Harga Kolom Praktis Sudah Jadi Bulan Juni 2019


Harga Besi Cor Rakitan – Saat ini banyak rumah-rumah atau bangunan yang memanfaatkan kolom praktis karena dianggap lebih kuat ketika menghadapi gempa. Jika anda ingin memasang kolom praktis tersebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Sebelum membahas mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan, terlebih dahulu kita ketahui apa itu kolom praktis. Kolom praktis pada bangunan adalah kolom yang biasanya dipakai untuk memperkuat bangunan. Kolom praktis diperlukan supaya tembok tidak rubuh saat terjadi gempa.

Kolom praktis adalah tiang struktur yang dibuat untuk memperkuat dinding bangunan. Cara peletakan kolom praktis ini dipengaruhi material yang dipakai. Dalam standar bangunan perumahan umumnya jarak kolom praktis sekitar 3 – 4 meter.

Fungsi kolom praktis pada suatu bangunan adalah untuk memperkuat dinding supaya tetap berdiri tegak. Berbeda dengan kolom struktur utama yang fungsinya untuk menopang balok dan lantai bangunan.

Dinding yang terbuat dari susunan batako atau bata biasanya tidak mempunyai kekuatan jika didorong oleh gaya melintang. Dan kolom praktis yang membantu memperkuat dinding dari gaya melintang. Dengan begitu dinding tidak mudah roboh jika didorong atau saat terjadi gempa.

Peletakan kolom praktis juga diaplikasikan untuk pojok ruangan. Hal tersebut lantaran pojok ruangan menjadi titik sambungan yang rawan. Maka dari itu diperlukan kolom praktis sehingga ruangan tetap kokoh.

Baca juga: Harga Besi Wiremesh

Lalu apa saja yang perlu diperhatikan saat ingin memasang kolom praktis?

Seperti perbandingan yang tepat antara panjang dan lebar sehingga akan saling terikat dan tidak kesalahan dalam pemasangan. Kemudian untuk pondasinya harus berada di tanah yang stabil dan keras dengan tujuan setelah terpasang nanti rumah menjadi lebih kokoh dan kuat.

Selain itu balok untuk pengikat pondasi juga harus sejajar supaya bobot bangunan bisa menyebar ke seluruh bangunan dan tidak hanya terpusat pada satu titik saja. Kemudian jarak antar balok juga harus teratur tanpa terputus karena dengan begitu balok dapat mengikat kolom praktis dengan baik melalui bantuan ring.

Misalnya saja dalam 12 meter persegi anda harus memberi rangka kolom dan batu bata yang disusun pada dinding harus terpasang dengan sistem rolak.

Harga Kolom Praktis Terbaru

No Ukuran(Meter) Harga
1 Kolom mm 6,4 (8sd) 8/12 O 6.35 x 3m Rp. 40.000/3m
2 Kolom mm 6,4 (8sd) 8/12 O 6.35 x4m Rp. 53.000/4m
3 Kolom mm 8 Full 8/15 O 6.20 x 3m Rp. 60.000/3m
4 Kolom mm 8 Full 8/15 O 6.20 x 4m Rp. 80.000/4m
5 Kolom mm 10 Full 8/15 O 6.20 x 3m Rp. 90.000/3m
6 Kolom mm 10 Full 8/15 O 6.20 x 4m Rp. 120.000/4m

Demikianlah tadi informasi yang sudah saya berikan tentang kolom praktis untuk bangunan beserta harganya, seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa setiap pemasangan kolom praktis harus sangat tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga : Cara Membuat Pondasi Cakar Ayam

Selain itu pemasangannya pun juga harus stabil sehingga saat rumah sudah dibangun maka akan lebih kuat terhadap gempa.

Source:

harga besi sloof yang sudah jadi 2017,harga besi cor yang sudah jadi,harga besi sloof yang sudah jadi,Harga besi pondasi tiang jadi,harga besi kolom praktis siap pakai,Harga besi kolom per kg,harga besi kolom,hara kolom praktis simantap panjang 6 meter,daftar harga besi yang sudah di rakit 3meter,Biaya membuat tiang cor rumah rp

Leave a Comment