Lapangan Futsal Semi Indoor Dan Outdoor


Lapangan Futsal Semi Indoor Dan Outdoor – Futsal merupakan salah satu olahraga yang digemari oleh beberapa orang, terutama golongan pria. Selain sangat menyehatkan, olahraga futsal juga terbilang sangat seru. Inilah yang menjadikan futsal sebagai salah satu olahraga favorit, baik di golongan anak muda ataupun dewasa.



Maka dari itu, tak heran jika sekarang ini sudah banyak dibangun tempat lapangan futsal. Usaha ini memang sedang populer dan banyak diminati oleh para pebisnis. Namun meski demikian ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memulai usaha sewa lapangan futsal.

Salah satunya adalah estimasi modal awal lapangan futsal yang dibutuhkan. Penting sekali untuk melakukan persiapan, mengalkulasi modal, dan keuntungan yang direncanakan. Karena memang pada dasarnya setiap usaha harus memiliki perhitungan yang matang.

Baca juga: Menghitung Biaya Konstruksi Baja Per m2

Jenis-Jenis Lapangan Futsal

Sebelum membahas lebih jauh, penting sekali untuk mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangan lapangan futsal. Dengan mengetahui jenis-jenisnya maka Anda bisa memilih jenis lapangan futsal yang awet dan sesuai dengan kebutuhan.

  1. Lapangan Futsal Vinyl

Jenis lapangan futsal yang pertama dan banyak diminati sekarang ini adalah vinyl. Lapangan futsal ini dibuat dari karet yang memiliki bagian permukaan sangat lembut.



Kelebihan:

  • Bola bisa meluncur dengan lancar karena vinyl memiliki tingkat kerataan yang sangat baik
  • Aman ketika terjatuh karena bahannya yang cukup empuk
  • Memiliki daya cengkeram yang cukup baik bagi sepatu dengan sol karet

Kekurangan:

  • Beberapa bagiannya sangat rentan terlebih jika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga akan membuat lapangan tidak rata
  • Dapat menyebabkan terjadinya cedera pinggul dan paha atas bagi pemain yang sedang melakukan rush
  1. Lapangan Futsal Rumput Sintetis

Selain vinyl, rumput sintetis juga menjadi salah satu jenis lapangan futsal yang banyak digandrungi oleh para penggemar futsal. Lapangan futsal yang satu ini hampir sama dengan rumput asli.



Kelebihan:

  • Aman saat ada yang terjatuh karena dibuat dari bahan yang empuk
  • Bola lebih mudah untuk dikuasai karena laju bola yang tidak begitu cepat

Kekurangan:

  • Untuk bermain olahraga futsal di lapangan rumput sintetis diharuskan untuk menggunakan sepatu khusus
  • Rentan membuat kulit mengalami luka atau lecet saat terjatuh
  • Lebih cocok jika digunakan sebagai lapangan indoor soccer

Baca juga: Harga Lantai Kayu Per Meter

  1. Lapangan Futsal Parquette

Jenis lapangan futsal yang selanjutnya adalah parquette, dimana lapangan futsal ini tidak begitu populer di Indonesia. Meski demikian, lapangan futsal parquette banyak digunakan di beberapa negara lain seperti Eropa dan juga Amerika Latin.

Kelebihan:

  • Memiliki bagian permukaan yang paling kesat jika dibandingkan dengan jenis lapangan lain
  • Memiliki tingkat kerataan yang sangat baik

Kekurangan:



  • Memiliki bagian permukaan yang keras karena dibuat dari bahan kayu
  • Mudah mengalami rusak karena faktor cuaca dan kelembaban
  • Bisa membahayakan bagi kiper saat bagian permukaan kayunya sudah mengalami rusak
  1. Lapangan Futsal Traflex

Lapangan futsal traflex merupakan jenis lapangan futsal yang dibuat dari plasti yang paling kesat sehingga nyaman jika digunakan.

  • Memiliki tingkat kerataan yang cukup baik dan bahkan bisa mencapai 75%
  • Bagian permukaan lapangan futsal yang tidak licin sehingga aman digunakan meskipun pemain berlari kencang

Kekurangan

  • Meskipun permukaannya tidak licin, tetapi ada beberapa titik yang tidak rata akibat bagian permukaan yang sudah terlepas.

Ukuran Lapangan Futsal

Luas lapangan futsal dapat dibedakan melalui tipe lapangannya. Ada dua tipe lapangan futsal yang dibedakan berdasarkan ukuran panjang dan lebarnya, yaitu lapangan futsal standar nasional dan lapangan futsal mini.

Untuk ukuran lapangan futsal standar nasional, biasanya memiliki ukuran pajang mencapai 38 atau 42 meter dengan lebar lapangan yang bisa mencapai sekitar 18 atau 25 meter. Sementara lapangan futsal mini memiliki panjang ukuran sekitar 24 atau 42 meter dengan lebar lapangan yang mencapai 15 atau 22 meter.

Baca juga: Harga Konstruksi Baja WF Per Meter

Ukuran Gawang Futsal

Selain ukuran lapangan, Anda juga harus memperhatikan ukuran gawang lapangan futsal. Gawang futsal tentunya memiliki ukuran yang berbeda jauh jika dibandingkan  dengan ukuran gawang sepak bola biasa. Adapun untuk ukuran jarak antara kedua tiang gawang yaitu sekitar 3 meter yang diukur mulai dari bagian dalam tiang.

Sedangkan untuk jarak dari tiang palang ke lantar yaitu sekitar 2 meter, yang dimana diukur mulai dari tiang horizontal bagian dalam sampai dengan ke bagian permukaan lantai. Ketebalan tiang gawang setidaknya harus memiliki diameter 8 cm dengan kedalaman gawang sekitar 100 cm di bagian bawah dan 80 cm di bagian atas.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan untuk Kebutuhan Biaya Bangun Lapangan Futsal



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *