Harga Borongan Pasang Keramik Per Meter


Harga Borongan Pasang Keramik – Dalam pembangunan sebuah rumah, ada beberapa tahapan yang harus dipersiapkan. Pemilik rumah pada umumnya sudah pasti ingin memiliki hunian yang nyaman dan mewah, namun tetap menekan budget yang harus dikeluarkan.



Adapun salah satu solusi yang tepat adalah menggunakan jasa borongan dalam pemasangan tiap material yang digunakan dalam pembangunan rumah.

Sekarang ini terutama di kota-kota besar sudah banyak sekali jasa borongan pasang keramik ataupun borongan rumah. Harganya sendiri tergantung dari jenis dan juga ukuran keramik. Disamping itu, budget yang harus dikeluarkan untuk pemasangan keramik dinding tentu berbeda dengan pemasangan keramik lantai. Untuk lebih jelasnya, kami disini akan berikan info mengenai harga borongan pasang keramik per meter.

Baca juga: Cara Memasang Keramik Yang Cepat Dan Presisi

Tahapan dalam Pembangunan Rumah

Sebelum membahas harga borongannya, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai tahapan dalam pembangunan rumah supaya struktur yang digunakan nantinya bisa tertata dengan rapi.

Mempekerjakan tukang bangunan rumah dengan cara borongan memang banyak diminati. Selain dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan, pekerjaan pun akan lebih cepat selesai. Berikut ini adalah beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam pembangunan rumah:



  1. Pekerjaan Awal

Pekerjaan awal dalam pembangunan rumah dimulai dengan cara menentukan posisi bangunan pada batas dan blok  sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Setelah itu, tukang akan langsung menentukan titik-titik yang ingin digunakan sebagai pagar pembatas antar sebuah ruangan dengan ruangan yang lainnya. Selain itu, juga akan dilakukan penggalian untuk dapat menentukan kedalaman pondasi yang ingin digunakan selama pengerjaan rumah.

  1. Pembangunan Pondasi

Pada proses pembangunan pondasi khususnya dalam membangun dinding rumah akan dijadikan sebagai tolak ukur dalam menghitung harga borongan pasang keramik per meter sesuai dengan lebar dinding bangunan itu sendiri. Pondasi juga menjadi rangkaian dalam pembuatan bangunan yang harus mempertimbangkan urugan pasir  dengan ukuran ketebalan yang mencapai 10 meter persegi.

  1. Pengerjaan Struktur Bangunan

Item yang paling penting dalam pengerjaan struktur bangunan adalah pengerjaan sloof (penataan beton bertulang mendatar yang ditempatkan di bagian atas pondasi), dimana untuk aturan perhitungannya yaitu panjang total sloof x tinggi x lebar = satuan meter persegi kubik.

Dengan menggunakan perhitungan tersebut, maka bangunan atau rumah akan mendapat tatanan tiang tegak lurus yang dapat memudahkan dalam pembangunan pondasi.



  1. Pengerjaan Dinding Bangunan

Pengerjaan dinding bangunan sangat berkaitan dengan jumlah batu bata. Untuk menghitung kebutuhan bata dapat dilakukan dengan cara mengkalikan keliling dinding dan tinggi bangunan, lalu dikurangi dengan luas daun jendela dan pintu yang menjadi penghubung. Disamping itu, penggunaan batako ataupun hebel ternyata juga dapat mempengaruhi jumlah kebutuhan material yang ingin digunakan.



Leave a Reply

Your email address will not be published.