Harga Dan Ukuran Besi Cakar Ayam


Harga Pondasi Cakar Ayam – Saat membangun sebuah bangunan seperti rumah, salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah pondasi. Hal ini karena pondasi menjadi dasar dari suatu bangunan dan kekuatan bangunan sangat ditentukan oleh bagian pondasi yang menopangnya.



Sekarang ini ada banyak sekali jenis pondasi bangunan yang bisa digunakan untuk memperkuat struktur bangunan. Namun yang paling banyak digunakan adalah pondasi cakar ayam.  Pondasi cakar ayam ini dipasaran di jual dalam berbagai macam ukuran dan jenis yang bisa dipilih sesuai kebutuhkan. Bahkan untuk masalah harga terbilang sangat terjangkau. Baiklah, untuk lebih jelasnya mari langsung saja kita simak penjelasan selengkapnya mengenai pondasi cakar ayam berikut ini.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Besi Cakar Ayam

Mengenal Pondasi Cakar Ayam

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa pondasi cakar ayam merupakan salah satu jenis pondasi yang biasa digunakan dalam konstruksi bangunan. Struktur ini disebut dengan cakar ayam karena di bagian bawahnya nampak ada pipa-pipa beton yang memiliki bentuk seperti cakar dari hewan ayam.

Cakar tersebut dibuat dengan tujuan untuk mencengkeram lahan atau tanah di bawahnya dengan kuat, sehingga bangunan yang ada di atasnya bisa memiliki konstruksi yang stabil dan kokoh.  Pondasi cakar ayam sekarang ini sudah bisa digunakan untuk segala macam jenis tanah.

Bahkan jika perhitungan volume pondasi cakar ayam dilakukan secara tepat maka konstruksi ini nantinya bisa digunakan di gedung bertingkat, jalan raya, dan juga sebagai landasan pacu pesawat terbang.



Komponen Pondasi Cakar Ayam

Jika Anda memiliki rencana untuk membangun sebuah rumah dengan lantai bertingkat, ataupun lantai 2, maka sudah pasti dibutuhkan pondasi yang kuat dan kokoh. Maka dari itu, Anda harus paham bagaimana cara membuat pondasi ini. Selain itu, Anda juga harus tahu bagaimana cara membuat pondasi cakar ayam untuk rumah dengan 2 lantai.

Hal tersebut karena gedung yang bertingkat tentu akan membutuhkan pondasi yang jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan gedung yang tidak bertingkat. Sebelum itu, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai komponen dan variasi dari pondasi cakar ayam. Adapun untuk komponen dan variasinya adalah sebagai berikut:

  1. Telapak Beton

Pondasi ini memang memiliki kemampuan lebih untuk beban ataupun bangunan yang merata. Sistem ini mampu bertahan untuk menopang beban sebesar 500 sampai dengan 600 ton per kolom. Di bagian bawah kolom harus Anda buatkan suatu telapak beton yang nantinya berfungsi untuk mengurangi tegangan geser.

  1. Paten

Sistem pondasi yang satu ini bisa dibilang sangat sederhana. Sehingga cocok sekali jika digunakan di beberapa daerah dengan menggunakan peralatan modern dan juga tenaga yang sudah benar-benar ahli.





Leave a Reply

Your email address will not be published.