Mengenal Rabat Beton Dan Kegunaannya


Pengertian Dan Fungsi Rabat Beton – Beton merupakan salah satu material konstruksi yang memiliki banyak manfaat dan berperan penting dalam suatu bangunan. Material ini disebut sebagai bahan bangunan komposit yang dibuat dari kombinasi bahan agregat yang ada di dalamnya dengan pengikat semen.



Beton sering dimanfaatkan sebagai rangka penyangga yang memiliki kemampuan sangat kuat untuk bangunan berlantai lebih dari satu ataupun sebagai lantai pondasi. Bahan bangunan ini banyak digunakan di berbagai macam tempat yang dimana salah satunya disebut sebagai rabat beton.

Baca juga: Pengertian, Jenis Dan Harga Parapet

Apa itu Rabat Beton

Rabat beton atau yang disebut dengan lean concrete merupakan lapisan beton yang dibangun pada galian tanah. Rabat beton pada umumnya dibuat dari campuran semen, pasir, dan kerikil dengan menggunakan perbandingan 1:3:5. Terkadang mutu bahan-bahan penyusun rabat beton ini masih berada jauh di bawah standar. Seperti misalnya, ukuran pasir yang terlalu besar, pasir yang bercampur dengan tanah, atau air yang memiliki kandungan lumpur terlalu banyak. Sehingga untuk perbandingannya harus disesuaikan lagi.

Baca juga: Jenis Jenis Kategori Beton Dan Kegunaannya

Maka dari itu, sangat disarankan untuk menggunakan beton siap pakai (ready mix) yang berjenis K125 atau B0 karena memiliki mutu yang lebih bagus jika dibandingkan dengan beton yang dibuat secara manual. Rabat beton memang banyak digunakan dalam berbagai macam proyek konstruksi seperti pembangunan gedung, pembuatan jalan beton, dan lain sebagainya. Pembuatan beton ini harus disesuaikan dengan spesifikasi teknis yang telah diperhitungkan.

Sedangkan untuk perbedaan antara beton biasa dengan rabat beton ada pada campuran konsentrat dan semen dalam proses pembuatannya. Selain itu, perbedaannya juga terletak dari kualitasnya karena rabat beton memiliki kualitas yang lebih rendah dibandingkan beton biasa.



Fungsi Rabat Beton

Baca juga: Pengertian, Analisa Dan Fungsi Beton Tumbuk

Rabat beton dalam proyek konstruksi memiliki beberapa fungsi penting. Berikut ini adalah beberapa fungsinya yang paling umum dijumpai:

  1. Memudahkan Dalam Proses Pembuatan Cor Bangunan

Rabat beton memiliki fungsi utama yang memudahkan proses pembuatan cor pada suatu bangunan. Namun material ini tidak harus selalu ada dalam setiap konstruksi bangunan, karena tidak berpengaruh pada kualitas dari konstruksi bangunan yang ingin dibangun.

  1. Sebagai Landasan

Fungsi rabat beton yang selanjutnya sebagai landasan pada bangunan. Maka dari itu, jika ketebalannya hanya sekitar 5 cm dan memang mempunyai mutu yang kurang bagus.



  1. Proses Pengerjakan Konstruksi Bisa Berjalan Lebih Cepat

Rabat beton dalam proses pembangunan adalah untuk menjadikan proses pengerjaan bisa menjadi lebih cepat terutama saat kontur dan tekstur dari tanah pijakan pada bangunan tersebut becek atau kurang stabil.

  1. Meluruskan Permukaan Tanah

Fungsi rabat beton berikutnya adalah untuk meluruskan bagian permukaan tanah dari bangunan yang ingin dibangun. Pelurusan tersebut memang sangat dibutuhkan untuk bagian tanah pada bangunan yang  tidak teratur atau bergelombang sehingga akan memudahkan pekerjaan bagian lain yang ada diatasnya.

  1. Memudahkan Pembesian Tulangan Beton

Rabat beton pada suatu bangunan juga berfungsi untuk memudahkan pembesian tulangan beton. Jika rabat beton sudah mempunyai bagian permukaan yang lurus dan stabil maka setelah kering pembesian tulangan beton bisa dilakukan secara lebih mudah daripada rabat beton.

Baca juga: Analisa Pekerjaan Beton Mutu K175

Perhitungan Rabat Beton



Leave a Reply

Your email address will not be published.