Harga Stainless Steel Pipa Hollow


Harga Stainless Steel Pipa Hollow – Stainless steel merupakan salah satu bahan yang memiliki ketahanan cukup baik terhadap karat. Hal ini membuat stainless steel banyak digunakan  untuk pembuatan berbagai macam material bangunan yang membutuhkan daya tahan tinggi dan bebas korosif.

Salah satunya adalah pipa stainless steel yang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan jenis pipa lainnya.

Ada banyak sekali tipe pipa stainless steel yang biasa digunakan dalam dunia industri ataupun konstruksi. Kali ini kami akan menjelaskan tipe-tipe tersebut lengkap beserta kelebihan, kekurangan, jenis-jenis dan daftar harganya. Namun sebelum itu mari simak terlebih dahulu mengenai pengertian pipa stainless steel terlebih dahulu.

Baca juga: Harga Plat Stainless Steel Per Lembar

Pipa Stainless Steel

Pipa stainless steel adalah sebuah pipa yang terbuat dari logam yang tahan terhadap serangan korosi ataupun karat.  Dalam proses pembuatan pipa ini terdapat banyak kandungan seperti kromium, mangan, besi, karbon, dan silikon. Bahkan juga ada campuran molibdenum dan nikel. Sementara yang membuatnya tahan terhadap karat adalah karena adanya kandungan kromium sebesar 12%.

Pipa ini memang terbagi dalam beberapa grade, jenis, dengan kegunaan dan karakteristik yang berbeda. Hal ini tentunya penting untuk diketahui, karena pemilihan jenis dan gradenya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jika tidak sesuai maka Anda akan mendapatkan hasil yang tidak sesuai dan kurang maksimal. Bahkan bisa jadi pipa tersebut tidak akan terpakai. Sedangkan untuk masalah harganya sendiri sangat bervariasi, tergantung dari jenis dan ukuran yang Anda pilih.

Grade Pipa Stainless Steel

Pipa stainless steel terbagi dalam beberapa kelas utama. Masing-masing kelas atau grade ini memiliki perbedaan tersendiri. Simak uraian selengkapnya di bawah ini:

  1. SS 201

SS 201 adalah bagian dari stainless steel grade 200.  Pipa stainless steel SS 201 memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan seri yang lainnya. Meski demikian, bukan berarti pipa ini memiliki kualitas yang kurang bagus, kemampuan yang dimilikinya terhadap korosi hampir sama seperti seri SS 304.

  1. SS 304

Stainless steel 304 merupakan pipa yang termasuk dalam ketegori food grade, dimana pipa ini memiliki komposisi 18/8 atau 18/10. Kode tersebut menunjukkan perbandingan komposisi antara kromium dengan nikel. Kandungan kromium memiliki fungsi sebagai pengikat oksigen pada permukaan SS dan melindungi bahan dari proses oksidasi yang bisa memicu timbulnya karat.

Sedangkan kandungan nikel memiliki sifat yang lebih tahan terhadap karat. Semakin besar kandungan nikel yang dimilikinya maka akan semakin besar juga kemampuannya dalam mencegah korosi. Kandungan nikel ini juga akan membuat SS menjadi semakin kokoh.

Seri 304 ini memang memiliki komposisi 18/8, ini berarti kandungan kromium yang ada di dalamnya sebesar 18%, sementara untuk kandungan nikelnya hanya sekitar 8%.  Keduan komposisi tersebut membuatnya lebih aman jika bersentuhan langsung dengan makanan ataupun minuman.

  1. SS 316

Sama dengan SS 304 yang termasuk dalam seri 300, SS 316 ini secara tampilan dan sifat juga tidak berbeda jauh. Kedua tipe tersebut sama-sama non-magnetik, anti karat, dan tahan terhadap suhu yang tinggi.  Namun meski demikian, keduanya masih memiliki sedikit perbedaan.

