Harga Genteng Tanah Liat, Keramik, Garuda, Dll


Harga Genteng Tanah Liat, Keramik, Garuda, Dll – Genteng merupakan salah satu material bangunan yang paling penting dalam sebuah rumah, tanpa adanya genteng tentu tidak akan lengkap sehingga bahan yang satu ini menjadi buruan banyak orang. Nah di kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang daftar harga genteng terbaru 2021 secara lengkap.

Namun perlu diingat genteng punya banyak jenis dan varian, jika sebelumnya kita mengenal genteng hanya terbuat dari tanah liat maka sekarang sudah punya banyak pilihan seperti genteng minimalis, genteng pres, genteng metal roof, genteng keramik, genteng beton, genteng jatiwangi, genteng kanmuri sampai genteng semen. Semua punya kelebihan masing-masing jadi anda tentukan sendiri mana yang sesuai keinginan dan juga kebutuhan.

Kalau berbicara soal harga genteng terbaru 2021 mungkin memang berbeda-beda karena ditentukan oleh kualitas dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri genteng memang masih sangat lazim digunakan daripada bahan lain seperti daun atau sebagainya.

Genteng menjadi salah satu bahan bangunan yang sangat penting bagi sebuah rumah. Genteng juga ada beberapa tipe, penggunaan genteng setiap daerah juga tidak sama tergantung dari iklim dan suhunya. Tapi ada juga genteng yang berbentuk datar namun yang lebih populer adalah genteng bergelombang.

Pastikan anda membeli genteng minimalis yang berkualitas bagus karena sangat berhubungan dengan kenyamanan rumah, genteng yang kurang berkualitas biasanya mudah rapuh dan sangat tipis sehingga gampang pecah dalam beberapa bulan saja. Tentu hal tersebut akan mengurangi kenyamanan karena bisa bocor saat hujan.

Jenis-Jenis Genteng Tanah Liat

Sesuai namanya, genteng tanah liat merupakan genteng yang dibuat dari tanah liat. Proses pencetakan genteng dilakukan dengan di press atau dipanaskan menggunakan bara api yang memiliki suhu tinggi. Sehingga nantinya dapat menghasilkan material genteng tanah liat dengan daya tahan yang kuat.

Genteng tanah liat sendiri terbagi lagi menjadi beberapa jenis, diantaranya:

  1. Genteng Mantili Biasa

Sekilas, genteng mantili mirip dengan press biasa tetapi memiliki bentuk yang berbeda. Jenis genteng tanah liat ini sangat laris dipasaran karena relatif hemat, dimana hanya membutuhkan volume isi 24 buah per meter persegi. Selain itu juga memiliki daya tahan yang sangat kuat dan tidak mudah mengalami pecah sehingga bisa digunakan hingga berpuluh-puluh tahun lamanya.

  1. Genteng Mantili Turbo

Genteng mantili turbo mempunyai karakteristik yang hampir sama dengan mantilis biasa Namun ukurannya jauh lebih besar, yaitu panjang 33 cm, lebar 23 cm, tebal 1,5 cm dengan berat mencapai 2,3 kg.

Jenis genteng ini tergolong dalam genteng hias dan juga banyak diminati karena sangat hemat, yang dimana hanya membutuhkan volume isi 20 buah per meter persegi. Jenis genteng mantili biasa ataupun mantili turbo sangat cocok untuk digunakan pada rumah minimalis.

  1. Genteng Gojer / Morando

Genteng gojer memiliki bentuk seperti gelombang, sebagian bentuknya melengkung kebawah dan sebagiannya lagi melengkung keatas. Meskipun enteng, genteng ini mempunyai daya tahan yang sangat kuat. Namun untuk melakukan pemasanganya juga memerlukan kecermatan supaya lebih rapi.

Jenis genteng ini mempunyai panjang 33 cm, lebar 23 cm dengan berat 2,25 kg. Biasanya dibutuhkan sekitar 15 buah per meter persegi. Selain itu, juga tersedia dalam dua pilihan, yaitu yang sudah di galsur ataupun yang belum di galsur. Jika anda lebih memilih untuk membeli genteng yang masih belum diglasur, anda harus tetap melakukan pengecatan supaya terhindar dari serangan lumut.

