Harga Triplek Melamin Pelapis Kayu


Harga Triplek Melamin – Triplek merupakan salah satu material bangunan yang selalu dibutuhkan dalam pembangunan gedung maupun rumah. Selain digunakan dalam konstruksi bangunan, triplek juga sering digunakan dalam pembuatan berbagai macam perabotan rumah tangga seperti lemari, laci, meja,  kitchen set  dan lain sebagainya.



Ada banyak sekali jenis triplek yang tersedia di berbagai toko bangunan di Indonesia. Harga yang dijual pun juga sangat bervariasi tergantung dari jenis dan ukurannya. Dari sekian banyaknya jenis triplek, yang paling banyak dicari dan dibutuhkan untuk berbagai keperluan adalah triplek melamin.

Pada artikel kali ini kami akan jelaskan mengenai triplek melamin secara lengkap mulai dari pengertian, fungsi, kelebihan, sampai dengan daftar harganya yang bisa dijadikan sebagai acuan sebelum membeli. Berikut di bawah ini ulasan selengkapnya.

Baca juga: Harga Triplek Kayu Terbaru

Pengertian Triplek Melamin

Triplek melamin atau yang biasa disebut dengan decorative plywood merupakan sebuah triplek yang bagian permukaannya dilapisi dengan melamin dan polyester. Bahan tersebut kemudian diberikan dengan tambahan warna sehingga memiliki tampilan yang semakin menarik.

Melamin yang tersedia di pasaran sekarang ini adalah melamin yang memiliki warna putih, hijau muda, biru muda, cream, dan juga merah muda. Namun meski demikian, jika Anda ingin mendapatkan warna-warna lainnya maka langsung memesan secara khusus atau custom. Untuk ukuran standar ketebalan yang dimiliki oleh triplek melamin adalah 2 mm dan 3 mm.



Kegunaan Triplek Melamin

Material triplek yang satu ini memang dikenal sebagai triplek fancy, dimana bisa digunakan untuk membuat berbagai peralatan rumah tangga sekaligus sebagai dekorasi bangunan. Berikut ini adalah beberapa kegunaan yang bisa dimanfaatkan dari penggunaan triplek melamin:

  • Triplek melamin dapat digunakan sebagai material atap plafon karena memiliki kekuatan yang cukup baik sehingga bisa difungsikan sebagai salah satu material untuk atap rumah yangawet.
  • Triplek melamin juga dapat digunakan untuk daun pintu karena memiliki beragam warna dan ukuran ketebalan yang bisa dipilih sesuai dengan keperluan.
  • Triplek melamin dapat digunakan sebagai pelapis bagian dalam ataupun belakang lemari atau laci seperti pada jenis triplek yang lainnya.
  • Triplek melamin juga bisa digunakan untuk pembuatan whiteboard dengan bagian permukaan yang licin dan tampak elegen.
  • Biasa digunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan kitchen set karena bisa memberikan hasil yang terlihat sangatcantik.
  • Triplek melamin juga dapat dimanfaatkan sebagai tatakan pisau di dapur.

Baca juga: Harga Partisi Ruangan Kantor Per Meter

Kelebihan Triplek Melamin

Penggunaan triplek melamin kini lebih banyak dipilih dibanding triplek kayu biasa. Hal ini karena triplek melamin menawarkan banyak kelebihan, diantaranya:

  1. Harga Terjangkau

Kelebihan utama dari triplek melamin adalah harganya yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jenis triplek yang lainnya. Namun harganya sangat ditentukan oleh ukuran dan juga ketebalannya. Semakin besar ukuran triplek melamin yang dibutuhkan, maka harganya juga akan semakin tinggi.



  1. Permukaan yang Halus

Dilihat dari bentuk fisiknya, triplek melamin mempunyai bagian permukaan yang lebih halus dan licin. Hal tersebut tentu jauh berbeda dengan triplek kayu lainnya yang kasar dan memiliki serat. Karena memiliki bagian permukaan yang halus, maka tripleks melamin sangat mudah dibersihkan saat terkena noda.

Anda bisa mengelapnya dengan mudah menggunakan tekstil dapur basah tanpa perlu khawatir jika lembaran kayunya nanti akan menjadi lembab ataupun mudah rapuh. Jenis tripleks yang satu ini juga cocok untuk diletakkan di ruang dapur yang mudah kotor.

  1. Warna yang Awet

Tripleks melamin memang memiliki bagian permukaaan halus sehingga hal ini juga akan membuat proses finishing menjadi semakin mudah. Pemberian warna akan nampak lebih rapi karena sama sekali tidak ada rongga-rongga cat. Hasilnya, warna yang ada pada material triplek ini mampu bertahan cukup lama bahkan hingga bertahun-tahun.

  1. Proses Penggunaan yang Tidak Rumit

Ketika menggunakan tripleks kayu biasa, Anda diharuskan untuk mendempul serta mengamplas bagian permukaan dan pinggirannnya lebih dulu. Hal tersebut tentu akan memakan banyak waktu dan juga tenaga. Berbeda halnya jika Anda lebih memilih untuk menggunakan triplek melamin karena tidak perlu mendempul ataupun mengamplasnya lagi.

  1. Tidak Mudah Mengalami Lapuk

Triplek melamin memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan triplek kayu pada umumnya. Maka tak heran jika triplek melamin tidak akan mudah mengalami lapuk. Kelebihan ini dikarenakan proses pembuatannnya yang menggunakan plywood kemudian diberi lapisan melamin. Rongga dan serat kayu dipastikan akan tertutup rapat sehingga  rayap pun akan kesulitan untuk menembus, bahkan perubahan cuaca juga tidak akan berpengaruh terhadap material triplek ini.

  1. Tersedia dalam Beragam Warna

Triplek kayu umumnya hanya tersedia dalam satu warna saja, yakni warna kayu itu sendiri. Selain itu, juga sangat jarang dilapisi oleh cat karena tidak sudah pasti tidak akan bisa memberikan hasil yang terlihat bagus dan bahkan berongga. Jika Anda menginginkan material triplek yang tersedia dalam beragam warna maka penggunaan triplek melamin merupakan pilihan yang tepat.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *