Pondasi Rollag Bata Untuk Rumah Tinggal


Pondasi Rollag Bata Untuk Rumah Tinggal – Pondasi memiliki peran yang sangat penting pada sebuah bangunan. Inilah yang menjadi alasan mengapa jenis pondasi bangunan harus disesuaikan dengan konstruksi yang ada di atasnya.



Pondasi secara umum terbagi dalam dua jenis, yaitu pondasi dangkal dan pondasi dalam. Pondasi dangkal ini sendiri memiliki banyak jenis, namun yang paling banyak digunakan untuk bangunan rumah adalah pondasi rollag bata.

Baca juga: Cara Menghitung Volume Pondasi Yang Benar

Nah, maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pondasi rollag data untuk rumah tinggal. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasan selengkapnya berikut ini:

Pengertian Pondasi Rollag Bata

Pondasi rollag data merupakan salah satu jenis pondasi dangkal yang banyak diaplikasikan untuk menahan beban pada bangunan. Namun jenis pondasi yang satu ini sudah mulai ditinggalkan. Alasannya tak lain karena harganya yang terbilang sangat mahal jika dibandingkan dengan jenis pondasi yang lainnya.

Baca juga: Cara Meningkat Rumah Tanpa Suntik Pondasi

Selain itu, pemasangannya membutuhkan waktu yang cukup lama dan tidak memiliki kekuatan yang bisa diandalkan. Namun meski demikian, pondasi ini masih tetap digunakan sebagai penopang beban ringan.



Rollag bata sebenarnya tidak hanya berfungsi untuk menyalurkan beban bangunan, namun juga sebagai penyeimbang antar posisi lantai supaya tidak mengalami amblas pada bagian ujung lantai.

Fungsi yang bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan sloof gantung. Hanya saja rollag bata tidak sekuat sloof gantung dan harganya juga tak semahal sloof gantung. Pondasi rolag bata dibuat dari tumpukan bata yang dikombinasikan dengan adukan beton.

Penting untuk diingat bahwa pemilih jenis pondasi bangunan harus disesuaikan dengan kondisi tanah supaya posisi pondasi menjadi stabil dan tidak mengalami penurunan bangunan yang memberikan bahaya bagi kekuatan struktur bangunan.

Baca juga: Cara Membuat Pondasi Cakar Ayam Beserta Gambarnya

Baca juga: Perbedaan Pondasi Bore Pile Dan Straus Pile

Pengaplikasian Pondasi Rollag Bata



Contoh pengaplikasian dari pondasi rollag ini adalah sebagai tatakan atau lapisan dasar dari lantai supaya lantai menjadi seimbang pada semua bagian termasuk pada ujung-ujung lantai dan untuk anak tangga yang hanya 3 sampai 5 anak tangga.

Selain itu, jenis pondasi yang satu ini banyak digunakan sebagai pembatas antara satu dengan area yang lainnya. Seperti misalnya sebagai pembatas taman dan area parkiran pada sebuah bangunan rumah. Bahkan juga bisa digunakan sebagai lapisan dasar teras rumah.



Leave a Reply

Your email address will not be published.