Cara Menghitung Ukuran PK AC Sesuai Kebutuhan


Cara Menghitung Ukuran PK AC Sesuai Kebutuhan – Pendingin ruangan atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Air Conditioning (AC) merupakan sebuah mesin yang dibuat secara khusus untuk menjaga kestabilan udara dan kelembaban pada suatu area. Elektronik yang satu ini pada umumnya banyak dijumpai dalam ruangan tertutup.



Saat membeli AC, hal penting yang harus diketahui adalah besaran ukuran PK AC. Jika salah dalam memilih PK AC untuk ruangan maka akan memberikan dampak yang merugikan. Seperti misalnya penggunaan AC dengan 1/2 PK jika dipasang pada ruangan yang terlalu luas maka ruangan tidak akan bisa dingin secara maksimal. Begitu pula sebaliknya jika Anda memilih AC dengan PK besar dan ditempatkan pada ruangan yang kecil maka akan membuat listrik menjadi boros.

Sebenarnya ada cara yang bisa digunakan untuk menghitung ukuran AC sesuai kebutuhan sehingga cocok untuk ditempatkan pada ruangan. Supaya lebih jelasnya silahkan langsung saja simak pembahasan berikut ini.

Baca juga: Harga AC 1 PK Berbagai Merk

Baca juga: Harga AC 1/2 PK Berbagai Merk

Perhitungan Ukuran PK AC

Sebelum membahas perhitungan, ada beberapa istilah penting pada AC yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • BTU/h atau British Thermal Unit per hour merupakan kekuatan daya pendingin AC. BTU digunakan untuk menyatakan kemampuan untuk mengurangi panas atau mendinginkan panas dengan luas dan kondisi tertentu dalam jangka waktu 1 jam.
  • Daya listrik (Watt), merupakan besarnya tenaga yang dibutuhkan saat AC dalam kondisi yang menyala.
  • PK kompresor. PK sendiri merupakan singkatan dari bahasa Belanda yaitu “Paarkdekracht” yang memiliki arti sebagai tenaga kuda. Sedangkan bahasa Inggrisnya adalah Horse Power atau yang biasa disingkat dengan HP. Dalam hal ini PK merupakan satuan daya yang ada pada kompresor AC, bukan daya pendingin AC.

Rumus perhitungannya adalah sebagai berikut:



Panjang (P) x Lebar (L) x 537 BTU/h

Kalkulasi tersebut diasumsikan bahwa tinggi ruangan sudah sesuai dengan standar tinggi yang ditentukan, yaitu sekitar 2,5 sampai 3 m.

Perhitungan tersebut juga tidak mempengaruhi faktor-faktor eksternal yang lainnya seperti jumlah orang dalam sebuah ruangan, seberapa sering pintu dibuka atau ditutup, dan lain sebagainya.

Baca juga: Harga AC 1/2 PK Teknologi Inverter

Baca juga: Cara Instalasi AC Split Dan Biasa Yang Benar

AC 1 PK Berapa BTU?

  • AC 1/2 PK itu 5.000 Btu/h
  • AC 3/4 PK itu 7.000 Btu/h
  • AC 1 PK itu 9.000 Btu/h
  • AC 1,5 PK itu 12.000 Btu/h
  • AC 2 PK itu 18.000 Btu/h
  • AC 2,5 PK itu 24.000 Btu/h

Butuh AC Berapa PK untuk Ruangan Kamar Berukuran 3×3 ?

Baca juga: Jarak Dan Panjang Pipa AC Yang Benar

Pertama hitung terlebih dahulu ukuran lebar dan panjang ruang kamar. Untuk melakukan pengukuran ini maka Anda bisa menggunakan meteran. Panjang kamar bisa dikalikan dengan lebar kamar untuk mendapatkan luasan kamar kamu.





Leave a Reply

Your email address will not be published.