Perbedaan kedua seri tersebut terletak pada komposisi logam penyusunnya. Seri 316 didalamnya terdapat kandungan kromium sebesar 16%, sedangkan kandungan kromium dalam seri 304 mencapai 18%. Selain itu, seri 316 memiliki kandungan nikel sebesar 16% dan untuk pada seri 304 kandungan nikelnya mencapai 18%. Dalam seri 316 juga terdapat kandungan molibdenum (MO), yang membuatnya memiliki ketahanan lebih baik terhadap  korosi pitting. Korosi pritting sendiri merupakan korosi lokal yang bisa menyebabkan adanya lubang-lubang kecil di bagian permukaan stainless steel.

  1. SS 430

SS 430 adalah bagian dari seri 400 yang memiliki kandungan magnet dan biasa disebut sebagai monel. Seri ini memiliki komposisi 18/0 yang berarti bahwa kandungan kromium yang ada di dalamnya sebesar 18% dan kandungan nikelnya sekitar 0.75%. Dengan adanya kandungan tersebut, maka bisa membuat SS menjadi semakin kokoh dan anti korosi.

Jenis Pipa Stainless Steel

Berdasarkan kandungan zat yang ada di dalamnya, pipa stainless steel terbagi dalam beberapa jenis. Adapun jenis-jenis pipa stainless steel tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Jenis Martensitik

Pipa martensitik ini kandungannya didominasi oleh karbon. Jumlah kromium yang ada di dalamnya lebih rendah jika dibandingkan dengan karbon. Perbandingannya adalah 1% berbanding 35%. Di pasaran, pipa stainless steel martensik tergolong dalam kelas 410 dan 416.

Karakteristik yang dimilikinya ada pada kemampuannya terhadap korosi atau tahan karat di level sedang, kemampuan las pada tingkat yang sangat buruk, dan bersifat magnetis.

  1. Jenis Feritik

Jenis pipa stainless steel yang kedua adalah feritik, dimana jenis ini memiliki kadar kromium dan karbon yang rendah. Kadar kromium yang ada didalamnya sekitar 10,5% sampai dengan 18%. Di pasaran, pipa ini tergolong dalam kelas 434 dan 444. Sedangkan karakteristiknya ada pada sifatnya yang magnetis dan tidak bisa dikeraskan dengan daya panas. Meski demikian, jenis pipa stainless ini masih bisa menerima pengelas, tetapi hanya pada bagian yang tipis saja.

  1. Jenis Austenitik

Jika dibandingkan dengan kedua jenis yang sebelumnya, stainless steel austenitik memiliki ketahanan yang jauh lebih kuat terhadap korosi. Hal ini karena kandungan dimilikinya lebih banyak, seperti kromium, besi, mangan, dan nikel. Selain itu, juga mengandung berbagai mazam zat lain seperti titanium dan tembaga.

Karakteristik yang dimiliki stainless steel austenitik ada pada fleksibilitasnya. Pipa ini sangat mudah untuk dilakukan modifikasi. Tak hanya itu, pipa jenis austenitik ini juga mampu bertahan dalam kondisi suhu yang rendah.

  1. Jenis Duplex

Pipa stainless steel duplex memiliki kandungan kromium yang sangat tinggi. Di dalam pipa ini juga terdapat kandungan nikel. Namun untuk masalah levelnya masih tergolong rendah. Duplex sendiri merupakan kombinasi antara feritik dengan austenitifik. Dimana sifat-sifat dari kedua jenis pipa tersebut juga dimiliki oleh duplex.

  1. Jenis Pengerasan Presipitasi

Jenis pipa stainless steel yang terakhir ini dibuat dari bahan yang didalamnya terdapat kandungan titanium, berilium, dan boron. Berbagai kandungan tersebut memiliki manfaat untuk membuat bahan ini memiliki sifat yang lebih keras.

Sebagian orang menyebut jenis pengerasan presipitasi ini dengan sebutan 17-4 PH. Hal tersebut karena memiliki kandungan krom 17%, nikel dan tembaga 4%, serta niobium 0,3%.

Penggunaan Pipa Stainless Steel

  1. Konstruksi

Stainless memang terkenal sebagai bahan anti karat yang jauh lebih baik daripada  logam lain seperti besi. Sehingga penggunaan stainless umumnya tidak akan menimbulkan kerusakan ataupun masalah. Dalam konstruksi bangunan, pipa ini biasa digunakan sebagai penyangga baik itu untuk bangunan berat yang ada di daerah dengan pasir yang lemah.

  1. Penggunaan Domestik

Pipa ini juga banyak digunakan di apartemen karena memiliki daya tahan yang cukup tinggi. Hal ini tentunya akan lebih hemat karena material pipa bisa bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama dan awet. Tak jarang, tukang ledeng lebih menyarankan untuk menggunakan bahan ini ketika melakukan perbaikan pada saluran sambungan air seperti pancuran, keran, dan lain sebagainya.

  1. Pabrik

Penggunaan pipa stainless steel sekarang ini sudah semakin luas ke banyak pabrik. Banyak mesin pabrik yang beberapa bagiannya dibuat dari stainless steel. Disamping itu, untuk dapat memastikan kualitas proses produksi dan produk jadi, pipa stainless biasa digunakan di jalur perakitan, sistem pengolahan air, dan lain sebagainya.

Kelebihan Pipa Stainless Steel

  1. Lebih Kuat

Berbagai macam bahan dan kandungan yang tercampur dalam pipa stainless steel cenderung kuat. Logamnya sangat rapat sehingga sama sekali tidak menyebabkan gangguan pada pori-pori. Seperti yang kita ketahui, bahwa logam sendiri merupakan bahan paling kuat. Bahan ini juga dapat mengurangi potensi terjadinya bocor, terhindar dari keretaka, dan penyok.

  1. Tahan Lama

Pipa stainless steel memang tahan lama, awet, dan tidak mudah mengalami kerusakan. Hal ini dikarenakan adanya unsur kandungan didalamnya yang memberikan pengaruh saling menguatkan antara satu sama lain.

  1. Mudah Dibersihkan

Pipa dari bahan stainless steel sangat mudah untuk dibersihkan. Ini karena bahan yang melekat pada pipa ini bersifat isolator, yaitu dapat menghambat aliran arus listrik. Disamping itu, pipa stainless steel juga tidak akan mudah ditempeli oleh berbagai macam bahan yang lainnya.

Kekurangan Pipa Stainless Steel

Meskipun menawarkan banyak kelebihan, pipa stainless steel juga memiliki kekurangan. Adapun kekurangan yang dimiliki oleh pipa ini adalah berpotensi menghitam apabila terkena suhu yang sangat panas, bisa menimbulkan titik-titik berwarna putih yang secara perlahan bisa membuatnya mengelupas.

Namun Anda tidak perlu khawatir dengan kekurangan yang dimiliki pipa ini. Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan perawatan. Usahkan untuk membersihkannya secara rutin agar tetap mengkilap dan bersih. Anda bisa menggunakan cuka putih untuk membuatnya tetap mengkilap. Sedangkan untuk membuat nodanya hilang, Anda bisa menggunakan pasta gigi.

Daftar Harga Stainless Steel Pipa dan Hollow Terbaru 2021

Untuk melengkapi pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi harga pipa stainless steel dan hollow terbaru untuk Anda. Berikut ini adalah daftar harganya secara lengkap yang bisa Anda jadikan sebagai referensi sebelum membeli:

Harga Hollow Stainless Steel Tipe 304 Per Batang

Hollow stainless steel merupakan salah satu jenis besi hollow yang diproduksi oleh pabrik untuk dapat memenuhi kebutuhan bahan dalam pembuatan railing tangga, kanopi, gantungan, dan lainnya. Pipa yang memiliki bentuk kotak ini tersedia dalam berbagai macam ukuran mulai dari 1.5 cm, 2 cm, 3 cm, 4 cm, 6 cm, dan 8 cm.

Ukuran Jenis Hollow Stainless Tebal Harga Per Batang Panjang
1.5 x 1.5  201          1         112,000 6 Meter
1.5  x 1.5 304          1         167,000 6 Meter
1.5 x 3 201          1         140,000 6 Meter
1.5 x 3 304          1         210,000 6 Meter
2×2 304  1.4         234,000 6 Meter
2×2 304  1.2         237,000 6 Meter
2×2 201  1.2         155,000 6 Meter
2×2 201          1         123,000 6 Meter
2×2 201  0,8         109,000 6 Meter
2×4 304  1.2         310,000 6 Meter
2×4  1.5         345,500 6 Meter
2×4 201  0,8         155,000 6 Meter
25×25          1         180,000 6 Meter
25×50 201  1.2         264,000 6 Meter
25×50 304  1.2         420,000 6 Meter
3×3 201  1,2         230,000 6 Meter
3x3x201  1,2         248,000 6 Meter
3X3(304)  1,5         438,500 6 Meter
3×3 (201)  1,5         302,500 6 Meter
3X6(201)  1.2         311,000 6 Meter
3X6(304)  1.2         472,000 6 Meter
3X6(304)          1         260,000 6 Meter
4×4 304          2         565,000 6 Meter
4×4 304          1         435,500 6 Meter
4×4 304  1.2         470,000 6 Meter
4×4 304          1         360,000 6 Meter
4×4 201  1.2         277,000 6 Meter
4×4 201          1         240,000 6 Meter
4×4 201  0,8         208,000 6 Meter
4×4 304  1.8         509,000 6 Meter
4×6201  1.2         404,000 6 Meter
4×6201          2         485,000 6 Meter
4×6 304  1.9         626,000 6 Meter
4×6 304  1.2         584,500 6 Meter
4×8 201  1.2         451,000 6 Meter
4×8 304  1.2         653,000 6 Meter
5×5 304  1.2         600,000 6 Meter
5×5 304          2         669,500 6 Meter
6×6 304  1,2         692,500 6 Meter

Harga Pipa Stainless Steel SS304

Ukuran Harga
1/2 inch tebal 0.8 mm +- Rp. 75.000
5/8 inch tebal 0.8 mm +- Rp. 93.000
3/4 inch tebal 0.8 mm +- Rp. 112.000
7/8 inch tebal 0.8 mm +- Rp. 130.000
1 inch tebal 0.8 mm +- Rp. 150.000
1,1/4 inch tebal 0.8 mm +- Rp. 188.000
1,1/2 inch tebal 0.8 mm +- Rp. 225.000
2 inch tebal 0.8 mm +- Rp. 300.000
2,1/2 inch tebal 0.8 mm +- Rp. 377.000
3 inch tebal 0.8 mm +- Rp. 454.000
1/2 inch tebal 1 mm +- Rp. 90.000
5/8 inch tebal 1 mm +- Rp. 114.000
3/4 inch tebal 1 mm +- Rp. 136.000
7/8 inch tebal 1 mm +- Rp. 160.000
1 inch tebal 1 mm +- Rp. 185.000
1,1/4 inch tebal 1 mm +- Rp. 232.500
1,1/2 inch tebal 1 mm +- Rp. 280.000
2 inch tebal 1 mm +- Rp. 375.000
2,1/2 inch tebal 1 mm +- Rp. 470.000
1/2 inch tebal 1.2 mm +- Rp. 105.000
5/8 inch tebal 1.2 mm +- Rp. 134.000
3/4 inch tebal 1.2 mm +- Rp. 162.000
7/8 inch tebal 1.2 mm +- Rp. 190.000
1 inch tebal 1.2 mm +- Rp. 220.000
1,1/4 inch tebal 1.2 mm +- Rp. 276.000
1,1/2 inch tebal 1.2 mm +- Rp. 332.000
2 inch tebal 1.2 mm +- Rp. 446.000
2,1/2 inch tebal 1.2 mm +- Rp. 560.000
3 inch tebal 1.2 mm +- Rp. 680.000
3,1/2 inch tebal 1.2 mm +- Rp. 789.000
4 inch tebal 1.2 mm +- Rp. 902.500

Harga Pipa Stainless Steel SS201

Ukuran Harga
1/2 inch tebal 0.8 mm +- Rp. 46.000
5/8 inch tebal 0.8 mm +- Rp. 58.000
3/4 inch tebal 0.8 mm +- Rp. 70.000
7/8 inch tebal 0.8 mm +- Rp. 82.000
1 inch tebal 0.8 mm +- Rp. 94.000
1,1/4 inch tebal 0.8 mm +- Rp. 118.000
1,1/2 inch tebal 0.8 mm +- Rp. 141.500
2 inch tebal 0.8 mm +- Rp. 189.000
2,1/2 inch tebal 0.8 mm +- Rp. 237.000
3 inch tebal 0.8 mm +- Rp. 285.000
1/2 inch tebal 1 mm +- Rp. 56.000
5/8 inch tebal 1 mm +- Rp. 70.500
3/4 inch tebal 1 mm +- Rp. 86.000
7/8 inch tebal 1 mm +- Rp. 102.500
1 inch tebal 1 mm +- Rp. 116.000
1,1/4 inch tebal 1 mm +- Rp. 146.500
1,1/2 inch tebal 1 mm +- Rp. 175.000
2 inch tebal 1 mm +- Rp. 235.000
2,1/2 inch tebal 1 mm +- Rp. 295.000
3 inch tebal 1 mm +- Rp. 355.000
4 inch tebal 1 mm +- Rp. 474.000
1/2 inch tebal 1.2 mm +- Rp. 66.500
5/8 inch tebal 1.2 mm +- Rp. 85.000
3/4 inch tebal 1.2 mm +- Rp. 100.000
7/8 inch tebal 1.2 mm +- Rp. 120.000
1 inch tebal 1.2 mm +- Rp. 138.000
1,1/4 inch tebal 1.2 mm +- Rp. 174.000
1,1/2 inch tebal 1.2 mm +- Rp. 208.000
2 inch tebal 1.2 mm +- Rp. 280.000
2,1/2 inch tebal 1.2 mm +- Rp. 352.000
3 inch tebal 1.2 mm +- Rp. 425.000
3,1/2 inch tebal 1.2 mm +- Rp. 495.000
4 inch tebal 1.2 mm +- Rp. 566.000
1/2 inch tebal 1.5 mm +- Rp. 80.000
5/8 inch tebal 1.5 mm +- Rp. 103.000
3/4 inch tebal 1.5 mm +- Rp. 125.000
7/8 inch tebal 1.5 mm +- Rp. 147.000
1 inch tebal 1.5 mm +- Rp. 170.000
1,1/4 inch tebal 1.5 mm +- Rp. 215.000
1,1/2 inch tebal 1.5 mm +- Rp. 259.000
2 inch tebal 1.5 mm +- Rp. 348.000
2,1/2 inch tebal 1.5 mm +- Rp. 437.000
3 inch tebal 1.5 mm +- Rp. 527.000
3,1/2 inch tebal 1.5 mm +- Rp. 618.000
4 inch tebal 1.5 mm +- Rp. 705.500

Harga dan Ukuran Pipa Bulat Stainless Steel  Blue Star

Baca juga: Harga Plat Strip Stainless Steel

Itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengenai harga pipa stainless steel dan hollow secara lengkap. Harga diatas merupakan rata-rata harga dari produsen sehingga bisa Anda jadikan sebagai acuan sebelum membeli. Semoga bermanfaat!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *