Wednesday 23rd of October 2024

Keuntungan BIM Bagi Kontraktor Kecil, Lupakan Sejenak Tentang Budgeting

Keuntungan BIM Bagi Kontraktor Kecil, Lupakan Sejenak Tentang Budgeting

--

Hargadepo.com - Building Information Modeling (BIM) merupakan terobosan baru dalam bidang konstruksi, termasuk bagi kontraktor kecil. Inovasi modern ini membuat pengambilan keputusan menjadi lebih efektif, menghemat biaya dan waktu, pemantauan secara real-time, serta mampu bersaing dengan kompetitor.

Baca juga: Printer 3D Dalam Dunia Konstruksi, Kemajuan Teknologi di Depan Mata

Building Information Modeling (BIM) telah membawa angin segar bagi dunia konstruksi, tak terkecuali bagi para kontraktor kecil. BIM sendiri merupakan sebuah inovasi canggih dengan pendekatan kolaboratif dalam mendesain, membangun, dan mengelola proyek konstruksi dengan memanfaatkan model digital.

Berdasarkan Peraturan Menteri PUPR No.22/PRT/M/2018 tentang Pedoman Pembangunan Bangunan Gedung Negara yang menyatakan bahwa Bangunan Gedung Negara tidak sederhana dengan kriteria luas di atas 2.000 m2 dan di atas 2 lantai wajib menggunakan BIM. Atas dasar ini, kontraktor kecil harus mulai beradaptasi agar dapat mengembangkan usahanya.

Baca juga: Kegunaan dan Fungsi Cairan Aseton, Hati-Hati Harus Disimpan dalam Tangki Penyimpanan Khusus

Baca juga: Kegunaan T3 ISO Tank Container dalam Bidang Konstruksi, Anak Sipil Wajib Tahu

Dengan memanfaatkan BIM, kontraktor kecil bisa mendapatkan berbagai kemudahan, antara lain sebagai berikut.

Koordinasi Proyek Lebih Efektif

Keuntungan utama BIM bagi kontraktor kecil adalah kemampuannya untuk meningkatkan koordinasi antar tim proyek. BIM menghasilkan model digital di mana semua pihak dapat melihat gambaran keseluruhan proyek. Dengan demikian, kontraktor dapat mengidentifikasi dan menyelesaikan potensi kesalahan desain sebelum fase konstruksi dimulai.

Menghemat Waktu dan Biaya Operasional

Model digital yang dihasilkan oleh BIM membawa informasi yang akurat. Hal ini dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan dalam hal perencanaan logistik, pemilihan material, estimasi biaya yang lebih rinci, dan juga alokasi jadwal. Dengan BIM, kontraktor dapat menghemat waktu dan biaya dalam operasional.

Source:

Update Terbaru

RELATED POST