Harga Dan Ukuran Plat Galvanis


Harga Dan Ukuran Plat Galvanis – Sebagian besar dari Anda terutama yang bekerja dalam bidang konstruksi tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya plat besi. Plat besi pada umumnya digunakan sebagai dasar bangunan yang bisa membuat konstruksi bangunan menjadi semakin kuat dan kokoh.



Biasanya jenis plat ini diaplikasikan dalam konstruksi bangunan bertingkat atau tatakan berbagai bahan bangunan. Seperti misalnya untuk konstruksi bangunan yang labil atau lembek. Selain itu, plat besi juga bisa digunakan untuk hal-hal lainnya seperti usaha las dan bahan dasar kendaraan.

Plat besi sendiri memiliki banyak sekali macam jenisnya yang tersedia di pasaran. Namun yang paling banyak digunakan adalah plat besi galvanis. Hal ini karena plat galvanis memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan jenis plat besi lainnya. Bahkan plat besi ini juga cocok sekali jika dijadikan sebagai bahan untuk outdoor.

Baca juga: Harga Besi Kanal C Galvanis

Pengertian Galvanis

Galvanis adalah suatu material seng atau zinc yang biasa digunakan sebagai pelapis baja murni, baja ringan, dan besi. Yang mana berguna untuk memberikan perlindungan secara lebih supaya material tersebut tidak mudah mengalami korosi atau perkaratan. Adapun untuk cara pelapisannya dilakukan dengan mencelupkan besi atau baja secara langsung pada seng cair. Tujuan utamanya tak lain untuk memberikan suatu perlindungan dan membuat material tersebut menjadi anti korosi. Jika tidak ada suatu lapisan maka elemen mudah untuk mengoksidasi dan efek korosi menjadi semakin cepat.

Dalam dunia konstruksi, pipa besi galvanis menjadi material bangunan yang paling favorit. Material ini seringkali digunakan untuk pembuatan pagar, railing balkon, dan juga pembuatan kanopi. Hal ini karena memiliki sifat yang kuat, awet, tahan banting, dan merupakan bahan yang anti pecah.



Sesuai dengan namanya, besi galvanis ini terbuat dari bahan campuran besi dengan seng. Kedua bahan ini memiliki peran sebagai zat kimia yang nantinya dijadikan sebagai bahan pelapis. Proses seperti ini biasa disebut dengan hot dip galvanized. Hal tersebut memiliki tujuan supaya besi yang sudah dicampur memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap segala macam korosi dan karatan. Dengan demikian besi memiliki sifat daya tahan yang jauh lebih kuat sehingga lebih awet dan mampu tahan lama di segala kondisi.

Kelebihan Plat Besi Galvanis

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas bahwa plat besi galvanis memiliki cukup banyak keunggulan. Sehingga cocok sekali jika dimanfaatkan di berbagai kondisi dan digunakan pada bangunan outdoor. Adapun keunggulan yang dimiliki oleh besi galvanis adalah sebagai berikut:

  1. Awet dan Tahan Lama

Besi galvanis selama ini dikenal sebagai material yang memiliki ketahanan cukup lama jika dibandingkan dengan jenis pipa besi yang lainnya. Bahkan besi yang satu ini mampu bertahan hingga 25 tahun lamanya pada bangunan yang berada di perkotaan. Sedangkan jika digunakan di area perkotaan, besi galvanis memiliki usia yang dua kali lebih lama atau mencapai 50 tahun lebih.





Leave a Reply

Your email address will not be published.