Ukuran Standar Kitchen Set Yang Ideal


Ukuran Standar Kitchen Set Yang Ideal – Kitchen set merupakan salah satu perangkat dapur yang terdiri dari kabinet, kompor, bak cucian, dan meja untuk mengolah makanan. Perangkat dapur yang satu ini bersifat permanen dan menyatu dengan ruangan. Maka dari itu, ukuran kitchen set sebaiknya disesuaikan dengan luas dapur dan tinggi penghuninya supaya kegiatan memasak bisa menjadi nyaman.



Nah, berikut ini kami akan membahas mengenai ukuran standar kitchen set yang ideal berdasarkan beberapa aspek. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Ukuran Dan Harga Triplek Terbaru

Ukuran Standar Kitchen Set

  1. Ukuran Kitchen Set pada Area Kerja

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah ukuran area kerja.  Dalam hal ini penting sekali untuk menyiapkan ruang bebas antara counter (meja) satu dengan konter lainnya yang terletak secara berhadapan. Jarak ideal yang disarankan sekitar 80 cm sampai 115 cm.

Ukuran ini akan memudahkan Anda dalam mengambil barang yang terletak di bagian bawah atau menempatkan rak piring di lantai bawah yang mengharuskan Anda untuk membungkuk. Sedangkan untuk ukuran jarak antara meja satu dengan lainnya adalah sekitar 120 cm.

  1. Tinggi Meja Kitchen Set Ideal

Ketinggian ini merupakan ketinggian yang akan digunakan untuk melakukan berbagai macam kegiatan seperti mencuci piring, meracik dan memasak yang biasanya dilakukan pada meja dapur yang sudah dilengkapi kabinet bawah. Ketinggian yang harus diatur adalah sekitar 76 sampai 85 cm dari lantai atas.



Baca juga: Harga Triplek Melamin Pelapis Kayu

  1. Jarak Ideal Ketinggian Kitchen Set

Kitchen set umumnya dilengkapi dengan kabinet atas. Ketinggiannya juga harus diperhitungkan untuk memudahkan Anda saat mengambil barang. Adapun jarak yang paling ideal antara meja dengan bagian bawah kabinet atas adalah 85 sampai 110 cm supaya nyaman untuk digunakan.

  1. Lebar Meja dengan Struktur Kabinet

Salah satu hal penting yang juga harus diperhatikan adalah lebar meja dapur atau kabinet bawah. Kabinet bawah biasa digunakan sebagai tempat untuk meracik, memasak dan mencuci. Lebar meja dapur yang ideal sekitar 50 sampai 70 cm, dengan ukuran panjang 60 sampai 150 cm untuk kabinet bawah yang memiliki dua pintu dan tingginya sekitar 70 sampai 85 cm.

  1. Lebar Kabinet Atas

Lebar kabinet atas juga penting untuk diperhatikan. Adapun ukuran ideal yang digunakan di Indonesia adalah 35 sampai 50 cm. Sedangkan untuk ukuran standar Internasional sekitar 40 cm.



Leave a Reply

Your email address will not be published.