  1. Genteng Garuda

Genteng garuda mempunyai desain 2 gelombang atau talangan yang memiliki fungsi untuk memecah air. Gelombang tersebut juga berfungsi sebagai pengikat antara satu sama lain sehingga memiliki tampilan yang nampak lebih artistik.

Penyusuanannya dilakukan dengan hati-hati dan harus tegak supaya terhindar dari rembesan air. Bentuk genteng ini juga terbagi dalam dua jenis, yaitu genteng garuda gelombang dan genteng garuda sudut. Sedangkan untuk ukurannya yaitu memiliki panjang 31 cm, lebar 24 cm, dengan berat sekitar 2 kg.

  1. Genteng Plentong

Genteng plentong biasa disebut dengan jenis genteng yang umum atau standar. Bagian permukaannya memiliki bentuk datar mulai dari atas sampai kebawah, tetapi melekuk di samping.

Genteng ini memiliki panjang 27,5 cm2, lebar 22,5 cm, berat 1,5 kg, diperlukan jumlah sebanyak 25 buah per meter persegi. Untuk cara melakukan pemasangannya sendiri bisa dibilang sangat mudah.

Baca juga : Harga Asbes Gelombang, Plastik, Fiber Per Lembar

Kelebihan Genteng Tanah Liat

Genteng yang dibuat dari tanah liat ini mempunyai banyak kelebihan yang dapat memberikan dampak baik bagi para penghuni rumah.

  1. Harga Terjangkau

Harga murah selalu dijadikan sebagai tolak ukur yang utama bagi seseorang dalam membeli suatu barang, termasuk juga genteng tanah liat. Genteng ini di pasaran memang dijual dengan harga yang lebih murah, sehingga merupakan solusi yang tepat untuk menekan budget ketika melakukan pembangunan rumah. Apalagi genteng ini sudah banyak dijual dimana-mana.

  1. Tangguh dan Tahan Cuaca

Genteng tanah liat memang sangat terkenal dengan kekuatannya dalam menopang beban. Sehingga akan sangat cocok jika digunakan sebagai atap rumah yang awet bertahun-tahun lamanya.

Jenis genteng ini bahkan juga dapat melindungi semua penghuni rumah dari rintik-rintik hujan dan juga panas dari cahaya matahari. Jika pemasangan genteng sudah dilakukan dengan hati-hati dan teliti maka dijamin bahwa air hujan nantinya tidak akan bisa merembes masuk ke dalam rumah.

  1. Menciptakan Kesejukan Bagi Rumah

Genteng tanah liat berbeda dengan jenis genteng lainnya seperti asbes yang dapat menyerap panas ketika musim kemarau. Atap ini memang sangat cocok sekali digunakan pada iklim tropis di indonesia karena memiliki kemampuan yang dapat menahan panas matahari. Hal ini karena ketebalannya sehingga bangunan rumah nantinya akan terasa sejuk.

  1. Tahan Lama

Atap ini memiliki kelebihan yang tidak bisa busuk dan tidak bisa dimakan oleh serangga. Terlebih, atap ini juga memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap api. Maka tak heran jika mampu tahan lama dan akan sangat awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kelemahan Genteng Tanah Liat

Selain kelebihan, genteng tanah liat juga mempunyai beberapa kelemahan. Tetapi jika kelemahan ini bisa anda atasi dengan baik maka genteng tanah liat ini dijamin akan memberikan perlindungan secara maksimal pada bangunan.

  1. Berlumut dan Warnanya Mudah Pudar

Genteng tanah liat bisa melindungi para penghuni rumah dari panas matahari, air hujan, dan juga berbagai benda yang lainnya. Karena sering terkena paparan sinar matahari dan air hujan, maka warna genteng tanah liat secara perlahan akan menjadi pudar. Selain itu, genteng tanah liat juga akan berlumut.

Anda tak perlu khawatir, kelemahan ini dapat diatasi dengan melakukan pengecatan pada material genteng sebelum dipasang sebagai atap bangunan. Cat genteng memiliki fungsi supaya genteng terhindar dari lumat dan juga pemudaran warna.

