Cara Menghitung Volume Cor Beton Yang Benar

Wednesday, June 14th, 2017 - Tips

Selamat datang di situs kita yang menyajikan berbagai macam informasi berkaitan dengan perkembangan harga property yang selalu up to date, Cara Menghitung Volume Cor Beton Yang Benar.

Perhitungan Beton – Apabila anda sedang melakukan pembangunan dengan pengecoran maka kita harus bisa mengetahui berapa banyak kebutuhan bahan bangunan tersebut. Nah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan teknik cara menghitung kubikasi cor beton, dengan begitu anda bisa memprediksi berapa banyak kebutuhan yang harus dibeli.

Silahkan anda simak gambar beserta cara menghitung proses pencampuran cor beton yang akan saya berikan dibawah ini, semoga informasi tersebut bisa membantu anda untuk menentukan berapa banyak kebutuhan cor beton dalam proses pengelompokan, dengan begitu anda tidak perlu khawatir apabila kekurangan atau kelebihan yang tentu saja justru merepotkan jika sampai terjadi.

Kita ambil contoh misalnya apabila Anda ingin menyiapkan plat lantai dak beton atap rumah persegi panjang ukuran 10 x 16 meter dengan ketebalan plat 12 cm maka ketika anda ingin mengecor dengan bentuk ready mix dan jika satu truk mixer dapat mengangkut hingga 5 m3 beton berapa banyak truk beton yang harus disiapkan? berikut hitung-hitungan secara detailnya :

Menentukan berapa truck mixer beton yang dibutuhkan ?

Kita hitung soal diatas :

  • Volume plat lantai = 10 m x 16 m x 0,12 m = 19,2 m³
  • Angka keamanan/ safety factor / wise kita buat 2,5 % x 19,2 m³ = 0,48 m³ (ini dimaksudkan sebagai cadangan ketika terjadi kekurangan akibat kejadian tidak terduga seperti tumpah, kebocoran bekisting, salah hitung dll.)
  • Jadi total volume beton yang dibutuhkan adalah 19,68 m³ kita bulatkan menjadi 20 m³.
  • Jika 1 truck mixer mampu mengangkut 5 m3 maka total yang harus dipesan adalah 20 m³ : 5 m³ = 4 truck.

Jadi yang kita butuhkan adalah 4 truck mixer kapasitas 5 m³. NB : jangan heran kalau hasil akhirnya bulat karena memang sudah direncanakan demikian.

Kemudian setelah itu tentukan berapa banyak material adukan beton yang dibutuhkan seperti semen harus berapa sak, pasir, beton berapa m³ dan berapa banyak kerikil yang harus dicampur ?

Kalkulator Beton Ready Mix

Input Nilai (Meter):

Panjang: Meter
Lebar: Meter
Tebal: Meter
Hasil:
Volume: M3
Jumlah Truck: Per 6 M3

Baca juga : Harga Borongan Bangunan Per Meter Terbaru

Cari informasi tentang bagaimana cara menghitung kebutuhan cor beton yang mudah semoga informasi yang saya berikan diatas bisa bermanfaat dan membantu anda dalam menentukan berapa banyak cara beton yang harus anda siapkan.

Source:

cara menghitung kubikasi beton,cara menghitung volume beton,menghitung volume beton,hitung cor lantai,kubikasi beton,cara mengetahui luas kubik cor gantung,cara hitung volume cor beton pondasi,cara hitung volume beton,velume cor plat lantai,cara hitung coran

Cara Menghitung Volume Cor Beton Yang Benar | hargadepo | 4.5