Harga Pipa Air PVC Berbagai Merk


Harga Pipa Air Dan Sambungan Pipa PVC – Pipa merupakan salah satu bagian dalam pembangunan yang sangat penting karena nantinya digunakan untuk mengaliri air. Nah di kesempatan kali ini saya akan memerikan informasi secara lengkap tentang daftar harga pipa paralon dan pvc terbaru 2021 untuk semua merek, ukuran dan juga jenis. Jadi dengan melihat tabel harga dibawah ini anda bisa mengetahui tentang pasaran yang ada.



Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa pipa menjadi salah satu jenis material bangunan yang memiliki peran sangat penting terutama dalam hal pengairan. Tanpa adanya pipa kita akan kesulitan untuk memindahkan air dari suatu tempat ke tempat lain. Ada banyak jenis dan merek pipa yang ada di Indonesia dan salah satunya adalah PVC atau Poly Vinil Chloride.

Pipa jenis ini sekarang sudah mulai banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia karena punya kualitas bagus dan sering dipakai untuk mengaliri air ataupun talang rumah.  Pipa memiliki fungsi dan juga jenis yang berbeda-beda, seperti misalnya pipa untuk pembuangan air kotor biasanya yang sering digunakan adalah pipa PVC kelas D ukuran tekanan 5 kg/cm2. Sedangkan untuk pipa sambungan ada socket dan increaser, lalu juga pipa bengkokan, pipa cabang dan penutup pipa yang berfungsi sebagai fitting dari bahan PVC.

Baca juga: Harga Pipa Besi Berbagai Ukuran

Karena pipa memiliki fungsi yang penting mulai dari saluran air hingga pembuangan limbah cair, memilih pipa tidak boleh asal-asalan. Pertama hal yang perlu diperhatikan adalah mengetahui jenis pipa yang diperlukan. Sebab ada banyak jenis pipa yang beredar di pasaran.

Akan tetapi kebanyakan untuk rumah tangga memakai pipa PVC dan HDPE. Pipa PVC memiliki bobot yang ringan lantaran terbuat dari plastik, namun tetap keras. Sedangkan pipa HDPE merupakan pengembangan dari pipa PE dengan tekstur yang lebih elastis dan mudah ditekuk.

Selanjutnya, ketahui spesifikasi pipa yang diperlukan. Penting bagi Anda untuk mengetahui pipa apa yang dibutuhkan. Jangan sungkan untuk mencoba pipa-pipa yang akan dipakai. Pastikan untuk menguji kelenturan yang dimiliki jika ingin memilih pipa HDPE.



Untuk mendapat referensi mengenai pipa terbaik, Anda bisa bertanya kepada kerabat atau orang yang paham seputar bangunan. Utarakan keinginan Anda sehingga Anda mendapat masukan yang sesuai. Selain itu yang tak kalah penting adalah menyesuaikan budget. Pastikan pengeluaran yang Anda siapkan tidak membebani keuangan Anda.

Ukuran Pipa PVC

Ada banyak sekali ukuran pipa yang digunakan sebagai sambungan instalasi rumah ataupun gedung bertingkat. Standar ukuran panjangnya adalah inchi, sedangkan untuk ukuran diameternya menggunakan mm.

Ukuran pipa paralon yang paling kecil umumnya berkisar pada angka 0,5 inchi. Angka ini rata untuk semua jenis pipa dari beragam maerk. Sementara ukuran pipa paralon yang paling besar adalah 10 inchi.



Pipa dibuat dengan bentuk berupa batangan dan dipotong sesuai dengan ukuran per meter. Untuk bisa mendapatkan produk pipa paralon yang sesuai kebutuhan, sangat disarankan untuk melakukan pengukuran terlebih dahulu mengenai besaran saluran yang ingin digunakan.

Jika misalnya digunakan sebagai saluran air untuk bangunan rumah maupun ruang domestik, biasanya sekitar 2 inchi. Hal ini tentu berbeda dengan pabrik atau tempat yang digunakan khusus irigasi, pipa yang memiliki ukuran lebih besar sangat direkomendasikan.

Panjang pipa PVC sendiri sangat beragam mulai dari 1 inchi sampai dengan 8 inchi. Diameternya pun juga bervariasi, yaitu mulai dari 22 mm, 24 mm, 42 mm dan bahkan ada juga yang mencapai 42 mm. Sedangkan untuk ukuran ketebalannya dapat Anda lihat pada tabel di bawah ini:

Baca juga: Harga Pipa Besi Hitam

Ketebalan Pipa PVC Standard AW/D

Ketebalan Pipa PVC JlS VP/VU

Baca juga: Harga Pipa Stainless Steel Bulat Dan Kotak

Jenis-Jenis Pipa PVC

Pipa PVC umumnya menggunakan standar ukuran JlS atau Japanese Industrial Standard. Sementara untuk PDAM biasanya menggunakan standard Nasional SNI. Perlu diketahui bahwa dalam sistem JlS ada 3 macam jenis pipa PVC, yakni:



  1. Pipa Kelas AW

Pipa PVC AW merupakan pipa yang memiliki ketebalan paling tinggi dengan daya tekanan yang mencapai lebih dari 10kg/cm2. Jenis pipa PVC yang satu ini biasa digunakan pada saluran air yang memiliki tekanan tinggi atau yang menggunakan pompa air. Seperti misalnya saluran air yang berada di bawah tanah, air ke kran-kran air, dan juga saluran penyediaan air untuk kebutuhan rumah tangga.

  1. PVC Kelas D

PVC kelas D merupakan jenis PVC dengan ukuran ketebalan yang tergolong sedang. Pipa ini mampu menahan tekanan hingga mencapai 5kg/cm2, sehingga akan sangat fleksibel jika dijadikan sebagai bahan sambungan di berbagai macam kebutuhan saluran air yang ada di rumah.

  1. PVC Kelas C



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *