Konstruksi Dan Model Atap Joglo Modern


Model Atap Joglo Modern – Setiap rumah sudah pasti memiliki karakteristik yang berbeda.  Pemilik rumah biasanya ingin membuat dekorasi atau merubah tampilan rumah sesuai dengan keinginan. Ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan dalam membangun rumah agar terlihat unik dan menarik, salah satunya adalah mengaplikasikan atap joglo di rumah modern.



Sekarang ini memang sudah banyak desain rumah modern yang dikombinasikan dengan sentuhan tradisional agar terlihat semakin unik dan menarik. Nah, bagi Anda yang ingin menerapkan atap joglo di rumah modern maka Anda bisa simak penjelasan secara lengkap mengenai atap joglo modern berikut ini.

Baca juga: Cara Menghitung Atap Limas Dan Pelana

Karakteristik dan Struktur Atap Joglo

Indonesia merupakan salah satu negara yang terkenal akan keanekaragaman budayanya. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata favorit bagi para turis karena ada banyak hal yang bisa dilihat saat mengunjungi Indonesia. Salah satunya adalah beragam rumah adat yang berbeda di setiap wilayah.

Rumah adat sendiri adalah rumah tradisional yang dimiliki oleh suatu daerah. Hampir semua daerah yang ada di Indonesia umumnya memiliki rumah adat tersendiri dengan desain yang berbeda. Contoh rumah adat Indonesia yang mempunyai karakteristik unik dan menarik adalah rumah adat joglo.

Rumah adat joglo berasal dari daerah di Jawa Tengah yang memiliki karakteristik paling unik. Bentuk atap rumah adat yang satu ini memang tampak menarik jika dibandingkan dengan rumah adat pada umumnya. Namun sayangnya, keberadaan rumah adat joglo sekarang ini sudah semakin terkikis.

Adapun cara paling tepat yang bisa diterapkan untuk melestarikan rumah adat ini adalah dengan menggunakan desain atap joglo di bangunan modern. Atap ini memang memiliki bentuk yang menarik seperti gunung, dengan bagian puncak yang dibuat secara mendatar dan biasa disebut dengan Tajug. Tujuannya tak lain supaya sirkulasi udara yang ada di dalamnya nanti bisa berputar dengan baik dan lancar.



Biasanya atap rumah adat joglo ini dibuat dari genteng tanah liat. Tetapi banyak juga yang membuat atap ini dari ijuk dan jerami. Bahkan di beberapa daerah masih ada yang memanfaatkan ilalang sebagai bahan dasar utama untuk membuat atap rumah tersebut.

Model Desain Rumah Joglo Modern

Sebelum membahas lebih jauh, berikut ini kami akan memberikan beberapa inspirasi rumah joglo yang dapat Anda pilih untuk diterapkan.

  1. Kombinasi Batu Alam

Rumah joglo biasanya menggunakan material kayu sebagai bahan dasar dalam pembangunan rumah. Untuk bisa mendapatkan desain rumah joglo yang nampak modern, Anda bisa mengkombinasikan material kayu tersebut dengan bebatuan di bagian dinding.



Penampilan rumah nantinya memang akan semakin menarik dan mencolok, tetapi akan tetap seimbang. Supaya tampilannya lebih indah, Anda bisa membuat sebuah taman di bagian depan rumah agar suasana nantinya terasa sejuk dan tidak gersang.

  1. Kombinasi Open Roof

Sekilas jika dilihat dari bagian atapnya, kesan yang ditimbulkan oleh rumah ini memang sangat identik dengan rumah joglo. Tetapi sebenarnya rumah joglo ini sudah mengalami banyak modifikasi, seperti misalnya penggunaan kaca fiber di bagian atap yang dikombinasikan dengan bahan kayu.

Disamping itu, desain rumah joglo ini juga sudah mendapat banyak sentuhan kekinian seperti penggunaan roster beton, sebuah taman minimalis, dan juga area open roof yang terlihat sangat manis ketika dilihat pada bagian luar rumah.

  1. Joglo Modern Minimalis

Model rumah joglo ini mempunyai atap yang sepenuhnya menggunakan gaya tradisonal.  Namun bagian tubuh rumah ini mengusung gaya minimalis melalui penggunaan material kayu yang sama sekali tidak dilengkapi dengan ornamen rumit sehingga memiliki tampilan yang sederhana dan menawan.



Rumah joglo ini juga memiliki banyak bukaan kaca dengan ukuran besar di bagian pintu atau jendela. Fungsinya adalah untuk melancarkan sirkulasi udara dan cahaya alami yang masuk sehingga para penghuni rumah nantinya bisa hidup secara lebih sehat. Jika privasi Anda tak ingin terganggu, Anda bisa menambahkan tirai ataupun gorden di bagian jendela atau pintu kaca tersebut.

  1. Rumah Joglo dengan Atap Putih

Rumah joglo ini memiliki desain yang terbilang baru, dimana bagian dinding dan atapnya didominasi oleh warna putih. Dengan begitu, kesan unik akan dirasakan pertama kali saat melihat rumah joglo yang satu ini. Menariknya lagi, rumah joglo ini juga mempunyai bingkai jendela dan daun pintu yang memiliki warna hijau tosca sehingga dapat menciptakan kesan nyentrik dan dinamis.

Desain rumah joglo yang satu ini juga dilengkapi dengan beragam dekorasi menawan, termasuk juga dinding sebagai pembatas area bilas yang menggunakan material dinding roster warna putih sehingga akan sangat mencuri perhatian.

  1. Joglo Modern dan Oriental

Kebanyakan rumah joglo memang hanya mengusung budaya lokal saja. Supaya Anda tidak bosan, Anda bisa mengkombinasikan rumah joglo modern dengan arsitektural khas oriental, seperti pada rumah joglo ini yang nampak pada susunan kayu pada aera masuknya.Bahkan rumah joglo ini sudah dilengkapi dengan dinding batu alam dan sebuah taman minimalis dengan beragam tanaman hijau yang terlihat cantik dan menarik.

Jenis-Jenis Atap Joglo Menurut Adat Jawa

Dalam adat Jawa, ada 12 jenis atap joglo yang bisa diterapkan dalam suatu konstruksi bangunan, diantaranya:

  1. Joglo Pengrawit



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *