Harga Besi Beton Ulir Per Batang


Harga Besi Beton Ulir – Dalam pembangunan sebuah rumah ataupun bangunan lainnya tentu akan membutuhkan banyak material. Salah satu jenis material yang paling dibutuhkan adalah besi beton.



Besi beton adalah sebuah besi yang biasa digunakan untuk penulangan konstruksi beton atau yang biasa disebut dengan beton bertulang. Besi beton bertulang pada dasarnya terbagi dalam beberapa jenis, yaitu besi polos (plain bar) dan besi ulir (deformed bar).

Kedua jenis besi beton tersebut penting untuk diketahui supaya nantinya Anda tidak salah dalam memilih. Masing-masing memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda. Sedangkan jika dilihat dari bentuknya, besi beton polos memiliki bentuk permukaan yang mulus dan licin.

Sementara besi beton ulir memiliki bentuk memuntir seperti sirip teratur pada bamboo. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami akan membahas mengenai besi beton ulir secara lengkap beserta daftar harganya.

Baca juga: Cara Menentukan Diameter Besi Tulangan

Besi Beton Ulir

Besi beton ulir atau deformed bar merupakan salah satu jenis besi beton yang memiliki ulir atau alur-alur di sepanjang permukaan. Bentuk permukaannya itulah yang membuat besi beton ulir mempunyai daya ikat yang lebih tinggi. Meskipun semua besi beton ulir mempunyai ulir di bagian permukaannya, tetapi setiap produsen mempunyai bentuk ulir yang kas pada produk besi beton ulirnya.



Dalam konstruksi bangunan, besi beton ulir ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan besi beton polos. Tetapi besi beton ulir memiliki tekstur yang lebih kuat dan kokoh jika dibandingkan dengan besi beton polos. Bahkan kekuatannya yang lebih kuat ini membuatnya sangat sulit untuk dibentuk.

Besi beton ulir di pasaranya pada umumnya dijual dalam volume yang besar sehingga harganya terbilang cukup mahal. Jenis besi beton ini bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai toko bahan bangunan terdekat. Bahkan banyak juga toko online yang menjual besi beton ulir dengan harga yang bervariasi.

Ukuran Besi Beton Ulir

Selanjutnya kami akan menjelaskan ukuran besi beton polos yang juga penting untuk diketahui, hal ini karena nantinya bisa digunakan untuk menghitung jumlah berat besi beton. Bahkan bisa dibilang memang sangat diperlukan untuk kebutuhan proyek pembangunan ataupun renovasi yang sedang dikerjakan. Dengan mengetahui ukurannya, maka para kontraktor bisa menghitung jumlah biaya yang diperlukan sehingga akan lebih efisien.



Besi beton ulir yang dijual di pasaran tersedia dalam berbagai macam ukuran.  Oleh karena itulah, sekarang ini sudah ditetapkan satandar ukuran dan berat yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Meskipun demikian, tetap masih ada sedikit perbedaan, karena memang tidak semua produsk besi beton ulir mempunyai  ukuran yang sama persis.

Berikut ini adalah tabel berat besi beton ulir berdasarkan diameter dan panjang besinya:

Diameter (mm) Panjang (m) Berat/Meter (kg) Berat/Batang (kg)
10 12 0,62 7,40
13 12 1,04 12,50
19 12 2,23 26,80
22 12 2,98 35,80
25 12 3,85 46,20
29 12 5,04 60,50
32 12 6,31 75,77
35 12 7,51 90,10
38 12 8,92 107,00
41 12 10,50 126,00

Kegunaan Besi Beton Ulir

  • Untuk Bangunan

Sejak tahun 1950, besi beton menjadi elemen penting dalam pembangunan gedung pencakar langit. Sebelumnya, pada abad ke-20, Amerika Serikat telah mengggunakan material baja profil untuk membangun konstruksi gedung sebagai struktur utamanya. Tetapi sering dengan berkembangnya jaman, konstruksi beton kini memegang peran penting dalam pembangunan gedung pencakar langit.

Di Indonesia sendiri, besi beton ulir juga biasa digunakan sebagai material dalam pembangunan gedung. Alasannya tak lain karena besi ini memiliki harga yang lebih ekonomis dan murah jika dibandingkan dengan berbagai macam bahan konstruksi yang lainnya.

  • Untuk Konstruksi Jembatan

Besi beton ulir juga biasa digunakan dalam pembangunan konstruksi jembatan. Seperti yang diketahui bahwa jembatan akan selalu membutuhkan konstruksi yang kuat dan kokoh, baik itu dalam pembuatan dinding, kolom, plat kolom, ataupun sloof.



Ketahanan dan kekuatan yang dimiliki besi beton ulir tidak perlu diragukan lagi. Jadi, jenis beton yang satu ini memang selalu bisa diandalkan dalam proses konstruksi bangunan skala besi, seperti pembangunan jembatan. Kekuatannya pun sudah teruji karena dibuat dengan melalui proses uji tekan beton.

  • Untuk Memperbesar Daya Lekat

Kegunaan besi beton ulir yang selanjutnya adalah memperkuat dan memperkokoh bidang konstruksi sehingga proses pembangunan akan menjadi lebih sederhana dan cocok sekali jika diaplikasikan pada bangunan bertingkat. Halini karena besi beton ini memiliki daya lekat yang sangat kuat sehingga dapat menahan gerakan batang secara sempurna.

Kelebihan Besi Beton Ulir

Sebagai salah satu material konstruksi terbaik, besi beton ulir memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh material besi yang lainnya. Adapun beberapa kelebihan besi beton ulir adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki Tekanan yang Tinggi

Dalam proses pemasangan konstruksi bangunan, besi beton ulir akan selalu dibutuhkan untuk mendapatkan tingkat tekanan yang cukup tinggi. Tak dapat dipungkiri bahwa salah satu kelebihan yang dimiliki oleh besi ini adalah menimbulkan tekanan tinggi sehingga akan membuat bangunan menjadi kokoh dan aman.

  1. Biaya Perawatan yang Murah

Berbeda dengan material lainnya yang biasanya mudah mengalami kerusakan, beton mempunyai struktur yang lebih awet sehingga mampu tahan lama dan tidak akan mudah rusak. Meskipun telah digunakan hingga bertahun-tahun lamanya, bagian dalam besi beton ulir tidak akan mengalami pengeroposan. Ini secara tidak langsung akan membuat biaya perawatan bisa ditekan.

  1. Material Pondasi Bangunan yang Kuat

Beton bertulang merupakan material bangunan yang bisa memberikan pondasi yang kuat pada suatu bangunan. Bahan yang satu ini sudah ditata dan direncanakan dengan bahan fundamen konstruksi supaya bisa menghasilkan bangunan yang tegak.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *