Cara Membuat Pondasi Cakar Ayam Beserta Gambarnya


Gambar Pondasi Cakar Ayam – Dalam membuat rumah lantai dua dibutuhkan sebuah pondasi yang kuat dan salah satu yang tidak boleh ketinggalan adalah membuat rancangan tulangan besi pondasi cakar ayam. Dengan memakai rancangan atau desain ini rumah akan lebih kokoh sehingga nyaman untuk dihuni bersama keluarga karena tetap kuat saat terjadi gempa.

Pondasi cakar ayam pertama kali ditemukan oleh Prof. Ir. Sedyatmo Dr HC, salah satu tokoh insinyur sipil Indonesia. Gagasan pondasi cakar ayam ini berawal saat ia menjabat sebagai Direktur Konstruksi PLN. Saat itu PLN harus membangun jaringan listrik dari Ancol ke proyek Asian Games pada masa kepemimpinan Presiden Soekarno.

Pembangunan itu membuatnya harus mendirikan beberapa tiang listrik tegangan tinggi di Ancol. Hanya saja hal ini terkendala struktur tanah Ancol yang lembek. Pada akhirnya Sedyatmo mendapatkan inspirasi dari pohon kelapa tinggi yang dilihat di Pantai Cilincing.

Pohon ini berdiri tegak walaupun diterpa angin kencang. Setelah itu ia membuat rancangan pondasi yang memiliki bentuk seperti akar-akar. Akar tersebut terdiri dari beberapa pipa beton yang cukup panjang dan ditanam di dalam tanah.

Di atas pipa-pipa tersebut dipasang sebuah plat beton, sehingga pipa-pipa tersebut saling terhubung satu sama lain. Pipa itu lalu dihubungkan ke kerangka plat beton dengan baja pengait. Plat beton itulah yang menjadi landasan bagi tiang listrik itu.

Baca juga: Harga Kolom Praktis

Untuk membuat tulangan besi pondasi cakar ayam kita bisa melakukannya sendiri atau lebih mudah lagi juga dapat membeli yang sudah jadi, dari kedua pilihan tersebut tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun jika anda ingin memadukan keduanya bisa memilih membeli setengah jadi dari tukang kemudian diteruskan secara manual.

Untuk proses pembuatan rancangan pondasi rumah minimalis memakai tulangan besi pondasi cakar ayam ada 3 versi yang banyak dipilih oleh masyarakat dan disesuaikan kebutuhan serta kondisi lokasi pembuatan rumah, untuk itu sebelum membangun sebaiknya lakukan survei sederhana terlebih dahulu termasuk bertanya kepada tukang yang sedang anda kerjakan.

Harga dari tulangan besi pondasi cakar ayam tidaklah pasti karena tergantung ukuran dan juga besi yang dipilih, namun jenis besi yang sering dipakai adalah besi biasa atau besi mulus dan besi ulir. Kemudian untuk ukuran diameternya sendiri yang banyak dipakai yaitu berdiameter 80 cm x 80 cm Apabila anda ingin membuat tulangan besi pondasi cakar ayam melalui tukang harus memperhitungkan kisaran biaya yang anda keluarkan.

Apabila anda ingin memilihi pondasi tulangan cakar ayam yang lebih murah bisa memakai teknik tengah-tengahnya yaitu sebagian dikerjakan oleh tukang untuk bagian tapak pondasi lalu anda membuat tiang penyambung pondasi cakar ayam, dengan teknik tersebut pengeluaran yang anda butuhkan tidak terlalu besar.

 

Leave a Comment