  1. Rawan Kebocoran

Pemasangan genteng tanah liat yang tidak dilakukan secara hati-hati dan teliti akan membuatnya kurang maksimal sebagai pelindung rumah. Air hujan nantinya akan mengalir dengan mudah dan atap menjadi bocor.

Agar terhindar dari peristiwa tersebut, anda harus pastikan bahwa tukang yang melakukan pemasangan sudah berpengalaman dalam bidangnya. Pemasangan genteng ini tidak mudah mengalami pergeseran sehingga tidak berlubang.

  1. Ukuran Relatif Kecil

Genteng tanah liat memiliki ukuran yang kecil jika dibandingkan dengan jenis atap rumah lainnya. Sehingga anda nantinya akan membutuhkan banyak potongan genteng yang digunakan sebagai penutip bagian atas rumah. Hal ini sebenarnya bukan menjadi masalah yang besar karena harga genteng tanah liat yang ada di pasaran terbilang sangat ekonomis. Anda juga tidak perlu memikirkan masalah pengeluaran.

Tips Memilih Genteng

Selain mencari informasi mengenai harga, jangan lupa untuk mencari tahu bagaimana tips memilih genteng yang benar. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ada banyak sekali jenis genteng yang dijual di pasaran. Selain itu genteng  juga tersedia dalam beragam bentuk, harga, warna, kualitas hingga bahan pembuatnya.

Maka dari itu penting bagi kita untuk mencermati mana genteng yang tepat dan sesuai dengan rumah atau bangunan yang dibangun. Berikut adalah beberapa tips memilih genteng yang bisa anda jadikan bahan pertimbangan.

  • Pilihlah genteng yang sesuai dengan kekuatan rangka yang dipakai
  • Sesuaikan dengan dana yang Anda keluarkan
  • Pilih genteng dengan kondisi bagus tanpa ada retakan sedikit pun
  • Ketuk-ketuk genteng untuk mengetahui kualitasnya. Jika bunyinya keras maka kualitasnya kemungkinan kurang baik. Sementara genteng berkualitas baik umumnya tidak menimbulkan bunyi yang keras.
  • Pilih genteng yang memiliki satu ukuran
  • Pastikan bakaran genteng sempurna
  • Cek kebocoran genteng secara acak dengan menyiram air
  • Cari tahu seberapa kuat genteng yang hendak dibeli
  • Cek kembali saat genteng pesanan tiba di rumah
  • Pertimbangkan nilai keindahan dan estetika genteng

Itulah beberapa tips yang bisa Anda cermati. Sekarang saatnya untuk mengetahui harga genteng di pasaran. Saya akan berikan daftar harga genteng terbaru di bawah ini. Akan tetapi perlu dicatat bahwa harga ini bisa berbeda di beberapa toko atau di daerah-daerah tertentu.

Daftar Harga Genteng Terbaru

Berikut daftar harga genteng terbaru di tahun 2021 untuk semua jenis :

1. Daftar Harga Genteng Tanah Liat

  • Genteng Tanah Liat Lengkap

Spesifikasi Genteng Satuan Harga (Rp)
Genteng Super Gojer/ Morando Buah 2.750
Genteng Kodok/ Prentul/ Goodyear Buah 1.650
Genteng Mantili Jumbo/ Turbo Buah 1.750
Genteng Garuda Buah 1.250
Genteng Plentong Buah 1.150
  • Genteng Sokka Kebumen

Jenis Genteng Sokka Harga
Plentong Bulat Rp 1.400
Plentong Papak Rp 1.400
Plentong Magas Rp 1.600
Plentong Kodok Rp 1.800
Morando Natural Rp 2.600
Morando Glazur Rp 5.800
Kerepus Papak Rp 5.000
Kerepus Lancip Rp 5.000
Kerepus Bulat Rp 5.000
Kerepus Tengah Rp 30.000
  • Genteng Sokka Godean

Jenis Genteng Sokka Harga
Plentong Bulat Rp 1.400
Plentong Papak Rp 1.400
Plentong Magas Rp 1.600
Plentong Kodok Rp 1.800
Morando Natural Rp 2.600
Morando Glazur Rp 5.800
Kerepus Papak Rp 5.000
Kerepus Lancip Rp 5.000
Kerepus Bulat Rp 5.000
  • Genteng Sokka Glazur

Jenis Genteng Sokka Harga
Plentong Bulat Rp 1.400
Plentong Papak Rp 1.600
Plentong Magas Rp 1.600
Plentong Kodok Rp 1.800
Morando Natural Rp 1.800
Kerepus Papak Rp 5.000
Kerepus Lancip Rp 5.000
Kerepus Bulat Rp 5.000
  • Genteng Sokka Bekas

Jenis Genteng Sokka Harga
Plentong Bulat Rp 900
Plentong Papak Rp 900
Plentong Magas Rp 1.100
Plentong Kodok Rp 1.000
Morando Natural Rp 1.200
Morando Glazur Rp 1.200
Kerepus Papak Rp 4.000
Kerepus Lancip Rp 4.000
Kerepus Bulat Rp 4.000

2. Daftar Harga Genteng Keramik

  • Genteng Keramik ESPANICA

Spesifikasi Genteng Tipe Genteng Harga (Rp)
Genteng Keramik Utama KE 1 18.650
Nok Genteng Keramik KE 2 37.600
Lisplank Kiri & Kanan KE 3, KE 4 34.900
Lisplank Hiasan Akhir Kiri & Kanan KE 3 HA, KE 4 HA 74.800
Ujung Jurai KE 6 113.900
ujung Nok Kanan & Kiri KE 7 A, KE 7 B 113.900
Nok 3 Arah KE 8 138.900
Genteng Talang / Valley tile KE 12 95.300
Genteng Dobel / Double tile KE 13 46.200
Genteng Ventilasi KE 14 404.700
  • Genteng Keramik MILENIO (Double Interlock)

Spesifikasi Genteng Tipe Genteng Harga (Rp)
Genteng Keramik Utama KM 1 19.100
Nok Genteng Keramik KM 2 37.600
Lisplank Kiri & Kanan KM 3, KM 4 36.700
Lisplank Hiasan Akhir Kiri & Kanan KM 3 HA, KM 4 HA 74.800
Ujung Jurai KM 6 131.900
Ujung Nok Kanan & Kiri KM 7 A, KM 7 B 112.900
Nok 3 Arah KM 8 138.900
Genteng Talang / Valley tile KM 12 95.300
Genteng Dobel / Double tile KM 13 46.200
Genteng Ventilasi KM 14 404.400

3. Daftar Harga Genteng Kaca

Spesifikasi Genteng Satuan Harga (Rp)
Genteng Kaca Kanmuri Gelombang Buah 32.500
Genteng Kaca Kanmuri Flat Buah 52.500
Genteng Kaca M Class Buah 37.500
Genteng Kaca KIA Buah 37.500
Genteng Kaca GMI Gelombang Buah 42.500
Genteng Kaca GMI Flat Buah 52.500

4. Daftar Harga Genteng Metal

Spesifikasi Genteng Satuan Harga (Rp)
Genteng Tiara Roof meter 65.000
Genteng Prima Roof meter 95.000
Genteng Multi Roof meter 95.000
Genteng Rainbow meter 125.000

5. Daftar Harga Genteng Beton

Spesifikasi Genteng Satuan Harga (Rp)
Genteng Beton Moenir Gelombang Buah 9.500
Genteng Beton Moenir Flat Buah 11.500
Genteng Beton Cisangkan Flat Buah 11.500
Genteng Beton Mutiara Yogyakarta Flat Buah 10.000
Genteng Beton Mutiara Jakarta Flat Buah 9.000
Genteng Beton Mutiara Jakarta Gelombang Buah 9.500
Genteng Beton Triple S Flat Buah 8.500
Genteng Beton AM Flat Buah 9.900
Genteng Beton Rabi Flat Buah 9.000

Baca juga: Harga Genteng Keramik dan Genteng Beton

Demikian tadi informasi penting tentang daftar harga genteng terbaru 2021 yang sudah saya sampaikan. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat buat anda semua.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *