perbedaan antara pipa welded dengan pipa seamless ada pada kelim yang terletak di bagian badan pipa.

Pipa welded biasa disebut sebagai pipa las karena diproses dengan menggunakan metode pengelasan. Bahan untuk pembuatannya adalah dari plat atau strip baja yang disambung dengan menggulung menggunakan teknik las. Sambungan pipanya sangat beragam, ada yang memiliki bentuk spiral dan ada pula yang lurus atau longitudinal. Plat atau strip baja yang memiliki ketebalan tertentu dilakukan penggulungan secara melingkar menggunakan mesin pelengkung plat atau mesin roll.



Jika strip atau baja sudah tergulung dan bentuknya menyerupaik silinder, bagian sambungan dilakukan pengelasan dengan atau tanpa material pengisi logam (flux dan voila). Dengan demikian, proses produksi pipa welded sudah selesai dilakukan.

Untuk pengelasan pada pipa welded juga cukup beragam, namun yang biasa digunakan adalah teknik pengelasan dengan mengalirkan arus listrik tegangan tinggi pada sambungan pipa sehingga menjadi sambungan meleleh dan melebur jadi satu.

Adapun untuk proses diatas istilahnya dari Electric Resistance Welding, Electro Fusion Welding, High-Frequency Welding untuk pipa besi yang menggunakan las longitudinal. Lalu untuk pipa dengan las spiral, teknik las menggunakan Submerged Arc Welding bisa dibilang lebih banyak diminati.



Leave a Reply

Your email address will not be published.