Cara Menghitung Kebutuhan Besi Cakar Ayam


Menghitung Kebutuhan Besi Cakar Ayam – Rumah adalah sebuah tempat yang digunakan sebagai tempat berlindung bagi keluarga. Sebuah rumah yang kuat, kokoh dan juga tahan lama sudah pasti akan menjadi kebutuhan yang sangat esensial.



Untuk membangun rumah yang kokoh tentunya dibutuhkan rancangan struktur bangunan yang baik. Dengan demikian rumah nantinya tidak akan mudah hancur, keropos atau bahkan bobrok yang sudah pasti akan merugikan Anda.

Cara Menghitung Kebutuhan Besi Cakar Ayam

Salah satu hal paling penting yang harus diperhatikan saat dalam proses perancangan dan pembangunan rumah adalah bagian pondasi.  Bagian pondasi bisa diibaratkan sebagai tulang punggung di badan manusia, yang akan memberikan sokongan dan struktur pada tubuh.

Pondasi sendiri memiliki banyak sekali macamnya, ada pondasi tipe dangkal dan ada juga pondasi dalam. Untuk pondasi tipe dangkal umumnya dibuat dengan kedalaman yang rendah kurang lebih 1/3 dari panjang pondasi yang memiliki kedalaman 3 meter.

Baca juga: Cara Meningkat Rumah Tanpa Suntik Pondasi

Beberapa jenis pondasi yang sering dijumpai adalah pondasi tiang pancang, pondasi tapak, pondasi cakar ayam, pondasi piers, pondasi sumuran, dan masih banyak lagi jenis pondasi lainnya.

Bisa dibilang bahwa pondasi merupakan struktur kunci pada suatu bangunan. Pondasi akan menjadi penopang beban paling utama dari bangunan tersebut. Jadi jika struktur pondasi semakin baik dan kuat maka akan semakin kuat juga bangunannya.



Bisa Anda bayangkan apabila sebuah pondasi dibuat kurang teliti, maka rancangannya nanti akan menghasilkan bangunan yang sangat mudah roboh. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara menghitung kebutuhan besi cakar ayam untuk pondasi. Jenis pondasi yang akan kami disini adalah pondasi cakar ayam.

Pondasi cakar ayam yang kami bahas disini juga biasa disebut dengan pondasi footplat. Kebanyakan orang memang biasa menyebutnya sebagai pondasi cakar ayam. Dan pembahasan pada tulisan ini adalah pondasi khusus untuk rumah 2 lantai.

Ukuran Pondasi Footplat

Ukuran Pondasi Footplat

Sebelum membahas kebutuhan besi, Anda harus menentukan terlebih dahulu berapakah ukuran pondasi footplat yang ingin dibuat. Disini kami akan membahas secara singkat, untuk rumah 2 lantai yang sederhana atau berukuran kecil maka usahakan untuk menggunakan footplat yang memiliki ukuran paling minimal 70x70cm.



Sementara untuk rumah 2 lantai yang memiliki ukuran besar maka Anda bisa menggunakan footplat dengan ukuran paling minimal 100x100cm. Disamping itu, untuk ketinggian standar tapak pondasi cakar ayam untuk rumah dengan 2 lantai adalah 25cm.

Sekilas Memahami Gambar Footplat

Perlu Anda ketahui bahwa pondasi cakar ayam atau footplat ini dibuat dari beton bertulang. Nah, pada pembahasan disini adalah menghitung kebutuhan tulangan besinya. Tulangan besi ini umumnya terbungkus oleh beton. Dengan demikian, jika sudah di cor maka kita tidak akan bisa melihatnya dari luar.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *