Ukuran Batako Standar SNI


Ukuran Batako SNI – Saat membangun sebuah rumah, dinding mempunyai peranan yang terbilang sangat penting dan krusial. Tanpa adanya dinding tentunya bangunan yang Anda dirikan masih belum bisa dikatakan sebagai hunian yang layak. Dinding yang difungsikan sebagai struktural ataupun non struktural harus dibangun dengan rapi, kokoh, baik, dan kuat supaya nantinya tidak mudah mengalami kerusakan atau perlu dilakukan renovasi dalam jangka dekat.



Ada banyak sekali material yang bisa digunakan dalam pembangunan dinding. Salah satu material andalan yang dapat dipilih adalah batako. Batako sekarang ini sudah menggeser pamor bata merah, dan lebih banyak dipilih masyarakat. Hal ini karena batako lebih banyak menawarkan keunggulan dan cocok untuk digunakan di rumah-rumah modern. Nah, untuk mengenal lebih dekat mengenai material yang satu ini, berikut ini kami akan menjelaskan mengenai pengertian, jenis-jenis, ukuran, dan juga harga batako terbaru.

Baca juga: Harga Batu Bata Merah

Pengertian Batako

Batako merupakan sebuah batu bata padatan atau concrete brick yang dibuat dari campuran berbagai bahan seperti semen, kapur, pasir, dan kericak. Di Indonesia sendiri, istilah concrete biasa disebut sebagai beton, sehingga batako seringkali dianggap sama dengan bataton atau batu bata beton. Bahkan jika dilihat secara sekilas, batako memiliki tampilan yang hampir sama dengan paving block yang biasa digunakan sebagai material lantai atau jalan.

Pada umumnya batako merupakan bahan bangunan khusus dinding yang dibuat dari bahan campuran semen, pasir kasar, dan juga air. Bahan-bahan campuran tersebut digabung menjadi satu kemudian dipadatkan hingga akhirnya menghasilkan bentuk yang hampir sama dengan batu bata.

Namun proses pembuatan batako lebih mudah dibandingkan dengan bata merah. Dalam prosesnya, bata merah harus dibakar terlebih dahulu dalam suhu yang sangat tinggi. Sedangkan batako hanya tinggal dikeringkan di area terbuka dan teduh supaya tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

Jenis-Jenis Batako

Batako yang dijual di pasaran tersedia dalam beberapa jenis yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Supaya tidak salah dalam memilih, berikut ini kami akan jelaskan mengenai beberapa jenis batako yang dapat digunakan dalam pembangunan rumah atau berbagai hal yang lainnya.



  1. Batako Trass atau Putih

 

Batako trash merupakan salah satu jenis batako yang biasa disebut dengan bata cetak kapur trass atau batako kapur. Hal ini karena batako trass ini dibuat dari bahan campuran trass, batu kapur, dan juga air. Trass sendiri adalah jenis tanah yang memiliki warna putih atau putih sedikit kecoklatan yang berasal dari lapukan batu gunung merapi.

Cara pembuatan batako trass ini bisa tidak berbeda jauh dengan bata merah yaitu dibakar sampai bahannya menjadi mengeras supaya siap untuk digunakan. Maka tak heran jika jenis batako yang satu ini lebih dikenal dengan nama bata putih.



  1. Batako Semen atau Press

Sesuai dengan namanya, batako semen adalah sebuah batako yang dibuat dari bahan campuran antara semen dengan pasir. Jika dibandingkan dengan batako putih, batako semen mempunyai ukuran yang lebih bervariasi. Ciri khas dari batako semen adalah memiliki 2 atau 3 lubang di sisi batako yang dapat digunakan untuk memasukkan adukan pengikat.

Jenis batako ini juga mempunyai nama lain yaitu batako press. Batako semen masih dibedakan lagi menjadi 2 jenis, yaitu press mesin dan press tangan. Untuk ukuran batako semen yang dijual di pasaran umumnya mempunyai panjang sekitar 36 sampai 40 cm, tinggi 18 sampai 20 cm dengan tebal mulai dari 8 sampai dengan 10 cm.

  1. Batako Beton

Batako beton adalah jenis batako yang dibuat dari bahan campuran semen Portland (PC) atau semacamnya, pasir, atau dengan tanpa bahan tambahan yang lainnya, dicetak hingga sedemikian rupa sampai bisa memenuhi syarat dan bisa digunakan sebagai salah satu material dalam pembuatan dinding bangunan.

Berdasarkan proses pengerjaannya, terbagi dalam dua macam, yakni secara manual (dengan menggunakan tangan dan alat cetak) dan menggunakan mesin. Batako beton ini memiliki bentuk persegi  panjang dan biasanya digunakan dalam pembangunan dinding yang kaku.



  1. Batako Ringan

Biasa disebut dengan bata ringan, batako ringan ini mempunyai banyak kelebihan karena tidak terlalu berat dan dapat digunakan dalam berbagai macam model konstruksi. Jika dibandingkan dengan jenis batako yang lainnya, batako ringan mempunyai sifat yang tahan terhadap air sehingga sangat cocok sekali digunakan bagi Anda yang menginginkan rumah lebih hangat dan kuat. Untuk masalah harganya pun batako ringan juga terbilang cukup murah.

  1. Batako Partisi

Batako partisi adalah jenis batako yang memiliki fungsi khusus sebagai konstruksi dinding partisi. Bentuk batako ini hampir sama dengan balok pilar beton namun mempunyai ukuran tinggi yang lebih besar dari lebarnya. Lubang yang ada pada batako partisi umumnya terbagi menjadi 2 sampai dengan 3 komponen. Masing-masing tentunya mempunyai harga yang tidak sama.

Ukuran Batako Standar SNI



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *