Harga AC 1/2 PK Berbagai Merk


Harga AC 1/2 PK Berbagai Merk – Suhu dan kondisi cuaca yang terlalu panas tentunya akan membuat penghuni ruangan merasa gerah, mudah berkeringat dan tidak nyaman. Salah satu solusi yang paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan memasang Air Conditioner atau yang biasa disingkat AC.



Namun penggunaan AC seringkali membuat tagihan listrik menjadi membengkak. Sebenarnya hal ini bukan menjadi masalah karena Anda bisa menggunakan AC setengah PK. Nah, jika Anda tertarik membeli AC ½ PK untuk dipasang di hunian ataupun kantor maka sebaiknya simak pembahasan selengkapnya mengenai AC ½ PK beserta daftarnya berikut ini.

Baca juga: Harga AC 1/2 PK Teknologi Inverter

Baca juga: Harga AC 1/2 PK Low Watt Hemat Listrik

Apa Itu AC ½ PK?

Air conditioner atau AC adalah sebuah perangkat elektronik yang memiliki fungsi untuk mendinginkan ruangan. Penggunaan AC bertujuan supaya ruangan terasa lebih sejuk sehingga penguni bisa merasa lebih nyaman  ketika berada di dalam ruangan tersebut.

Sementara itu, AC ½ PK merupakan perangkat AC yang mempunyai kemampuan pendingin sekitar 5000 BTU dan membutuhkan daya listrik sekitar 400 watt. PK sendiri adalah singkatan dari Paard Kracht atau dalam bahasa Inggris juga berarti horse power.  K menjadi sumber daya yang mampu menghasilkan BTU atau British Thermal Unit.

Jika BTU semakin besar maka sumber daya (PK) yang dibutuhkan juga akan semakin besar. AC setengah PK ini di kalangan masyarakat juga dikenal sebagai AC hemat listrik karena memang daya listrik yang dibutuhkan terbilang sangat rendah.



Baca juga: Harga AC Sharp 1/2 pk, 3/4 pk, 1 pk, 2pk, Dll

Cara Kerja AC Setengah PK

AC ini dilengkapi dengan sistem komponen penting dan beroperasi dengan fase konversi sehingga bisa membuat ruangan terasa sejuk. Adapun cara kerjanya sangat berkaitan dengan komponen utama dalam AC, yaitu:

  • Kompresor, memiliki fungsi mengubah refrigerant dalam bentuk gas dari tekanan rendah menjadi tinggi yang kemudian diteruskan ke kondensor.
  • Kondensor, memiliki fungsi sebagai pendingin gas bertekenan tinggi sampai menjadi cair dengan tekanan tinggi. Cairan dengan tekanan tinggi ini akan dialirkan menuju orifice tube.
  • Orifice Tube, memiliki fungsi untuk mengubah cairan dengan teknanan tinggi menjadi dingin dan mempunyai tekanan rendah.
  • Katup Ekspansi, memiliki fungsi sebagai pengontrol aliran cairan pending. Kontrol akan dilakukan dengan melalui katup orifice yang bisa mengubah cair menjadi uap ketika zat berhasil memasuki evaporator.
  • Evaporator, memiliki fungsi untuk meniupkan udara yang dingin ke ruangan dengan kipas, pada waktu yang bersamaan refrigeran akan menyerap panas yang ada dalam ruangan dengan menggunakan kumparan.

Baca juga: Rekomendasi AC Kecil Untuk Kamar Kost Low Watt

Keuntungan Menggunakan AC ½ PK

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan AC ½ PK, yaitu:



Leave a Reply

Your email address will not be published.