Cara Menghitung Luas Tanah Tidak Beraturan


Menghitung Luas Tanah Tidak Beraturan – Mengetahui luas tanah akan semakin memudahkan kita untuk menentukan harga yang tepat ketika ingin menjual properti. Disamping itu, apabila Anda tertarik untuk membangun sebuah rumah maka Anda harus mengetahui luas tanahnya. Hal ini bertujuan supaya rumah yang akan dibangun nantinya benar-benar presisi.



Menghitung Luas Tanah

Apabila tanah berbentuk kotak atau persegi, tentu kita akan lebih mudah untuk menghitung luasnya, sebab hanya tinggal dikalikan panjang dan juga lebarnya saja. Namun jika suatu tanah memiliki bentuk yang tidak simetris atau tidak beraturan tentu akan menyulitkan kita dalam menghitung.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena masih bisa menentukan harga lahan yang dimiliki berdasarkan rumus dalam menghitung luas tanah. Bahkan di jaman modern seperti sekarang ini, ada banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu Anda dalam menghitung luas tanah secara lebih praktis dan efisien.

Baca juga: Cara Membuat Denah Rumah

Nah, berikut ini kami akan menjelaskan beberapa teknik yang bisa Anda ikuti dalam menghitung luas tanah.

  1. Menghitung Luas Tanah dengan Rumus

Menghitung Luas Tanah dengan Rumus

Sebelum melakukan perhitungan luas tanah, hal pertama kali yang harus dilakukan adalah dengan memeriksa bentuk dan kontur tanah ataupun lahan yang ingin Anda hitung.



Sesuai dengan rumus bidang dalam matematika, untuk perbedaan bentuk bidang lahan maka harus berbeda juga cara dalam menghitung luas lahannya.

Seperti misalnya, jika bentuk lahannya memiliki bentuk segitiga maka Anda bisa mengunakan rumus bidang segitiga, yakni alas dikalikan tinggi lalu dibagi dua.

Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda perhatikan rumus dalam perhitungan luas tanah berbentuk persegi panjang dibawah ini.

  • Perhitungan Luas Tanah yang Berbentuk Persegi Panjang

Perhitungan Luas Tanah yang Berbentuk Persegi Panjang



Suatu lahan mempunyai panjang 10 meter dengan lebar sekitar 6 meter. Maka untuk luas tanah dalam meter persegi akan menjadi:

Panjang : 10 meter

Lebar : 8 meter

Luas : 10 meter x 8 meter = 80 meter.

Dari perhitungan di atas, lahan tanah dengan bentuk persegi panjang mempunyai luas yang berukuran 80 meter persegi (80 m2). Apabila lahan tanah memiliki bentuk persegi panjang maka rumus yang kami sampaikan di atas bisa diterapkan dengan mudah.

  • Perhitungan Luas Tanah yang Berbentuk Segitiga Sembarang

Perhitungan Luas Tanah yang Berbentuk Segitiga Sembarang



Lahan atau tanah juga ada yang memiliki bentuk segitiga. Nah, saat melakukan pengukuran, maka untuk rumus yang digunakan dalam menghitung luas lahan berbentuk segitiga adalah sebagai berikut ini:



Leave a Reply

Your email address will not be published.