Friday 18th of October 2024

Unik! Inovasi Terbaru Dalam Dunia Konstruksi, Pria Ini Membuat Rumah Dengan Cara Dipompa

Unik! Inovasi Terbaru Dalam Dunia Konstruksi, Pria Ini Membuat Rumah Dengan Cara Dipompa

--

Hargadepo.com - Inovasi terbaru dalam dunia konstruksi hadir melalui teknologi rumah beton tiup yang memungkinkan pembangunan rumah yang cepat, efisien, dan tahan terhadap bencana alam.

Dengan menggunakan balon tiup sebagai cetakan beton, teknologi ini menawarkan solusi hunian yang kuat, ramah lingkungan, dan lebih terjangkau, terutama untuk daerah-daerah yang rawan gempa.

Melansir concretehomes.com, sebuah inovasi baru dalam dunia konstruksi diperkenalkan oleh para peneliti di Amerika Serikat, yaitu rumah beton tiup. Teknologi ini memungkinkan pembangunan rumah dalam waktu yang jauh lebih cepat dibandingkan metode konvensional.

Baca juga: Banyak Disepelekan, Ini Alasan Penting Membangun Ruangan Sendiri Untuk Gudang di Rumah Baru

Baca juga: Karnaval Sound Horeg Kembali Makan Korban, Kaca Pecah Hingga Genteng Rumah Ambrol Jadi Sebuah Prestasi

Dilansir dari interestingengineering.com, dalam prosesnya, balon karet berukuran besar digunakan sebagai cetakan, kemudian diisi dengan campuran beton hingga mengeras dan membentuk struktur bangunan. Setelah beton mengering, balon tersebut dilepaskan, meninggalkan dinding beton yang kuat dan tahan lama.

Menurut designboom.com, teknologi konstruksi yang telah dipatenkan ini menawarkan penghematan biaya tenaga kerja di lapangan karena cetakan beton dibuat di pabrik, sehingga tidak ada limbah kayu.

Selain itu, perusahaan ini mengklaim bahwa prosesnya dua kali lebih cepat daripada metode konstruksi tradisional, karena struktur dapat dibentuk dalam hitungan menit dengan menggunakan pompa udara dan beton, bukan berbulan-bulan.

Source:

Update Terbaru

RELATED POST