Ukuran Plat Besi Per Lembar


Ukuran Plat Besi Per Lembar – Besi merupakan salah satu bahan bangunan yang banyak digunakan untuk berbagai macam konstruksi seperti bangunan rumah, gedung, dan lain sebagainya. Khusus untuk bangunan rumah, besi yang digunakan pada umumnya adalah besi ulir 10, besi behel, dan masih banyak jenis besi lainnya.



Jika membahas tentang besi, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan material bangunan yang satu ini. Selama ini besi dikenal sebagai material bangunan yang memiliki kekuatan cukup baik untuk dijadikan sebagai bahan konstruksi. Namun besi juga mudah mengalami karat jika tidak dilapisi dengan cat besi anti karat.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai plat besi. Plat besi sendiri terdiri dari berbagai macam jenis dan ukuran yang tertentu. Harganya sendiri sangat bervariasi, tergantung dari ukuran dan tingkat ketebalannya.  Ukuran dan tingkat ketebalan plat besi sangat berpengaruh terhadap kualitas produk itu sendiri.

Apa Itu Plat Besi ?

Plat besi adalah material bangunan yang dibuat dari besi yang memiliki bentuk berupa lembaran datar dan rata dengan tingkat ketebalan yang beragam mulai dari tipis sampai tebal. Pada umumnya plat besi ini memiliki ukuran standar 4ft x 8ft (122cm x 244cm). Plat besi memiliki banyak sekali kegunaan,  salah satunya sering dijadikan sebagai alas permukaan yang kurang rata sehingga nampak menjadi halus dan rata.

Jika dilihat secara sekilas, tampilannya sangat mirip seperti lembaran tripleks kayu. Namun jika dilihat dari kekuatannya jauh lebih tinggi karena plat besi dibuat dari besi yang sangat kuat dan kokoh sehingga juga banyak digunakan sebagai penyambung konstruksi profil. Plat besi ini mempunyai beberapa spesifikasi. Namun yang paling umum di jual di Indonesia adalah JIS G3131 SPHC, JIS G3101 SS400 dan ASTM A36, HRC Hot Rolled Coil . Selain produk lokal, produk plat besi juga ada yang ada diimpor dan banyak diminati.



Tabel Berat Plat Besi

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa material plat besi hadir dengan berbagai macam ukuran yang bervariasi, yang dimana bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan pada suatu konstruksi ataupun hal lainnya. Namun pada umumnya material plat besi mempunyai dimensi dengan standar 1200 mm x 2400 mm. Atau bahkan bisa diibaratkan juga dengan ukuran dimensi 4’ x 8’ feet.

Jika Anda ingin mengetahui berat yang dimiliki oleh plat besi, maka bisa menggunakan cara perhitungan berikut ini ini. Caranya yaitu 4’ x 8 = tebal, yang mana kemudian dikalikan dengan 23,33 sehingga nantinya akan diperoleh berat dalam satuan kilogram. Namun jika Anda mengalami kesulitan untuk melakukan perhitungan tersebut maka Anda bisa melihat tabel plat besi.

Berikut ini adalah tabel plat besi dan ukuran plat besi sesuai standar sni, yaitu:

Tabel Berat Plat Besi
Tebal (mm) Berat (kg)
1 23
1,2 28
1,4 33
1,5 35
1,8 42
1,9 45
2 47
2,3 54
2,6 61
2,8 65
2,9 68
3 70
3,2 75
4 93
4,5 105
5 117
6 140
8 187
9 210
10 233
12 280
13 303
14 327
15 350
16 373
18 420
19 443
20 467
21 490
22 513
25 583
28 653
30 700
31 723
32 747
38 887
40 933

Kelebihan Plat Besi

Setiap produk bahan bangunan sudah pasti memiliki kelebihan masing-masing, termasuk plat besi ini. Bahan bangunan yang satu ini mempunyai kelebihan utama yang cocok digunakan untuk konstruksi di luar ruangan sekalipun tanpa perlu khawatir akan mudah rusak ataupun rapuh.



Pemasangan secara tepat menjadi hal yang penting diperhatikan untuk memaksimalkan kelebihan dari plat besi ini. Maka dari itu, pemasangan harus dilakukan oleh ahli yang memang sudah paham betul mengenai cara mengaplikasikan jenis plat besi  ketika proses pembangunan. Adapun beberapa  kelebihan lain yang dimiliki oleh plat besi  adalah sebagai berikut ini:

  • Terbuat dari bahan utama baja yang sangat kuat dan kokoh sehingga sudah pasti kekuatan dari plat ini jauh lebih baik daripada material lainnya. Sehingga saat diaplikasikan Anda akan mendapatkan kualitas kekuatan yang optimal sesuai dengan kebutuhan.
  • Terhindar dari korosi seperti jenis plat besi lainnya meskipun sering terkena air hujan. Hal ini karena memang bahan dasar yang digunakan adalah baja. Dengan demikian ketika diaplikasikan maka plat besi akan jauh lebih awet jika dibandingkan dengan penggunaan jenis plat yang lainnya. Selain itu, karena memiliki ketahanan terhadap korosi maka plat besi juga bisa digunakan pada konstruksi yang berada di luar ruangan.
  • Lebih hemat karena Anda tidak perlu melakukan pembelian dalam jumlah banyak ataupun sering mengganti setelah periode waktu tertentu. Hal ini karena plat besi anti rapuh dan tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan di sekitarnya.

Kekurangan Plat Besi

Meskipun plat besi memiliki banyak kelebihan, tetapi produk ini juga mempunyai beberapa kekurangan. Adapun beberapa kekurangan yang dimiliki oleh plat besi adalah sebagai berikut:

  • Karena memiliki kualitas yang bagus, harga plat besi di pasaran terbilang cukup mahal.
  • Proses pekerjaan harus dilakukan secara teliti dan rumit karena memiliki ukuran yang sangat lebar dan berat. Selain teliti, proses pengerjaan juga harus hati-hati sehingga akan memakan banyak waktu.
  • Di pasaran sekarang ini banyak beredar plat besi yang tidak SNI, sehingga dibutuhkan ketelitian dan kejelian saat melakukan pembelian untuk mendapatkan kualitas yang baik.

Jenis-Jenis Plat Besi dan Kegunaannya

Sebelum Anda membeli plat besi, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis plat besi yang ada dipasaran. Tujuannya adalah supaya pemilihan plat besi bisa tepat sesuai dengan kebutuhan berdasarkan ukuran, kekuatan, sampai dengan harganya. Untuk lebih jelasnya, mari langsung saja simak pembahasan mengenai jenis-jenis plat besi dan kegunaannya berikut ini.

  • Plat Besi Bordes Aluminium Tipis



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *