Harga Baja Ringan Taso Per m2


Harga Baja Ringan Taso Per m2 – Taso adalah salah satu brand atau merk baja ringan yang paling populer di pasaran. Alasannya tak lain karena taso memiliki kualitas yang bagus dengan harga tak kalah bersaing dengan merk baja ringan yang lainnya.



Dengan teknologi yang modern, taso dapat menghasilkan sebuah konstruksi baja yang sangat ringan tetapi tetap ringan. Bagi Anda yang ingin membeli baja ringan taso, alangkah lebih baiknya mengetahui produk baja ringan ini secara lebih detail. Sehingga nantinya bisa membeli sesuai dengan kebutuhan.

Mengenal Baja Ringan Taso

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, baja ringan taso sudah diproses menggunakan teknologi baru sehingga dapat menghasilkan konstruksi baja yang kuat namun memiliki bobot yang ringan.

Merk baja ringan yang satu ini sudah beredar di Indonesia sejak tahun 1994 dan merupakan produksi dari PT Tatalogam Lestari. Baja ringan taso dibuat dari bahan atap galvalum yang didalamnya memiliki kandungan unsur alumunium, karbon, dan zinc. Beberapa kandungan tersebut  tahan terhadap korosi dan sudah sesuai dengan standar ISO.

Baca juga: Harga Reng Baja Ringan Berbagai Merk

Ukuran Baja Ringan Taso

Untuk bisa membuat sebuah rangkaian baja ringan taso yang kuat dan kokoh, maka Anda akan membutuhkan ukuran taso yang tipis. Taso sendiri memiliki dua macam produk yang berbeda, yaitu reng dan kaso.



Baja ringan reng memiliki ukuran ketebalan mulai dari 0,40 hingga 0,60 dengan dimensi sekitar 31 sampai dengan 100 mm. Sedangkan untuk baja ringan kaso memiliki dimensi ketebalan sekitar 0,75 sampai 1 mm. Keduanya dibuat dari bahan dasar galvalum dan memiliki kegunaan untuk semakin memperkuat kuda-kuda dan kondisi gording agar bisa menempatkan permukaan atap secara tepat.

Bentuk Baja Ringan Taso

Ada dua bentuk baja ringan taso yang bisa ditemukan dengan mudah di pasaran, yaitu:

  1. Bentuk Canal atau “C”

Bentuk canal atau “C” merupakan produk taso yang biasa digunakan untuk menyusun konstruksi baja ringan sebagai rangka atap bangunan gedung atau rumah yang juga sering dimanfatkan pada baja konvesional.



Keunggulan yang ditawarkan oleh model baja ringan ini yaitu saat digabungkan dua batang baja maka akan saling berhadapan dan dapat disatukan menjadi bentuk kotak. Dengan begitu nantinya bisa memperkuat antara satu sama lain.

  1. Model Reng atau “A”

Baja ringan taso model reng ini memiliki bentuk yang hampir menyerupai huruf “A”. Baja ringan ini merupakan balok kecil yang umumnya dijadikan sebagai dudukan gentang pada rangka atap baja. Selain itu, biasanya juga digunakan pada pengikat kuda-kuda dan juga gording. Sehingga untuk posisi baja nantinya akan nampak melintang di atas hingga membentuk suatu kerangka yang kokoh.

Model taso reng ini merupakan profil yang terbilang paling kecil mulai dari bentuk dan ukurannya. Bahkan juga memiliki fungsi untuk menahan genteng dan mengatur jarak di setiap baris agar terlihat lebih rapi saat diletakkan.

Kelebihan Baja Ringan Taso

  1. Anti Karat

Baja ringan taso memiliki keunggulan anti karat sehingga dapat dipastikan tidak akan mengalami perkaratan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan galvalum didalamnya. Dengan begitu akan sangat cocok sekali jika digunakan sebagai rangka atap garasi atau carport yang selalu terkena cahaya panas dan hujan.



  1. Anti Rayap

Baja ringan taso memiliki keunggulan yang tahan terhadap rayap, dimana keunggulan ini tidak dimiliki oleh rangka bangunan dari bahan kayu atau lainnya. Karena anti rayap maka bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama dan bahkan bisa bertahun-tahun lamanya.

  1. Pemasangan Mudah

Bagi Anda yang ingin menghemat waktu pembangunan dan biaya, maka penggunaan baja ringan taso sebagai rangka struktur bangunan merupakan pilihan yang tepat. Ini karena proses pemasangannya bisa dilakukan dengan mudah. Anda hanya perlu menyiapkan baut yang nantinya digunakan untuk merakit baja satu dengan baja yang lain.

Hal tersebut pastinya tidak berlaku jika Anda menggunakan rangka besi yang sudah pasti membutuhkan waktu lebih lama dan perlu adanya mesin las untuk melakukan proses perakitan. Bobot baja ringan memang lebih ringan jika dibandingkan dengan besi, sehingga untuk melakukan pemasangan tidak membutuhkan banyak pekerja.

  1. Biaya yang Lebih Murah

Biaya yang dibutuhkan untuk rangka baja ringan juga jauh lebih murah daripada rangka material lainnya. Selain biaya materialnya yang murah, biaya untuk melakukan pemasangan memang lebih murah karena tidak membutuhkan banyak pekerja.

Bahkan taso juga tidak membutuhkan tambahan lapisan khusus untuk perawatannya. Kemungkinan untuk mengalami kerusakan juga sangat kecil karena produk ini jauh lebih awet jika dibandingkan dengan produk lain. Dengan demikian Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk perawatan.

  1. Bahan Anti Terbakar

Komposisi yang ada dalam baja ringan taso adalah bahan non combustible atau tidak mudah terbakar. Jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran, taso tidak akan membuat api menjadi semakin besar ataupun menjalar ke bagian yang lain pada bangunan.

  1. Tidak Menyusut dan Memuai

Keunggulan lain yang dimiliki oleh baja ringan taso adalah tahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrem. Ketika cuaca silih berganti, material lain umumnya akan menyusut dan memuai. Namun hal ini tidak akan terjadi jika Anda menggunakan baja ringan taso.

  1. Memiliki Daktilitas dan Sifat Liat yang Baik

Sifat ini adalah kemampuan baja untuk menahan beban yang berat dan menyerap energi dalam jumlah yang besar. Baja ringan taso mempunyai keunggulan untuk mencegah deformasi yang besar tanpa menyebabkan terjadinya keruntuhan pada konstruksi.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *