Harga Stainless Steel Pipa Hollow


Harga Stainless Steel Pipa Hollow – Stainless steel merupakan salah satu bahan yang memiliki ketahanan cukup baik terhadap karat. Hal ini membuat stainless steel banyak digunakan  untuk pembuatan berbagai macam material bangunan yang membutuhkan daya tahan tinggi dan bebas korosif.



Salah satunya adalah pipa stainless steel yang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan jenis pipa lainnya.

Ada banyak sekali tipe pipa stainless steel yang biasa digunakan dalam dunia industri ataupun konstruksi. Kali ini kami akan menjelaskan tipe-tipe tersebut lengkap beserta kelebihan, kekurangan, jenis-jenis dan daftar harganya. Namun sebelum itu mari simak terlebih dahulu mengenai pengertian pipa stainless steel terlebih dahulu.

Baca juga: Harga Plat Stainless Steel Per Lembar

Pipa Stainless Steel

Pipa stainless steel adalah sebuah pipa yang terbuat dari logam yang tahan terhadap serangan korosi ataupun karat.  Dalam proses pembuatan pipa ini terdapat banyak kandungan seperti kromium, mangan, besi, karbon, dan silikon. Bahkan juga ada campuran molibdenum dan nikel. Sementara yang membuatnya tahan terhadap karat adalah karena adanya kandungan kromium sebesar 12%.

Pipa ini memang terbagi dalam beberapa grade, jenis, dengan kegunaan dan karakteristik yang berbeda. Hal ini tentunya penting untuk diketahui, karena pemilihan jenis dan gradenya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jika tidak sesuai maka Anda akan mendapatkan hasil yang tidak sesuai dan kurang maksimal. Bahkan bisa jadi pipa tersebut tidak akan terpakai. Sedangkan untuk masalah harganya sendiri sangat bervariasi, tergantung dari jenis dan ukuran yang Anda pilih.



Grade Pipa Stainless Steel

Pipa stainless steel terbagi dalam beberapa kelas utama. Masing-masing kelas atau grade ini memiliki perbedaan tersendiri. Simak uraian selengkapnya di bawah ini:

  1. SS 201

SS 201 adalah bagian dari stainless steel grade 200.  Pipa stainless steel SS 201 memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan seri yang lainnya. Meski demikian, bukan berarti pipa ini memiliki kualitas yang kurang bagus, kemampuan yang dimilikinya terhadap korosi hampir sama seperti seri SS 304.

  1. SS 304



Stainless steel 304 merupakan pipa yang termasuk dalam ketegori food grade, dimana pipa ini memiliki komposisi 18/8 atau 18/10. Kode tersebut menunjukkan perbandingan komposisi antara kromium dengan nikel. Kandungan kromium memiliki fungsi sebagai pengikat oksigen pada permukaan SS dan melindungi bahan dari proses oksidasi yang bisa memicu timbulnya karat.



Leave a Reply

Your email address will not be published.