Ukuran Triplek Dan Harga Triplek Terbaru Oktober 2021


Harga Multiplek – merupakan lembaran kayu berbentuk tipis yang biasa digunakan dalam pembangunan sebuah rumah. Triplek atau lebih lazim disebut Polywood ini dibuat menggunakan mesin khusus sehingga mampu memotong kayu dengan sangat tipis yaitu sekitar 4 mm sampai 12 mm saja tergantung dari kebutuhan.



Kemudian kayu-kayu yang sudah dipotong tersebut digabung menggunakan lem sehingga memiliki kualitas yang bagus. Harga triplek biasanya ditentukan oleh ukuran dan juga jenisnya. Ada beberapa jenis triplek untuk bahan bangunan yaitu triplek aluminium, triplek teakwood, triplek melamin, sengon dan polywood.

Triplek tersedia dalam berbagai ukuran dan jenis. Beberapa jenis-jenis triplek yang umum digunakan adalah triplek melamin, triplek teakwood, triplek alumunium, triplek sengon dan triplek polywood.

Dengan menggunakan triplek sebagai salah satu harga bahan bangunan memiliki kelebihan tersendiri karena memiliki banyak motif yang bisa disesuaikan dengan desain rumah yang sendang dibangun model modern ataupun minimalis.

Kelebihan Triplek

Kelebihan Triplek

Selain tersedia dalam berbagai macam motif yang dapat disesuaikan dengan desain rumah, masih ada banyak sekali kelebihan triplek yang lainnya. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh material triplek adalah sebagai berikut:



  • Selama ini material triplek menjadi produk olahan kayu yang sangat mudah untuk dibentuk jika dibandingkan dengan produk sejenis yang lainnya.
  • Proses pembuatan material triplek adalah dengan cara dipress sehingga mempunyai ketahanan yang cukup tinggi terhadap penyusutan sehingga untuk ukuran triplek nantinya juga tidak akan mudah berubah.
  • Triplek tersedia dalam berbagai macam ukuran dengan tingkat ketebalan yang berbeda-beda pula sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Material triplek memiliki struktur dan daya tekuk yang cukup kuat sehingga bisa diaplikasikan dalam bentuk apapun.
  • Khusus untuk masalah ukuran triplek sudah dibuat secara presisi. Sama halnya dengan bagian permukaannya yang sudah dibuat sangat halus.

Kekurangan Triplek

Kekurangan Triplek

Meskipun memiliki banyak sekali kelebihan, material triplek juga tak luput dari kekurangan. Adapun kekurangan yang dimiliki oleh material triplek adalah sebagai berikut:

  • Triplek tidak bisa digunakan dalam pembuatan furniture ataupun berbagai alat lainnya yang sifatnya luar ruangan.
  • Dilihat dari sisi ketebalan, triplek memiliki tingkat presisi yang kurang bagus karena munculnya gelombang.
  • Material triplek tidak mampu bertahan dalam jangka waktu cukup lama dari perubahan cuaca yang terjadi secara terus menerus, sekalipun dibuat dari bahan baku kayu yang keras dengan kualitas terbaik.
  • Agar bisa menghasilkan finishing material triplek yang bagus maka dibutuhkan tingkat ketelitian dan kejelian yang tinggi.

Baca juga : Harga Kitchen Set Minimalis Modern

Kriteria Kayu untuk Pembuatan Triplek

Kriteria Kayu untuk Pembuatan Triplek

Perlu anda ketahui bahwa tidak semua jenis kayu bisa dijadikan sebagai material pembuatan triplek. Setidaknya ada 3 syarat utama supaya kayu bisa dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan material triplek, yaitu:



  • Pertama, kayu harus memiliki bentuk bulat. Semakin bulat dengan sempurna bentuk kayu maka akan semakin baik untuk digunakan. Hal ini yang dijadikan sebagai bahan pertimbangan paling utama. Kayu yang semakin bulat memang akan semakin mudah untuk digunakan, sebab tidak akan membuang cukup banyak bagian kayu.
  • Kedua, kayu harus memiliki bentuk fisik yang lurus. Kayu yang memiliki bentuk fisik semakin lurus akan semakin memudahkan kita dalam proses penyayatan sehingga nantinya akan menghasilkan sayatan kayu bangunan yang presisi. Sama halnya mengapa kita harus memilih kayu bangunan yang memiliki tingkat kebulatan yang cukup baik.
  • Ketiga, persediaan kayu harus dalam skala besar. Inilah yang menjadi alasan utama mengapa bahan baku utama dalam pembuatan material triplek lebih banyak memanfaatkan jenis kayu yang mudah untuk dibudidayakan serta mempunyai masa panen yang pendek. Beberapa jenis kayu yang pada umumnya dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan material triplek adalah kayu sengon, kayu meranti, dan juga kayu jabon. Untuk kayu sengon dan kayu jabon jika dilihat dari fisiknya memang memiliki bentuk yang bulat dan lurus sehingga sering lebih banyak untuk digunakan.

Triplek Soft Wood

Untuk jenis triplek kayu lapis memiliki bahan lebih lunak dan sudah banyak digunakan oleh masyarakat terutama di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Harganya pun juga bervariasi tergantung dari ukuran triplek kayu tersebut. Lazimnya kayu yang digunakan adalah sengon dan angsana.

Albasia 122 x 244cm (berdasarkan ketebalan)

3mm Rp 52.000
4mm Rp 82.000
8mm Rp 87.000
9mm Rp 124.000
12mm Rp 155.000
15mm Rp 176.000
18mm Rp 167.500

Sengon 122 x 244cm (berdasarkan ketebalan)

3mm Rp 39.000
4mm Rp 49.000
8mm Rp 80.000
9mm Rp 90.000
12mm Rp 120.000
15mm Rp 150.000
18mm Rp 167.500

Triplek Hard Word

Sesuai namanya triplek ini memiliki permukaan keras karena terbuat dari pohon buah-buahan. Triplek jenis ini sering digunakan untuk pembuatan meja, kursi, papan pengecoran, lemari dan bakesting.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *