Harga Dan Ukuran Besi Siku Lubang 1 Dus


Harga Besi Siku Lubang Per Batang Dan 1 Dus – Besi siku merupakan salah satu jenis besi yang memiliki bentuk siku. Material besi ini mempunyai dua jenis bentuk sudut, yaitu besi siku dengan sudut 90 derajat dan besi siku dengan sudut 45 derajat. Besi siku yang memiliki sudut 45 derajat biasa disebut dengan “Besi L-Bracket” atau besi angle bar.



Selain dibedakan berdasarkan derajat sudutnya, besi siku juga dapat dibedakan berdasarkan bentuknya. Jenis besi siku tersebut adalah besi siku polos dan besi siku berlubang. Untuk besi siku lubang memiliki lubang di setiap sisinya, dimana lubang tersebut memiliki fungsi sebagai tempat untuk pemasangan baut.

Namun pada dasarnya, kedua jenis besi siku tersebut sangat bisa diandalkan sebagai penopang struktur konstruksi, hanya saja berbeda wilayah penggunaan.

Bahan dasar yang digunakan untuk pembuatan besi siku adalah billet dan skrap. Billet merupakan jenis baja batangan yang dihasilkan melalui proses pengecoran biji besi atau pig iron. Sedangkan skrap adalah besi bekas yang telah dipanaskan dalam suhu panas yang tertentu sehingga bisa dicetak ulang menjadi besi baru.

Namun pada kesempatan kali ini kami hanya akan khusus membahas besi lubang.  Nah, sebelum membahas mengenai harga besi siku lubang, kami akan memberikan pembahasan terlebih dahulu mengenai material besi yang satu ini sehingga nantinya bisa Anda jadikan sebagai referensi. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda simak pembahasan berikut ini.

Baca juga: Cara Membuat Rak Buku Sendiri

Spesifikasi Besi Siku Lubang



Besi siku umumnya diproduksi dengan ukuran panjang 6 meter. Namun, besi siku lubang juga mempunyai ukuran lebar penampang dan ketebalan yang beragam. Adapun untuk ukuran penampang yang dimiliki oleh besi siku adalah 2 cm, 3 cm, 4 cm, sampai dengan 5 cm.

Sementara itu, untuk tebalnya bervariasi mulai dari 1,4 mm sampai dengan 3,4 mm, berbeda untuk masing-masing ukuran penampang. Seperti misalnya untuk besi siku dengan penampang 40 x 40 mm mempunyai beberapa ketebalan, yaitu 2,2 mm, 2,4 mm, 3,2 mm, sampai 3,4 mm.

Besi siku sangat kuat dan kokoh jika digunakan dalam berbagai macam konstruksi umum. Dilihat dari daya tahannya, besi ini juga mampu tahan lama hingga puluhan tahun. Bahkan juga memiliki banyak kelebihan, hanya saja jika digunakan untuk konstruksi berat material ini kurang mendukung.

Tabel Berat Jenis Besi Siku Lubang





Leave a Reply

Your email address will not be published.