Konstruksi Dan Model Atap Joglo Modern


Model Atap Joglo Modern – Setiap rumah sudah pasti memiliki karakteristik yang berbeda.  Pemilik rumah biasanya ingin membuat dekorasi atau merubah tampilan rumah sesuai dengan keinginan. Ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan dalam membangun rumah agar terlihat unik dan menarik, salah satunya adalah mengaplikasikan atap joglo di rumah modern.



Sekarang ini memang sudah banyak desain rumah modern yang dikombinasikan dengan sentuhan tradisional agar terlihat semakin unik dan menarik. Nah, bagi Anda yang ingin menerapkan atap joglo di rumah modern maka Anda bisa simak penjelasan secara lengkap mengenai atap joglo modern berikut ini.

Baca juga: Cara Menghitung Atap Limas Dan Pelana

Karakteristik dan Struktur Atap Joglo

Indonesia merupakan salah satu negara yang terkenal akan keanekaragaman budayanya. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata favorit bagi para turis karena ada banyak hal yang bisa dilihat saat mengunjungi Indonesia. Salah satunya adalah beragam rumah adat yang berbeda di setiap wilayah.

Rumah adat sendiri adalah rumah tradisional yang dimiliki oleh suatu daerah. Hampir semua daerah yang ada di Indonesia umumnya memiliki rumah adat tersendiri dengan desain yang berbeda. Contoh rumah adat Indonesia yang mempunyai karakteristik unik dan menarik adalah rumah adat joglo.

Rumah adat joglo berasal dari daerah di Jawa Tengah yang memiliki karakteristik paling unik. Bentuk atap rumah adat yang satu ini memang tampak menarik jika dibandingkan dengan rumah adat pada umumnya. Namun sayangnya, keberadaan rumah adat joglo sekarang ini sudah semakin terkikis.

Adapun cara paling tepat yang bisa diterapkan untuk melestarikan rumah adat ini adalah dengan menggunakan desain atap joglo di bangunan modern. Atap ini memang memiliki bentuk yang menarik seperti gunung, dengan bagian puncak yang dibuat secara mendatar dan biasa disebut dengan Tajug. Tujuannya tak lain supaya sirkulasi udara yang ada di dalamnya nanti bisa berputar dengan baik dan lancar.



Biasanya atap rumah adat joglo ini dibuat dari genteng tanah liat. Tetapi banyak juga yang membuat atap ini dari ijuk dan jerami. Bahkan di beberapa daerah masih ada yang memanfaatkan ilalang sebagai bahan dasar utama untuk membuat atap rumah tersebut.

Model Desain Rumah Joglo Modern

Sebelum membahas lebih jauh, berikut ini kami akan memberikan beberapa inspirasi rumah joglo yang dapat Anda pilih untuk diterapkan.

  1. Kombinasi Batu Alam



Leave a Reply

Your email address will not be published.