Cara Menghitung Luas Tanah Tidak Beraturan


Menghitung Luas Tanah Tidak Beraturan – Mengetahui luas tanah akan semakin memudahkan kita untuk menentukan harga yang tepat ketika ingin menjual properti. Disamping itu, apabila Anda tertarik untuk membangun sebuah rumah maka Anda harus mengetahui luas tanahnya. Hal ini bertujuan supaya rumah yang akan dibangun nantinya benar-benar presisi.

Menghitung Luas Tanah

Apabila tanah berbentuk kotak atau persegi, tentu kita akan lebih mudah untuk menghitung luasnya, sebab hanya tinggal dikalikan panjang dan juga lebarnya saja. Namun jika suatu tanah memiliki bentuk yang tidak simetris atau tidak beraturan tentu akan menyulitkan kita dalam menghitung.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena masih bisa menentukan harga lahan yang dimiliki berdasarkan rumus dalam menghitung luas tanah. Bahkan di jaman modern seperti sekarang ini, ada banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu Anda dalam menghitung luas tanah secara lebih praktis dan efisien.

Baca juga: Cara Membuat Denah Rumah

Nah, berikut ini kami akan menjelaskan beberapa teknik yang bisa Anda ikuti dalam menghitung luas tanah.

  1. Menghitung Luas Tanah dengan Rumus

Menghitung Luas Tanah dengan Rumus

Sebelum melakukan perhitungan luas tanah, hal pertama kali yang harus dilakukan adalah dengan memeriksa bentuk dan kontur tanah ataupun lahan yang ingin Anda hitung.

Sesuai dengan rumus bidang dalam matematika, untuk perbedaan bentuk bidang lahan maka harus berbeda juga cara dalam menghitung luas lahannya.

Seperti misalnya, jika bentuk lahannya memiliki bentuk segitiga maka Anda bisa mengunakan rumus bidang segitiga, yakni alas dikalikan tinggi lalu dibagi dua.

Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda perhatikan rumus dalam perhitungan luas tanah berbentuk persegi panjang dibawah ini.

  • Perhitungan Luas Tanah yang Berbentuk Persegi Panjang

Perhitungan Luas Tanah yang Berbentuk Persegi Panjang

Suatu lahan mempunyai panjang 10 meter dengan lebar sekitar 6 meter. Maka untuk luas tanah dalam meter persegi akan menjadi:

Panjang : 10 meter

Lebar : 8 meter

Luas : 10 meter x 8 meter = 80 meter.

Dari perhitungan di atas, lahan tanah dengan bentuk persegi panjang mempunyai luas yang berukuran 80 meter persegi (80 m2). Apabila lahan tanah memiliki bentuk persegi panjang maka rumus yang kami sampaikan di atas bisa diterapkan dengan mudah.

  • Perhitungan Luas Tanah yang Berbentuk Segitiga Sembarang

Perhitungan Luas Tanah yang Berbentuk Segitiga Sembarang

Lahan atau tanah juga ada yang memiliki bentuk segitiga. Nah, saat melakukan pengukuran, maka untuk rumus yang digunakan dalam menghitung luas lahan berbentuk segitiga adalah sebagai berikut ini:

Ket:

S = (A+B+C) : 2

L = √ [S X (S-A) X (S-B) X (S-C)]

S adalah keliling segitiga

A, B, C adalah panjang sisi-sisi segitiga

L adalah luas segitiga

  • Perhitungan Luas Tanah yang Berbentuk Segitiga Siku-Siku

Jika suatu lahan memiliki bentuk segitiga siku-siku, berikut ini adalah rumus yang bisa digunakan untuk mengukur luas tanah tersebut:

L = ½ x Alas x Tinggi

  • Perhitungan Luas Tanah yang Berbentuk Segitiga Sama Sisi

Untuk dapat mengetahui luas lahan yang memiliki bentuk segitiga sama sisi, bisa digunakan rumus menghitung luas tanah segitiga sama sisi, yakni:

L = ¼a2√3

Ket:

a adalah panjang sisi

L adalah luas tanah

  1. Menghitung Luas Tanah Tidak Beraturan (Bentuk Asimetris)

Menghitung Luas Tanah dengan Bentuk Asimetris

Perhitungan luas tanah yang bidangnya memiliki bentuk persegi panjang atau persegi bisa dibilang sangat mudah. Namun ternyata banyak juga pemilik lahan yang memiliki bidang lahan dengan bentuk asimetris atau tidak beraturan.

Hal tersebut tentunya akan jauh lebih sulit, namun meski demikian Anda masih bisa menghitung luas lahan tersebut. Berikut ini adalah cara untuk menghitung luas lahan dengan bentuk asimetris atau tidak beraturn.

Dalam perhitungan lahan asimetris, hal pertama kali yang harus dilakukan adalah dengan membagi lahan tersebut menjadi beberapa bentuk segitiga. Jika sudah terbagi menjadi beberapa bidang segitiga, maka bisa Anda hitung dengan sangat mudah berapakah luas lahan yang sebenarnya.

Rumus Perhitungan Luas Tanah Tidak Beraturan

S  = (A+B+C) : 2

L = √ [S X (S-A) X (S-B) X (S-C)]

Ket:

S adalah setengah keliling segitiga

a b c adalah panjang sisi-sisi segitiga

L adalah luas segitiga

Luas segitiga 1

s  = (3+5+5,9560) : 2= 6,9780

L = √ [6,9780 x (6,9780-3) x (6,9780-5) x (6,9780-5,9560)] = 7,4909 m².

Apabila sudah diketahui luas masing-masing bagian segitiga, maka tinggal Anda jumlahkan semua segitiga tersebut. Hasil total dari keseluruhan luas masing-masing segitiga adalah luas lahan yang tidak beraturan.

Sampai disini apakah Anda masih bingung mengenai cara menghitung luas lahan asimetris? Jika iya, masih ada cara lain yang bisa Anda coba, yaitu menggunakan software Microsoft Excel yang ada di internet.  Silahkan Anda perhatikan gambar aplikasi Excel berikut ini untuk lebih jelasnya:

Menghitung Luas Tanah dengan Bentuk Asimetris

  1. Menghitung Luas Tanah Menggunakan Software Autocad

Menghitung Luas Tanah Menggunakan Software Autocad

Jika perhitungan secara manual terkesan sangat ribet, Anda bisa memanfaatkan software Autocad untuk menghitung luas tanah karena sudah pasti jauh lebih mudah dan praktis.

Software autocad adalah sebuah jenis software yang sangat populer untuk digunakan dalam menggambar bidang secara akurat. Bahkan software ini juga bisa digunakan untuk melakukan perhitungan luas bidang atau lahan secara otomatis.

Disini Anda bisa menggunakan software Autocad DrafSight. Untuk serial number software yang satu ini bisa Anda dapatkan secara gratis alias tanpa dikenakan biaya sama sekali.

Jika Anda sudah mengunduh kemudian menginstal software Autocad DrafSight, berikut ini kami akan memberikan cara menghitung luas tanah yang bisa Anda coba:

Menghitung Luas Tanah Menggunakan Software Autocad

  • Pertama silahkan Anda buah sebuah gambar denah dengan menggunakan garis polyline. Sehingga, secara menyeluruh garis menyambung.
  • Lalu, klik pada setiap garis yang sudah Anda gambar untuk dapat mem-block semua bidang. Dengan begitu, garis yang sebelumnya terlihat lurus akan nampak putus-putus.
  • Di bagian “command section” silahkan Anda ketikkan “li”. Jika sudah maka langsung saja tekan Enter.
  • Jika Anda lakukan dengan benar, maka akan tampil sebuah halaman baru yang mencantumkan banyak sekali informasi bidang yang sudah Anda gambar termasuk luas lahan tersebut.

Baca juga: Surat Perjanjian Jual Beli Tanah

Bagaimana? Terlihat sangat mudah dan jauh lebih praktis kan? Meskipun terlihat sangat mudah ternyata untuk menggunakan cara ini Anda akan membutuhkan sedikit skill dan bakat  menggambar. Terlebih jika Anda melakukan perhitungan luas tanah dengan menggunakan software di komputer.

Apabila skill menggambar Anda menggunakan software Autocad semakin detail dan baik maka untuk hasil pengukuran luas tanah nantinya juga akan semakin tepat dan akurat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara menghitung luas tanah yang tidak beraturan dengan menggunakan beberapa cara berbeda. Masing-masing cara yang kami sampaikan di blog ini sudah pasti mempunyai tingkat akurasi yang tidak sama.

Anda bisa memilih sendiri cara menghitung luas tanah yang mana? Menggunakan rumus atau bisa juga menggunakan software Autocad. Selamat menghitung ya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *