×

Mengenal Rabat Beton Dan Kegunaannya

Pengertian Dan Fungsi Rabat Beton – Beton merupakan salah satu material konstruksi yang memiliki banyak manfaat dan berperan penting dalam suatu bangunan. Material ini disebut sebagai bahan bangunan komposit yang dibuat dari kombinasi bahan agregat yang ada di dalamnya dengan pengikat semen.



Beton sering dimanfaatkan sebagai rangka penyangga yang memiliki kemampuan sangat kuat untuk bangunan berlantai lebih dari satu ataupun sebagai lantai pondasi. Bahan bangunan ini banyak digunakan di berbagai macam tempat yang dimana salah satunya disebut sebagai rabat beton.

Baca juga: Pengertian, Jenis Dan Harga Parapet

Apa itu Rabat Beton

Rabat beton atau yang disebut dengan lean concrete merupakan lapisan beton yang dibangun pada galian tanah. Rabat beton pada umumnya dibuat dari campuran semen, pasir, dan kerikil dengan menggunakan perbandingan 1:3:5. Terkadang mutu bahan-bahan penyusun rabat beton ini masih berada jauh di bawah standar. Seperti misalnya, ukuran pasir yang terlalu besar, pasir yang bercampur dengan tanah, atau air yang memiliki kandungan lumpur terlalu banyak. Sehingga untuk perbandingannya harus disesuaikan lagi.

Baca juga: Jenis Jenis Kategori Beton Dan Kegunaannya

Maka dari itu, sangat disarankan untuk menggunakan beton siap pakai (ready mix) yang berjenis K125 atau B0 karena memiliki mutu yang lebih bagus jika dibandingkan dengan beton yang dibuat secara manual. Rabat beton memang banyak digunakan dalam berbagai macam proyek konstruksi seperti pembangunan gedung, pembuatan jalan beton, dan lain sebagainya. Pembuatan beton ini harus disesuaikan dengan spesifikasi teknis yang telah diperhitungkan.



Leave a Comment