×

Ukuran Batako Standar SNI

Sesuai dengan namanya, batako semen adalah sebuah batako yang dibuat dari bahan campuran antara semen dengan pasir. Jika dibandingkan dengan batako putih, batako semen mempunyai ukuran yang lebih bervariasi. Ciri khas dari batako semen adalah memiliki 2 atau 3 lubang di sisi batako yang dapat digunakan untuk memasukkan adukan pengikat.

Jenis batako ini juga mempunyai nama lain yaitu batako press. Batako semen masih dibedakan lagi menjadi 2 jenis, yaitu press mesin dan press tangan. Untuk ukuran batako semen yang dijual di pasaran umumnya mempunyai panjang sekitar 36 sampai 40 cm, tinggi 18 sampai 20 cm dengan tebal mulai dari 8 sampai dengan 10 cm.



  1. Batako Beton

Batako beton adalah jenis batako yang dibuat dari bahan campuran semen Portland (PC) atau semacamnya, pasir, atau dengan tanpa bahan tambahan yang lainnya, dicetak hingga sedemikian rupa sampai bisa memenuhi syarat dan bisa digunakan sebagai salah satu material dalam pembuatan dinding bangunan.

Berdasarkan proses pengerjaannya, terbagi dalam dua macam, yakni secara manual (dengan menggunakan tangan dan alat cetak) dan menggunakan mesin. Batako beton ini memiliki bentuk persegi  panjang dan biasanya digunakan dalam pembangunan dinding yang kaku.

  1. Batako Ringan



Leave a Comment