Cara Tambah Daya Listrik Meteran Dan Pulsa


Tambah Daya Listrik Meteran Dan Pulsa – Sekarang ini listrik menjadi kebutuhan yang sangat penting dan utama bagi kebanyakan orang. Hal ini karena hampir semua aktifitas manusia selalu membutuhkan listrik, mulai dari menonton tv, menyalakan komputer, menyalakan kulkas dan mengisi baterai smartphone.

Akan tetapi, penggunaan listrik dalam rumah harus disesuaikan dengan dayannya. Jika misalnya listrik sering turun berarti listrik tersebut sudah melampaui kapasitas daya yang dimiliki. Dengan demikian, Anda diharuskan untuk segera menambah daya listrik supaya penggunaan listrik bisa stabil kembali.

Menambah daya listrik

Cara menambah daya listrik pun juga sangat mudah dan bahkan bisa dilakukan sendiri. Meskipun cukup mudah, ternyata masih banyak sekali orang yang masih belum paham bagaimana cara menambah daya listrik tersebut.

Maka dari itu, artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai cara menambah daya listrik yang mungkin bisa membantu Anda. Namun sebelum membahas lebih jauh, terlebih dahulu disini kami akan menjelaskan  mengenai pengertian tambah daya listrik.

Pengertian Menambah Daya Listrik

Cara Tambah Daya Listrik

Dalam listrik tentunya Anda sudah sering mendengar istilah daya. Daya adalah besarnya kekuatan atau pasokan tenaga listrik yang telah dialirkan. Besarnya suatu daya yang dimiliki oleh listrik umumnya disimbolkan dengan Volt Ampere (VA). Besarnya suatu daya listrik untuk kebutuhan rumah tangga misalnya saja 900 VA, 1.300 VA, 2.200 VA, dan seterusnya.

Jika penggunaan listrik semakin mengalami peningkatan tetntu akan menyebabkan listrik sering mati. Maka dari itu, penting sekali untuk meningkatkan daya listrik. Misalnya saja, jika besarnya daya untuk listrik rumah Anda masih belum cukup dengan 900 VA, maka Anda bisa menambahnya hingga 1.300 VA atau bisa juga 2.200 VA.

Tarif Listrik Terbaru 2020

https://www.99.co/id/panduan/cara-tambah-daya-listrik

Pada tanggal 1 juli lalu, pemerintah telah mengumumkan bahwa tidak akan ada kenaikan listrik sampai akhir tahun 2020. Hal ini berlaku untuk semua golongan tarif, termasuk kategori rumah tangga dengan daya 9000 Volt Ampere (VA), Rumah Tangga Mampu 1.300 VA, dan seterusnya.  Secara rinci, berikut ini adalah tarif listrik yang berlaku sekarang ini.

  • Untuk tarif 467,28 per kWh khusus untuk pelanggan tegangan rendah, yakni R-1 rumah tangga kecil yang memiliki daya 1300 VA, R-1 rumah tangga kecil yang memiliki daya 2200 VA, R-1 rumah tangga menengah atau RTM dengan daya (3.500 – 5.500 VA), R-1 rumah tangga besar (6.600 VA lebih), B-2 bisnis menengah (6.600 VA sampai dengan 200 Kva, P-1 kantor pemerintah yang memiliki daya 6.600 VA sampai dengan 200 kVA, dan juga penerangan jalan umum.
  • Tarif 352/kWh adalah untuk rumah tangga dengan daya 900 VA (R-1/900 VA-RTM).
  • Tarif 114,74/kWh adalah untuk pelanggan tegangan menengah, yakni B-3 bisnis besar yang memiliki daya lebih dari 200 kVA dan P2 kantor pemerintah yang memiliki daya lebih dari 200 Kva.
  • Tarif Rp 996,74/kWh untuk pelanggan tegangan tinggi, yakni I-4 industri besar yang memiliki daya 30 MVA lebih.

Cara Menambah Daya Listrik Offline

Cara Tambah Daya Listrik Offline

Cara menambah daya listrik dapat dilakukan secara oflline dan online. Cara offline merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang belum terbiasa menggunakan internet. Selain itu, juga cocok bagi Anda yang memiliki jarak rumah yang dekat dengan kantor Pelayanan Listrik Negara (PLN). Ketika menambah daya listrik melalui online, ada tiga langkah mudah yang harus dilakukan, yaitu:

  1. Menghubungi Kantor PLN

Menghubungi Kantor PLN

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi kantor PLN terdekat di kota Anda. Anda bisa menghubunginya dengan mudah ke bagian customer service via telepon. Silahkan Anda cari nomor telepon bagian customer servise yang tepat karena setiap wilayah tentu tidak sama.

  1. Menyiapkan Dokumen

Menyiapkan Dokumen MENAMBAH DAYA LISTRIK

Jika sudah mengetahui informasi cara menambah daya listrik ke bagian customer servise, langkah selanjutnya adalah menyiapkan dokumene yang dibutuhkan. Berikut ini adalah beberapa dokumen yang harus disiapkan:

  • Fotokopi rekening listrik terakhir.
  • Fotokopi KTP atau Kartu Tanda Penduduk dari pemohon.
  • Cek status permohonan PLN.
  • Surat perjanjian dan surat kuasa.
  • Bukti rekening terakhir.
  • Lembar denah lokasi bangunan rumah yang ingin Anda tambah daya listriknya.

Jika beberapa dokumen diatas sudah disiapkan, maka jangan sampai lupa untuk membeli materai sebagai bukti.

  1. Menyiapkan Biaya

Menyiapkan Biaya

Setelah dokumen-dokumen yang dibutuhkan sudah siap, Anda bisa langsung menyiapkan biaya. Penting untuk diketahui bahwa biaya yang dibutuhkan untuk menambah daya listrik secara offline ini tidak gratis. Ada beberapa biaya yang perlu Anda siapkan untuk kebutuhan berikut:

  • Biaya penyambungan.
  • Penggantian MCB
  • Uang jaminan pelanggan.

Nah, biaya yang harus dikeluarkan untuk beberapa kebutuhan di atas bisa langsung Anda bayarkan di loket pembayaran PLN terdekat.

Cara Menambah Daya Listrik Online

Cara Tambah Daya Listrik online

Jika Anda tidak ingin repot-repot pergi ke kantor PLN, Anda bisa menambah daya listrik melalui online. Cara ini memang jauh lebih praktis dan efisien. Anda hanya tinggal membuka situs ww.pln.co.id kemudian mengubah daya dan melakukan tahapan cara berikut ini:

  • Silahkan Anda baca syarat dan ketentuan. Jika sudah setuju, langsung saja klik setuju.
  • Kemudian isi ID pelanggan atau ID meter, klik cari dan tunggu beberapa saat hingga data keluar.
  • Selanjutnya klik pada tab penambahan daya dan isi identitas. Apabila sudah sama, silahkan Anda centang pada pilihan copy data pelanggan.
  • Isi perubahan sesuai dengan yang Anda inginkan, Anda bisa menambah atau bahkan mengurangi daya. Apabila ingin menambah daya maka akan tampil biaya yang perlu dibayarkan.
  • Jika Anda masih menggunakan meteran listrik yang lama dengan sistem pascabayar, maka akan langsung dilakukan perubahan menjadi sistem yang baru sesuai dengan kebijakan PLN.
  • Selanjutnya Anda akan menerima email yang berisi mengenai permohonan perubahan daya.
  • Lakukan konfirmasi pada tautan yang ada dalam email tersebut.
  • Silahkan buka tautan yang diberikan, kamudian akan langsung muncul beberapa kode. Bayar dan jumlah nominal yang perlu dibayarkan.
  • Anda bisa melakukan pembayaran di tempat yang sudah ditunjuk oleh PLN, bisa di bank atau kantor pos.
  • Jika sudah melakukan pembayaran, maka Anda tinggal menunggu petugas PLN datang untuk menambah daya listrik rumah Anda. Proses ini biasanya akan membutuhkan waktu selama kurang lebih 10 hari kerja, yang terhitung mulai dari tanggal Anda membayar biaya untuk menambah daya listrik.

Nah, itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tata cara menambah daya listrik yang bisa dilakukan secara online dan offline.

Selain itu, kami juga sudah menjelaskan pengertian tambah daya listrik dan tarif tambah daya listrik terbaru 2020.

Semoga dengan adanya informasi di website ini bisa membantu Anda yang masih mengalami kebingungan dalam menambah daya listrik. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *