Harga Atap Sirap Terbaru Juli 2019


Genteng Sirap – Di beberapa daerah seperti di Kalimantan sudah banyak yang memakai atap sirap atau genteng kayu ulin, berbeda dengan wilayah Jawa yang cenderung menggunakan genteng dari tanah liat.

Banyak yang menyukai penggunaan atap sirap karena terlihat lebih menarik, indah dan juga tahan lama Meskipun demikian harganya juga terbilang cukup mahal terutama jika anda berada di daerah Jawa mengingat kayu ulin rata-rata banyak diproduksi di Kalimantan.

Harga atap sirap sendiri tidak hanya dilihat dari bahan kayu nya saja namun juga dihitung dari biaya pemasangan dan juga pengiriman perlu. Anda ketahui bahwa pemasangan atap sirap tidak boleh dilakukan sembarangan tukang karena harus dilakukan oleh ahlinya, hal itu bertujuan supaya dalam pemasangan tersebut tidak terjadi kesalahan dan sesuai seperti keinginan pemilik rumah.

Baca juga: Biaya Membuat Gazebo

Penggunaan atap sirap memiliki banyak keuntungan seperti lebih ringan lebih tahan lama dan kuat menghadapi berbagai kondisi cuaca. Apabila anda ingin membeli atap sirap tersebut maka harus dalam bentuk paket dengan ketebalan yang bisa anda tentukan antara 1 sampai 2 mm dan 4 sampai 5 mm.

Harga Atap Sirap 

Kalau soal harga sendiri seperti yang sudah saya jelaskan diatas ditentukan oleh beberapa faktor namun rata-rata atap sirap dijual terikat. Dalam satu paket biasanya produsen menjual dengan harga Rp100.000 yang berisi 20 genteng sirap.

Jadi jika anda membutuhkan atau memiliki atap yang cukup luas maka setidaknya bisa menghabiskan 200-300 ikat atau apabila di hargai bisa mencapai 20 juta hingga 30 jutaan, namun harga tersebut juga masih belum dihitung biaya pemasangan dan sudah pasti bakal lebih mahal lagi.

Daftar Harga

  • 1 ikat Up = Rp 165.000,-
  • 100 ikat Up = Rp 160.000,-
  • 400 Ikat Up = Rp 155.000,-
  • 600 ikat Up = Rp 150.000,-
  • 800 Ikat Up = Rp 145.000,-

Biaya Pemasangan

  • Sistem 3 lapis = Rp 120.000,- / per m2
  • Sistem 4 lapis = Rp 150.000,- / per m2

Perlu dicatat, harga di atas bisa berbeda-beda antara toko satu dengan toko lainnya. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya untuk mengetahui harga pasaran.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Sirap

Kelebihan Atap Sirap

  1. Bobot atap sirap cukup ringan dibandingkan dengan jenis-jenis atap lainnya.
  2. Atap sirap bisa menangkal panas matahari dengan baik sehingga rumah terasa sejuk.
  3. Kayu ulin yang menjadi bahan atap ini memiliki daya tahan yang sangat bagus, bahkan usianya dapat mencapai puluhan tahun.
  4. Atap sirap menghadirkan nuansa yang alami pada hunian.
  5. Dapat meredam suara dengan baik, apalagi ketika sedang turun hujan.
  6. Merupakan atap yang tahan gempa karena susunan materialnya terpasang kuat sehingga tahan dari guncangan atau gesekan.
  7. Tampilan terlihat menarik, apalagi jika diaplikasikan pada bangunan-bangunan seperti penginapan.

Kekurangan Atap Sirap

  1. Pemasangan terbilang sulit dan memerlukan keahlian yang tinggi.
  2. Biaya pemasangan yang harus dikeluarkan, baik untuk pengadaan material maupun tenaga kerja pun terbilang mahal.
  3. Apabila proses pengeringan kayu sebagai bahan baku atap sirap belum sempurna, kayu-kayu yang sudah terpasang bisa melendut sehingga mengalami perubahan bentuk dan ukuran.
  4. Atap sirap harus terpasang dengan baik dan benar. Jika salah bisa terjadi masalah seperti kebocoran pada atap tersebut.

Baca juga : Harga Genteng Metal, Beton, Keramik, Dll

Demikian informasi yang sudah saya jelaskan tentang daftar harga atap sirap beserta biaya pemasangan semoga info tentang harga di atas bisa sedikit membantu Anda yang saat ini sedang berkeinginan memasang atap sirap.

Leave a Comment