Harga Dan Ukuran Plat Galvanis


Harga Dan Ukuran Plat Galvanis – Sebagian besar dari Anda terutama yang bekerja dalam bidang konstruksi tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya plat besi. Plat besi pada umumnya digunakan sebagai dasar bangunan yang bisa membuat konstruksi bangunan menjadi semakin kuat dan kokoh.

Biasanya jenis plat ini diaplikasikan dalam konstruksi bangunan bertingkat atau tatakan berbagai bahan bangunan. Seperti misalnya untuk konstruksi bangunan yang labil atau lembek. Selain itu, plat besi juga bisa digunakan untuk hal-hal lainnya seperti usaha las dan bahan dasar kendaraan.

Plat besi sendiri memiliki banyak sekali macam jenisnya yang tersedia di pasaran. Namun yang paling banyak digunakan adalah plat besi galvanis. Hal ini karena plat galvanis memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan jenis plat besi lainnya. Bahkan plat besi ini juga cocok sekali jika dijadikan sebagai bahan untuk outdoor.

Baca juga: Harga Besi Kanal C Galvanis

Pengertian Galvanis

Galvanis adalah suatu material seng atau zinc yang biasa digunakan sebagai pelapis baja murni, baja ringan, dan besi. Yang mana berguna untuk memberikan perlindungan secara lebih supaya material tersebut tidak mudah mengalami korosi atau perkaratan. Adapun untuk cara pelapisannya dilakukan dengan mencelupkan besi atau baja secara langsung pada seng cair. Tujuan utamanya tak lain untuk memberikan suatu perlindungan dan membuat material tersebut menjadi anti korosi. Jika tidak ada suatu lapisan maka elemen mudah untuk mengoksidasi dan efek korosi menjadi semakin cepat.

Dalam dunia konstruksi, pipa besi galvanis menjadi material bangunan yang paling favorit. Material ini seringkali digunakan untuk pembuatan pagar, railing balkon, dan juga pembuatan kanopi. Hal ini karena memiliki sifat yang kuat, awet, tahan banting, dan merupakan bahan yang anti pecah.

Sesuai dengan namanya, besi galvanis ini terbuat dari bahan campuran besi dengan seng. Kedua bahan ini memiliki peran sebagai zat kimia yang nantinya dijadikan sebagai bahan pelapis. Proses seperti ini biasa disebut dengan hot dip galvanized. Hal tersebut memiliki tujuan supaya besi yang sudah dicampur memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap segala macam korosi dan karatan. Dengan demikian besi memiliki sifat daya tahan yang jauh lebih kuat sehingga lebih awet dan mampu tahan lama di segala kondisi.

Kelebihan Plat Besi Galvanis

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas bahwa plat besi galvanis memiliki cukup banyak keunggulan. Sehingga cocok sekali jika dimanfaatkan di berbagai kondisi dan digunakan pada bangunan outdoor. Adapun keunggulan yang dimiliki oleh besi galvanis adalah sebagai berikut:

  1. Awet dan Tahan Lama

Besi galvanis selama ini dikenal sebagai material yang memiliki ketahanan cukup lama jika dibandingkan dengan jenis pipa besi yang lainnya. Bahkan besi yang satu ini mampu bertahan hingga 25 tahun lamanya pada bangunan yang berada di perkotaan. Sedangkan jika digunakan di area perkotaan, besi galvanis memiliki usia yang dua kali lebih lama atau mencapai 50 tahun lebih.

Perbedaan tersebut disebabkan oleh berbagai macam faktor dan juga pengaruh dari alam sekitar. Seperti polusi dan iklmi cuaca yang ada di wilayah penggunaan besi galvanis. Selain itu, besi galvanis juga mudah dalam masalah perawatan. Bahkan harganya terbilang jauh lebih murah sehingga akan memberikan keuntungan dalam operasional.

  1. Tahan Karat

Besi galvanis memang sudah dilpisi dengan bahan pelapis sehingga tidak akan mudah mengalami karat. Inilah yang membuat material konstruksi bangunan ini memiliki nilai lebih. Karena memiliki kelebihan anti karat, maka tak heran jika material ini banyak digunakan sebagai bahan untuk pembuatan pagar rumah, railing tangga, tangga scaffolding, konstruksi rumah, pemasangan tiang listrik, dan juga sistem saluran.

  1. Kuat

Besi galvanis juga tergolong sebagai material yang sangat kuat sehingga sudah pasti tahan banting dan sulit sekali untuk dipecahkan. Maka dari itu, kualitas material ini tidak perlu diragukan lagi karena memang tidak mudah rusak.

