Harga Borongan Bangunan Per Meter Di Jakarta


Borongan Bangun Rumah – Dalam membangun sebuah rumah diperlukan tenaga konstruktor atau tukang yang sudah ahli supaya hasilnya bisa sempurna dan sesuai harapan si pemilik rumah.



Kontraktor merupakan suatu badan usaha atau perorangan yang membuat sebuah kontrak kerja kemudian melaksanakan suatu proyek pembangunan, fungsi dari kontraktor tidak hanya untuk membangun saja namun juga memilih tukang borongan yang bisa diajak untuk bekerja sama.

Di setiap daerah harga borongan pembangunan rumah biasanya dihitung per m2 termasuk di kota-kota besar seperti Jakarta, biaya menghitung bangunan rumah terlebih dahulu dilakukan kesepakatan antara kedua pihak yaitu kontraktor dan pemborong, jadi dengan demikian diharapkan bisa terwujud sebuah kerjasama yang saling menguntungkan.

Selain menentukan pemborong ada juga harus memperhitungkan pengeluaran saat ingin membeli bahan-bahan bangunan, jangan sampai bahan bangunan tersebut habis sehingga banyak pekerja yang menganggur dan itu tentu saja merugikan anda sendiri karena sudah keluar uang banyak untuk membayar mereka.

Tips Memilih Tukang Borongan Bangunan

Ada beberapa tips saat Anda hendak memilih tukang borongan bangunan, di antaranya:

  • Jenis pekerjaan. Jika Anda hendak memperbaiki rumah dalam skala kecil, maka harga satuan pekerjaan tukang akan lebih terjangkau. Borongan direkomendasikan untuk mendirikan bangunan atau renovasi yang cukup luas.
  • Kontrak tertulis. Hal ini diperlukan agar semua pihak bertanggungjawab terhadap proyek yang hendak dikerjakan.
  • Memakai jasa kontraktor. Jika tidak ingin repot, jasa kontraktor bisa jadi pilihan. Anda tidak perlu melakukan pengawasan lantaran ada mandor yang bertugas di lapangan. Selain itu harga borongan bangunan juga lebih kompetitif dan bisa selesai tepat waktu.
  • Track record tukang bangunan. Untuk mendapat kualitas yang baik, maka kita perlu mengetahui bagaimana kinerja tukang bangunan. Hal ini bisa kita ketahui dari orang yang pernah memanfaatkan jasa mereka. Selain itu tanyakan pula pengalaman yang dimiliki tukang bangunan.

Biaya borongan bangunan yang lazim ditemui terbagi menjadi 2 tipe, yaitu material dan non material. Jika Anda ingin membeli perlengkapan sendiri, maka pakai tenaga borong saja. Biayanya akan lebih hemat dibandingkan tukang borongan plus material. Hanya saja jika tidak ingin repot dan memperoleh hasil yang bersih, serahkan semua keperluan bangunan kepada tukang borongan tersebut.



Baca juga: Cara Menghitung Volume Cor Beton

Di kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang daftar harga borongan per m² :



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *