Harga Kayu Kaso, Balok, Kamper, Reng Dll Terbaru Mei 2022


Harga Kayu / Papan Kayu – Meskipun sekarang pembangunan sudah semakin modern namun tetap tidak terlepas dengan yang namanya kayu. Kayu merupakan salah satu bahan bangunan yang masih sangat vital karena digunakan dalam berbagai hal. Peran dari kayu sendiri akan menentukan kualitas dari bangunan tersebut jadi jangan heran jika anda ingin membangun sebuah rumah atau bangunan maka kayu harus tetap masuk dalam perhitungan.



Kayu bangunan

Kayu juga sering digunakan dalam pembuatan pondasi atau untuk kusen rumah, selai itu kayu juga masih menjadi alat yang paling penting di dalam rumah seperti perabotan rumah tangga, kursi, lemari, meja dan masih banyak lagi. Jadi meskipun zaman sudah semakin modern namun kayu masih sangat dibutuhkan.

Baca juga: Harga Kusen Dan Pintu Kayu Lengkap

Itulah sebabnya kayu akan tetap masuk dalam perancangan setiap pembangunan rumah dan di kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang daftar harga kayu secara lengkap baik dari kayu meranti, jati dan lain sebagainya. Harga kayu ditentukan oleh beberapa faktor seperti jenisnya dan juga fungsinya apakah itu kayu balok, usuk, reng, lembaran dan masih banyak lagi. Namun sebelum menyajikan harga kayu bangunan, saya akan membahas mengenai jenis-jenis kayu sebagai bahan bangunan terlebih dahulu. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Jenis-Jenis Kayu Sebagai Bahan Bangunan

  1. Kayu Jati

Kayu Jati

Seperti yang kita ketahui bahwa selama ini kayu jati sangat terkenal karena keindahan, kestabilan, dan juga kekuatannya. Kayu jati selalu dijadikan sebagai pilihan utama untuk material bangunan. Hal ini karena memang kayu jati memiliki banyak sekali kelebihan seperti anti jamur, anti rayap, dan serangga lainnya. Maka tak heran jika kayu jati banyak dicari dan memiliki harga yang sangat mahal.

  1. Kayu Kamper

Kayu Kamper



Kayu kamper memiliki aroma yang sangat khas sehingga diberi nama kayu kamper. Kayu ini memiliki kelebihan yang kuat terhadap serangga dan memiliki bobot yang lebih ringan jika dibandingkan dengan kayu jati. Bahkan harganya bisa dibilang sangat terjangkau dengan serat kayu yang halus dan terlihat indah. Pada umumnya kayu kamper dijadikan sebagai bahan utama untuk pembuatan pintu dan juga jendela dalam ukuran standar.

  1. Kayu Merbau

Kayu Merbau

Tekstur yang dimiliki kayu merbau sangat keras dan stabil sehingga sering dijadikan sebagai alternatif pengganti kayu jati. Jenis kayu bangunan yang satu ini cocok sekali untuk dijadikan penyangga ataupun tiang atap rumah. Kayu merbau ini  memiliki harga yang tergolong sangat mahal. Namun harga yang mahal tersebut sebanding dengan kualitasnya dan bahkan kayu merbau nyaris tidak mempunyai kelemahan. Kayu merbau umumnya di finishing dengan melamin yang berwarna gelap.



Leave a Reply

Your email address will not be published.