  1. Memiliki Harga yang Terjangkau

Kelebihan besi galvanis yang terakhir adalah memiliki harga yang terbilang sangat terjangkau. Namun untuk masalah harga tersebut sebenarnya juga tergantung dari proses pembuatannya. Proses galvanisasi sendiri tidak membutuhkan tenaga manual, sehingga hal ini membuat kisaran biaya prosesnya menjadi lebih murah.

Harga dan Ukuran Plat Besi Galvanis & Galvanil

Plat besi galvanis bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat bagi Anda yang mengutamakan kualitas material dan kekohannya. Hal ini karena plat besi yang satu ini sudah dilapisi oleh lapisan galvanis. Lapisan galvanis tersebut adalah suatu proses pemberian lapisan yang diperoses dengan suhu tinggi supaya besi menjadi tahan terhadap karat. Berikut ini kami akan bagikan daftar harga plat besi galvanis terbaru:

Plat Besi Galvanis

Jenis Plat Ketebalan Harga
Plat Galvanis Tebal 0,6mm 425,000
Plat Galvanis Tebal 0,7mm 455,000
Plat Galvanis Tebal 0.8mm 480,000
Plat Galvanis Tebal 1,0mm 650,000
Plat Galvanis Tebal 1,2mm 810,000
Plat Galvanis Tebal 2mm 1,250,000

Plat Besi Galvanil

Jenis Plat Ketebalan Harga
Plat Galvanil Tebal 0,6mm 290,000
Plat Galvanil Tebal 0,7mm 300,000
Plat Galvanil Tebal 0.8mm 410,000
Plat Galvanil Tebal 0.9mm 450,000
Plat Galvanil Tebal 1,0mm 440,000
Plat Galvanil Tebal 1,2mm 535,000
Plat Galvanil Tebal 1,4mm 650,000
Plat Galvanil Tebal 2mm 805,000
Plat Galvanil Tebal 1.8mm 690,000
Plat Galvanil Tebal 3,0mm 1,838,000

Tips Membeli Plat Besi

  1. Mengenali Jenis Plat Besi

Sebelum melakukan pembelian, Anda harus mengetahui jenis plat besi yang sesuai dengan kebutuhan bangunan. Sebab, setiap jenis plat besi ditujukan untuk konstruksi yang berbeda. Berikut ini adalah jenis plat besi yang harus Anda ketahui:

  • Plat High Tensile

Plat besi high tensile adalah plat besi standar dengan ketahanan dan kekuatan yang cukup tinggi.  Jenis plat besi ini pada umumnya digunakan untuk konstruksi alat berat dan juga alat dalam industri mesin.

  • Plat Hardox

Plat hardox merupakan jenis plat besi yang mempunyai tingkat kekerasan mulai dari 380 HBW hingga 420 HBW. Tingkat kekerasan tersebut menandakan bahwa jenis plat yang satu ini cocok sekali jika digunakan pada lingkungan yang penuh dengan tekanan, abrasif, dan bisa digunakan dalam jangka panjang.

  • Plat Wear Abrex K400

Plat wear abrex k400 juga biasa disebut dengan plat tahan gesek karena memang memiliki sifat utama yang tahan terhadap gesekan. Maka tak heran jika plat ini dapat digunakan dalam segala kondisi dan tidak akan mudah mengalami kerusakan.

  • Corten Plat

Corten plat adalah jenis plat besi yang memiliki ketahanan terhadap korosi dan awet jika digunakan dalam jangka panjang.

  1. Memilih Ukuran Plat Besi Sesuai Kebutuhan

Jika Anda sudah memahami jenisnya, selanjutnya Anda harus paham berapakah ukuran plat besi yang Anda butuhkan. Ukuran plat besi dalam hal ini mencakup dimensi, ketebalan, diameter, dan sebagainya. Usahakan untuk memilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan konstruksi Anda. Sebab, jika kurang sesuai maka akan berdampak pada konstruksi bangunan.

  1. Hindari Harga yang Terlalu Murah

Penting untuk diingat bahwa harga yang murah bukan berarti murah. Namun, ada harga sudah pasti juga ada kualitas. Jika Anda ingin membeli plat besi dengan harga yang murah untuk menekan biaya konstruksi, maka jangan sampai lupa untuk memperhatikan masalah kualitasnya.

Baca juga: Harga Plat Stainless Steel

Itulah pembahasan secara lengkap yang dapat kami sampaikan mengenai plat besi galvanis, mulai dari pengertian, kelebihan, daftar harga terbaru, sampai dengan tips dalam memilihnya. Sebagai info tambahan, daftar harga yang kami sampaikan di atas tidak terikat dan bisa mengalami perubahan harga sewaktu-waktu.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *