Jenis Produk WPC Kayu Komposit Plastik


Jenis Produk WPC Kayu Komposit Plastik – WPC adalah kepanjangan dari wood plastic composite, yang secara bahasa bisa diartikan sebagai komposit kayu plastik. Composite ini sendiri bisa diartikan sebagai bahan campuran. Jadi WPC merupakan bahan campuran antara kayu dengan plastik.



Produk WPC adalah salah satu jenis material baru yang disusun dari elemen kayu dengan elemen plastik yang kemudian dilebur (disatukan) hingga membentuk material baru. Fungsi utamanya adalah sebagai pengganti kayu konvesional dan merupakan trobosan inovasi di masa kini.

Baca juga: Cara Memasang Karpet Plastik Yang Rapi

Harga kayu  sendiri semakin lama sudah semakin mengalami peningkatan, dan bahkan dengan adanya eksploitasi penggunaan kayu juga akan membuat keberadaannya menjadi langka. Inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa diciptakan produk WPC. Produk WPC ini dibuat dari komposisi biji plastik HDPE 30%, 10% bahan kimia ramah lingkungan dan serbuk kayu 60%. Maka tak heran jika produk WPC memiliki kekuatan yang hampir menyerupai kayu asli.

WPC pada umumnya digunakan pada material lantai decking yang biasa dipasang pada bagian perimeter kolam renang. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, sekarang sudah banyak sekali bagian rumah dan lansekap yang menggunakan material WPC seperti plafond, lantai interior, kusen pintu, pagar dan penggunaan pada sisi jendela.

Sedangkan untuk masalah ukuran, WPC tersedia dalam ukuran 2440 mm x 1220 mm. Untuk ukuran ketebalan papannya sangat bervariasi, yaitu papan 5 mm, 6 mm, 7,5 mm, 11 mm, 12 mm, 17 mm, dan 18 mm.

Jenis-Jenis WPC (Kayu Komposit Plastik)

WPC terbagi dalam dua jenis, yaitu komposit hollow (WPCH) dan kayu komposit solid (WPCS). Berikut ini adalah sedikit pembahasan mengenai kedua jenis WPC tersebut:



  1. Wood Plastic Composit Hollow (WPCH)

Kayu ini dinamakan dengan hollow karena di dalam kayunya terdapat sebuah lubang yang hampir sama dengan besi hollow. Kayu yang satu ini biasa digunakan sebagai pagar halaman, atap gazebo dan lantai teras. Dengan menggunakan material kayu seperti ini maka dijamin tampilan rumah Anda akan nampak indah dan terkesan alami.

  1. Kayu Komposit Solid (WPCS)

Jenis WPC yang selanjutnya adalah kayu komposit solid atau yang biasa disebut dengan WPCS. WPC ini akan sangat cocok untuk digunakan pada dinding dan bisa menciptakan kesan minimalis pada suatu bangunan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *