Harga Dan Ukuran Besi Cakar Ayam


Harga Pondasi Cakar Ayam – Saat membangun sebuah bangunan seperti rumah, salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah pondasi. Hal ini karena pondasi menjadi dasar dari suatu bangunan dan kekuatan bangunan sangat ditentukan oleh bagian pondasi yang menopangnya.



Sekarang ini ada banyak sekali jenis pondasi bangunan yang bisa digunakan untuk memperkuat struktur bangunan. Namun yang paling banyak digunakan adalah pondasi cakar ayam.  Pondasi cakar ayam ini dipasaran di jual dalam berbagai macam ukuran dan jenis yang bisa dipilih sesuai kebutuhkan. Bahkan untuk masalah harga terbilang sangat terjangkau. Baiklah, untuk lebih jelasnya mari langsung saja kita simak penjelasan selengkapnya mengenai pondasi cakar ayam berikut ini.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Besi Cakar Ayam

Mengenal Pondasi Cakar Ayam

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa pondasi cakar ayam merupakan salah satu jenis pondasi yang biasa digunakan dalam konstruksi bangunan. Struktur ini disebut dengan cakar ayam karena di bagian bawahnya nampak ada pipa-pipa beton yang memiliki bentuk seperti cakar dari hewan ayam.

Cakar tersebut dibuat dengan tujuan untuk mencengkeram lahan atau tanah di bawahnya dengan kuat, sehingga bangunan yang ada di atasnya bisa memiliki konstruksi yang stabil dan kokoh.  Pondasi cakar ayam sekarang ini sudah bisa digunakan untuk segala macam jenis tanah.

Bahkan jika perhitungan volume pondasi cakar ayam dilakukan secara tepat maka konstruksi ini nantinya bisa digunakan di gedung bertingkat, jalan raya, dan juga sebagai landasan pacu pesawat terbang.



Komponen Pondasi Cakar Ayam

Jika Anda memiliki rencana untuk membangun sebuah rumah dengan lantai bertingkat, ataupun lantai 2, maka sudah pasti dibutuhkan pondasi yang kuat dan kokoh. Maka dari itu, Anda harus paham bagaimana cara membuat pondasi ini. Selain itu, Anda juga harus tahu bagaimana cara membuat pondasi cakar ayam untuk rumah dengan 2 lantai.

Hal tersebut karena gedung yang bertingkat tentu akan membutuhkan pondasi yang jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan gedung yang tidak bertingkat. Sebelum itu, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai komponen dan variasi dari pondasi cakar ayam. Adapun untuk komponen dan variasinya adalah sebagai berikut:

  1. Telapak Beton

Pondasi ini memang memiliki kemampuan lebih untuk beban ataupun bangunan yang merata. Sistem ini mampu bertahan untuk menopang beban sebesar 500 sampai dengan 600 ton per kolom. Di bagian bawah kolom harus Anda buatkan suatu telapak beton yang nantinya berfungsi untuk mengurangi tegangan geser.

  1. Paten

Sistem pondasi yang satu ini bisa dibilang sangat sederhana. Sehingga cocok sekali jika digunakan di beberapa daerah dengan menggunakan peralatan modern dan juga tenaga yang sudah benar-benar ahli.



Bahkan pondasi ini juga bisa menggantikan pondasi tiang pancang. Namun dengan syarat tertentu, yang dimana cara membuat konstruksi ini harus dilakukan secara tepat. Termasuk juga pada proses suntik pondasi cakar ayam.

Ukuran dan Kedalaman Pondasi Cakar Ayam

Kedalaman pondasi cakar ayam harus diperhitungkan secara tepat.  Terlebih lagi jika digunakan untuk bangunan rumah dengan 2 lantai. Pondasi ini memang memiliki banyak jenis atau tipe, dan tergantung dari lokasi yang ingin dibuat bangunan.

Sedangkan untuk masalah kedalamannya sendiri, ada yang mempunyai kedalaman mencapai 1,5 meter dan ada juga yang kedalamannya mencapai 2 meter. Sementara untuk lebar plat yang dimilikinya juga beragam, yaitu 100 cm, 80 cm, atau 60 cm. Semua yang kami sebutkan tersebut merupakan ukuran standardnya.

Dengan menggunakan ukuran standard, maka konstruksi yang dihasilkan nantinya juga akan semakin baik. Adapun untuk besi yang umumnya digunakan mempunyai diameter 16 mm dan 13 mm. Ukuran tersebut harus Anda sesuaikan sendiri dengan kebutuhan bangunan.

  • Pondasi Cakar Ayam Rumah 1 Lantai

Kedalaman pondasi cakar ayam rumah 1 lantai umumnya menggunakan ukuran standar 50 sampai 70 cm. Sedangkan untuk ukuran pondasinya adalah 50×50-25 cm atau bisa juga 60×60-25. Konstruksi untuk pondasi rumah 1 lantai ini terbagi dalam pelat beton bertulang yang memiliki ketebalan mulai dari 10 sampai dengan 15 cm.



Tetapi angka tersebut tidak baku karena juga harus disesuaikan dengan kondisi tanah dibawahnya dan juga tipe konstruksinya. Tepat di bagian bawah pelat beton harus dibuat sumuran untuk menempatkan pipa-pipa dengan jarak 2 sampai 3 meter. Sedangkan untuk ukuran pipa yang digunakan memiliki diameter 1,2 meter dengan tebal 8 cm.

  • Pondasi Cakar Ayam Rumah 2 Lantai

Kedalaman galian pondasi cakar ayam untuk rumah 2 lantai standarnya adalah 1.5 atau 2 meter. Namun standard yang paling umum digunakan untuk panjang lebar pelat cakar ayam adalah 100x80cm dan 80cmx60 cm.

Pondasi dalam umumnya dibuat dengan kedalaman 80 100 dengan ukuran pondasi 80×80 25 cm untuk bangunan rumah dengan 2 lantai dan untuk menopang susunan bangunan khusus. 3 kerikil dan besi tilangan ø12. Sedangkan untuk rumah dengan 2 lantai pasangan pondasi batu kali pada bagian atas harus ditopang oleh pondasi cakar ayam di masing-masing sudut dan persimpangan tembok pas di bagian bawah kolom.

Jenis Pondasi Cakar Ayam

Berdasarkan posisinya, pondasi cakar ayam terbagi dalam 3 jenis, yaitu cakar ayam tengah, cakar ayam pinggir, dan cakar ayam sudut. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai jenis-jenis pondasi cakar ayam:

  1. Cakar Ayam Tengah

Cakar ayam tengah merupakan salah satu jenis pondasi cakar ayam yang posisinya terletak di bagian tengah persimbangan antara 4 jalur sehingga membentuk suatu perempatan. Pondasi cakar ayam jenis ini memiliki bentuk berupa kotak dengan kolom yang ada di tengah-tengah.

  1. Cakar Ayam Pinggir

Cakar ayam pinggir adalah jenis pondasi cakar ayam yang posisinya terletak dipinggir atau lebih tepatnya berada di jalur tunggal diantara 2 sudut. Bentuk pondasi cakar ayam pinggir ini berupa segi empat dengan lokasi kolom yang terletak di pinggir tengah.

  1. Cakar Ayam Sudut

Jenis pondasi cakar ayam yang terakhir adalah cakar ayam sudut. Cakar ayam sudut sendiri merupakan jenis pondasi yang posisinya terletak di bagian sudut bangunan.

Kelebihan Pondasi Cakar Ayam

  1. Bisa dibangun di Tanah yang Lembek atau Kurang Kokoh



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *