Model Berugak Lombok (Gazebo Kayu)


Berugak Lombok (Gazebo Kayu) – Bagi Anda yang memiliki sebuah taman berukuran besar, baik itu di depan, samping, ataupun belakang rumah maka Anda bisa menambahkan dekorasi untuk memperindah tampilan taman. Ada banyak sekali dekorasi yang dapat dipilih, salah satunya adalah gazebo atau bangunan kecil yang biasa ditempatkan di luar rumah.



Masyarakat Indonesia sendiri mempunyai penamaan yang sangat beragam mengenai dekorasi taman ini. Ada yang menamakannya dengan saung, berugak, dan lain sebagainya. Berugak umumnya dibuat dari kayu, namun tak jarang ada juga yang dibuat dari bambu atau bahan yang lainnya.

Sedangkan untuk masalah desain berugak bisa Anda sesuaikan dengan desain taman. Hal ini bertujuan supaya ada keselarasan desain. Bentuknya sendiri juga beragam, Anda bisa memilih desain dengan bentuk kotak, persegi panjang, dan lain sebagainya.

Berbicara tentang berugak, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai berugak lombok beserta daftar harganya. Berugak lombok sendiri sedang populer dan tidak hanya digunakan oleh masyarakat di Lombok saja, namun sudah menyebar di seluruh negeri. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Harga Gazebo Bambu Minimalis

Mengenal Berugak Lombok

Berugak Lombok merupakan salah satu bangunan khas yang dimiliki oleh masyarakat di lombok. Bangunan ini umumnya memiliki bentuk persegi atau persegi panjang dengan bagian atap alang-alang (ilalang), lantai dibuat dari bahan kayu dan mempunyai tiang empat kutub (sekepat) atau enam tiang (sekenam). Bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan berugak adalah kayu mahoni, kayu nangka dan kayu kelapa. Dalam pembuatannya, kayu tersebut digabung menjadi satu tanpa menggunakan paku sama sekali. Meskipun demikian, bangunan berugak tetap bisa berdiri dengan kokoh.



Berugak menjadi salah satu bagian yang tak dapat terpisahkan dari rumah tradisional lombok sejak abad ke 17 sampai sekarang ini. Berugak berkaitan dengan sangkep panjang, yang memiliki arti musyawarah.  Bahkan berugak juga dijadikan sebagai tempat untuk musyawarah yang membahas tentang masalah agama setelah masjid.

Menurut pemahamanan adat, keputusan yang telah diambil pada pertemuan yang dilaksanakan di berugak harus dihormati. Jika tidak maka berarti telah melakukan pelanggaran sehingga nantinya akan diberikan sanksi adat.

Fungsi Berugak Lombok

Berugak memang menjadi bangunan yang paling dibutuhkan oleh masyarakat Bayan, terutama bagi masyarakat adat. Hal ini karena berugak memiliki banyak fungsi penting. Salah satu fungsi berugak yang paling utama adalah sebagai tempat untuk menerima tamu, sebab dalam komunitas adat tidak diperkenankan untuk menerima tamu di dalam rumah.



Selain itu, berugak juga memiliki fungsi sebagai tempat untuk melakukan ritual adat dan tempat untuk melaksanakan musyawarah atau gundem. Bahkan berugak juga memegang peran yang sangat penting dalam kehidupan sosial di lombok yang dimana biasa digunakan untuk melakukan kegiatan sehari-hari seperti berdoa, meditasi, relaksasi umum, makan, dan bersosialisasi.

Bisa dikatakan bahwa berugak dapat mencerminkan sifat yang terbuka, ramah dan inklusifh orang Lombok. Sebab, siapa saja yang menggunakan bangunan ini terutama di luar rumah tanpa adanya tembok, bisa dilihat dengan jelas oleh orang lain dari berbagai arah.

Baca juga: Harga Rumah Lumbung Kayu

Jenis-Jenis Berugak Lombok Sesuai Dengan Fungsinya

Dalam kampu Bayan Timur Desa Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara ada 4 jenis berugak. Setiap jenis berugak tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda, yaitu :

  1. Berugak Agung

Berugak agung merupakan jenis berugak yang biasa digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan gundem atau memutuskan pekara-pekara. Selain itu berugak agung juga digunakan untuk mengadakan perjamuan serta tempat untuk menobatkan para prusa atau pengemban adat bayan. Bahkan di acara Gawe Beleq, jenis berugak yang satu ini juga digunakan untuk memajang berupa acara khusus gawe beleq.

  1. Berugak Jangan

Jenis berugak yang kedua adalah berugak jangan. Berugak jangan ini merupakan jenis berugak yang biasa digunakan sebagai tempat untuk mempersiapkan berbagai hidangan saat acara perjamuan di selenggarakan. Penjabat adat yang memiliki tugas untuk mengurus tempat yang satu ini disebut dengan aman jangan.



  1. Dua Berugak Temue atau Tamu

Jenis berugak yang terakhir adalah berugak temue atau yang juga biasa disebut dengan berugak tamu. Berugak ini memiliki fungsi sebagai tempat khusus untuk menerima tamu undangan, dimana selanjutnya para tamu undangan bisa langsung menikmati hidangan yang telah disajikan dalam berugak.

Dari sini bisa kita lihat ada 3 jenis bangunan berugak. Bangunan ini memang hampir ada di setiap rumah. Berugak sebenarnya tidak hanya bisa digunakan oleh rumah adat saja. Namun juga bisa digunakan di rumah biasa atau rumah yang bukan merupakan rumah adat.

Baca juga: Harga Atap Sirap

Model Berugak Lombok Terbaru

Harga Berugak Lombok Terbaru 2021



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *